Comscore Tracker

5 Efek Samping Konsumsi Mentimun Berlebihan

Karena segala sesuatu yang berlebihan itu gak baik

Mentimun mempunyai sifat pendingin, makanya cocok bagi yang ingin mendinginkan perut saat panas dalam, dehidrasi, atau malah dijadikan penyegar mata dan masker untuk kulit wajah. Banyak juga manfaat mentimun ini, namun kamu juga harus pahami efek sampingnya jika mengonsumsinya secara berlebihan.

1. Gak baik untuk kesehatan jantung

5 Efek Samping Konsumsi Mentimun BerlebihanPexels.com/rawpixel.com

Jika mengonsumsi mentimun terlalu berlebihan, otomatis asupan air akan tinggi ke dalam tubuh kita. Asupan air ini berakibat volume darah dalam jantung meningkat. Hal ini berbahaya bagi kesehatan jantungmu karena akan menyebabkan tekanan pada jantung serta pembuluh darah. Hal ini juga akan disertai sesak napas atau sakit kepala.

2. Kehilangan cairan tubuh

5 Efek Samping Konsumsi Mentimun BerlebihanPixabay.com/Engin_Akyurt

Ternyata dalam biji mentimun mengandung diuretik. Seperti kita ketahui, zat ini akan menyebabkan gangguan pencernaan dan akan mencahar lambung berakibat diare. Jika terus-menerus terjadi, otomatis cairan tubuh akan berkurang dan dehidrasi akan mengancam.

3. Overdosis vitamin C

5 Efek Samping Konsumsi Mentimun BerlebihanPixabay.com/cuncon

Jika mengonsumsi mentimun terlalu berlebihan juga akan mengalami efek overdosis vitamin C. Oleh karena, vitamin C jika dikonsumsi berlebihan akan memperluas radikal bebas dalam tubuhmu. Tentunya, hal ini akan memicu penyakit, seperti kanker. Seram juga ya?

Baca Juga: Gak Hanya Jadi Acar, Ini 7 Olahan Timun Lainnya yang Segar Banget

4. Menyebabkan perut kembung

5 Efek Samping Konsumsi Mentimun BerlebihanPexesl.com/rawpixel.com

Mentimun juga mengandung zat yang dinamakan cucurbitacin. Zat ini disinyalir dapat memicu gangguan pencernaanmu. Jika hal ini terjadi, perut akan menjadi kembung dengan perasaan yang tidak nyaman serta sebah. Gas dalam perut juga akan semakin bertambah seiring kembung tersebut dan efeknya juga akan buang angin terus.

5. Sering buang air kecil

5 Efek Samping Konsumsi Mentimun BerlebihanPexels.com/HafidzAlifuddin

Mengonsumsi mentimun secara berlebihan juga akan membuat kamu buang air kecil terus. Tentu saja karena asupan cairan berlebih dalam tubuhmu. Jika hal ini terjadi saat kamu bekerja atau sedang dalam perjalanan, wah rasanya sangat tidak nyaman, bukan?

Sesuatu yang dikonsumsi berlebihan memang tidak baik. Untuk itu, konsumsi mentimun seperlunya saja. Ambil manfaatnya saja dan buang keburukannya jika tubuhmu ingin tetap sehat.

Baca Juga: Gak Cuma Buat Lalapan, Ini Dia 7 Manfaat Timun untuk Kesehatan

Renny Fitri Photo Community Writer Renny Fitri

Penyuka fotografi, traveling, dan menjahit di sela-sela waktu luang. Hobi menulis juga membaca.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You