Comscore Tracker

5 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Diterapkan oleh Pekerja Kantoran

Pola hidup sehat agar aktivitas berjalan lancar

Pekerja kantoran pada zaman sekarang sudah merajalela di setiap perkotaan. Salah satu tipe kerja paling favorit bagi generasi milennial agar dapat memberikan waktu yang fleksibel dalam kehidupannya.

Mereka terbiasa untuk kerja di dalam ruangan dan selalu menghiraukan kesehatan jangka panjang. Hal ini berakibat pada gaya hidup yang tak sehat dan berisiko tinggi untuk terkena penyakit kritis. Berikut ada lima gaya hidup sehat yang bisa diterapkan oleh para pekerja kantoran.

1. Sering berjalan kaki menuju kantor

5 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Diterapkan oleh Pekerja KantoranIlustrasi pria berjalan kaki (unsplash.com/@matt__feeney)

Pada umumnya, pekerja kantoran sering membawa kendaraan pribadi agar lebih cepat untuk sampai ke tempat kerja. Mereka lupa akan pentingnya transportasi umum yang sudah disediakan oleh pemerintah setempat.

Penggunaan transportasi umum dapat mengurangi kemacetan dan juga mengedepankan pola hidup sehat. Dengan jalan kaki, maka tubuh lebih rileks dalam menghabiskan waktu kerja di kantor.

2. Bawa bekal penuh nutrisi dari rumah

5 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Diterapkan oleh Pekerja KantoranIlustrasi wanita sedang makan (pexels.com/@olly)

Usahakan bawa bekal dari rumah dan menghindari makanan cepat saji yang rendah nutrisi dan tinggi kalori. Perhatikan buah-buahan dan sayur-sayuran yang sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Konsumsi yang optimal dengan makanan penuh nutrisi akan membawa diri kita sendiri untuk tetap stabil dalam menjalankan aktivitas setiap harinya. Hal ini juga menghindari sakit yang berlebihan pada setiap waktunya.

Baca Juga: 7 Pola Hidup Sehat yang Mudah dan Seru untuk Kamu Lakukan

3. Atur gerakan duduk yang sesuai dengan waktu yang tepat

5 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Diterapkan oleh Pekerja Kantoranilustrasi pria duduk (unsplash.com/@pimchu)

Saat berada di dalam ruangan kantor, kita terbiasa untuk duduk dengan waktu yang terlalu lama. Tanpa kita sadari, gaya duduk yang kurang baik akan sangat berbahaya bagi kesehatan tulang pada setiap pekerja kantoran.

Mereka harus bergerak ke sekitar ruangan untuk mencari tempat luas agar dapat merelaksasi tubuh lebih baik dari sebelumnya. Lakukan peregangan secara baik sehingga tubuh tidak kaku dan kembali seperti biasanya.

4. Batasi soda dan junkfood

5 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Diterapkan oleh Pekerja Kantoranilustrasi pria minum (unsplash.com/@belart84)

Soda dan junkfood merupakan dua tipe minuman dan makanan yang harus dihindari oleh generasi milenial. Konsumsi yang berlebihan pada minuman soda akan sangat membahayakan kesehatan tulang.

Konsumsi junkfood yang berlebihan membuat tubuh semakin menurun aktivitasnya karena kalori yang berlebih sehingga menimbulkan banyak penyakit yang berbahaya. Kalian juga harus rutin untuk mengontrol kadar gula darah tubuh dengan proses medical check up setiap periodenya.

5. Perbanyak konsumsi air putih

5 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Diterapkan oleh Pekerja Kantoranilustrasi wanita minum (unsplash.com/@seemoris)

Air putih menjadi salah satu komponen penting bagi  tubuh. Dengan adanya cairan yang cukup, maka proses kinerja otak dan organ tubuh dapat tersalurkan secara bersamaan. Kinerja kalian semakin baik dan terhindar dari kesalahan.

Fokus menjadi salah satu faktor penting bagi seorang pekerja kantoran sehingga mereka tidak melakukan kesalahan fatal dalam mengerjakan suatu tugas yang diberikan atasan. Air putih layaknya dikonsumsi setara 2 liter setiap harinya.

Kesehatan menjadi faktor utama bagi generasi milenial di zaman sekarang. Mereka mempunyai cara terbaik agar aktivitas kantor tetap berjalan seperti biasanya dan terhindar dari penyakit kritis di masa depan.

Baca Juga: 7 Olahraga Ringan Ini Cocok buat Kamu yang Kurang Waktu Luang

Reinhart Ignasius Photo Verified Writer Reinhart Ignasius

Biasalah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya