Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Donor Darah Paling Gak Sekali Aja

Tak cuma berbagi, mendonorkan darah juga kaya faedah

Dalam hidup tidak cuma mendapatkan sesuatu yang kita inginkan, namun kita pun harus ingat bahwa selalu ada sikap dalam diri ingin berbagi dengan sesama. Contohnya mendonorkan darah. Ini adalah sikap yang sangat terpuji yang harus dimiliki setiap manusia. Dengan mendonorkan darah akan menyelamatkan nyawa bagi yang lainnya.

Nah, jika rutin mendonorkan darah ada banyak faedah tentunya yang kita dapat. Selain kita sehat; tubuh pun selalu bugar dan terjauh dari penyakit, juga akan menjadikan diri ini awet muda. Asyik, bukan? Yuk, simak!

1. Regenerasi sel darah karena seringnya donor darah

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Donor Darah Paling Gak Sekali AjaPixabay.com/sabinurce

Dengan rutinnya donor darah, perempuan disarankan 4 bulan sekali dan laki-laki 3 bulan sekali, maka otomatis produksi darah akan selalu baru. Regenerasi sel darah merah dalam tubuhmu akan aman deh. Efeknya wajah akan terasa segar dan kulit pun akan kencang. Percayalah!

2. Kadar zat besi dalam darah menjadi normal

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Donor Darah Paling Gak Sekali AjaPixabay.com/geraldoswald62

Zat besi dalam tubuh harus dalam keadaan normal, jika berlebih juga tidak baik untuk kesehatan lho. Jika zat besi berlebih ancaman radikal bebas dalam tubuh serta risiko terjadinya penuaan dini serta kanker akan mengintai. Seram ya? Jadi dengan seringnya mendonorkan darah, maka akan menekan kadar zat besi yang berlebih. Sering-sering donor darah makanya ya guys...

3. Sel darah merah sebagai pengangkut oksigen menyebabkan tubuh menjadi segar

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Donor Darah Paling Gak Sekali AjaPixabay.com/Free-Photos

Dalam tubuh, sel darah sangat berperan penting. Sel darah merah ini sangat berfaedah untuk mengangkut oksigen. Efeknya bisa banget membuat tubuh menjadi lebih segar sehingga jauh dari penyakit, tubuh juga terasa segar, dan lebih enerjik dalam beraktivitas. Satu lagi, wajah juga akan selalu ceria dan awet muda dong...

Baca Juga: Bukan Manja, Anak Bungsu Bergolongan Darah B Justru Punya 5 Sifat Ini

4. Setiap donor terpantau kondisi kesehatannya

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Donor Darah Paling Gak Sekali AjaPixabay.com/stevepb

Jika kamu rutin mendonorkan darah, mau gak mau selalu dicek secara rutin kondisi kesehatanmu. Hal ini akan membangkitkan jiwa hidup sehat dan sadar akan upaya memelihara tubuh sendiri. Efeknya ke awet muda jelas sudah, jika rutin mengecek kesehatan wajah juga akan selalu sumringah.

5. Donor secara psikologis menimbulkan kepuasan batin, kegembiraan, dan rasa syukur

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Donor Darah Paling Gak Sekali AjaPixabay.com/Lazare

Mendonorkan darah adalah suatu bentuk ibadah. Ada rasa kepuasan batin jika telah melakukannya. Hal ini secara psikologis akan membentuk diri lebih bersyukur, menghargai hidup sehat, dan hati juga selalu gembira. Efek tersebut tentunya menunjang ke wajahmu yang selalu berseri, awet muda pun selalu menanti. Bahagianya!

Jadi, jika ingin awet muda, tak salah lagi donorkan ya darahmu. Meski banyak syarat yang kamu kantongi jika ingin mendonorkan darah, tapi kamu harus yakin dan semangat akan jiwa berbagi. Mendonorkan darah adalah sikap yang sangat terpuji.

Selamat mendonorkan darahmu, berbagilah agar dirimu bahagia.

Baca Juga: 7 Gejala Gula Darah Tinggi, Ini Tanda Bahwa Kadarnya Sudah Tidak Wajar

Renny Fitri Photo Verified Writer Renny Fitri

Penyuka fotografi, traveling, dan menjahit. Menyempatkan diri menulis apa saja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You