Comscore Tracker

5 Manfaat Pare Ini Bikin Tubuhmu Sehat Meski Rasanya Pahit

Pahit-pahit ternyata menyehatkan

Pare atau dalam bahasa Latinnya Mamordica Charantia adalah buah dari tumbuhan yang merambat. Rasanya yang pahit, tapi jangan salah banyak kebaikannya yang sangat hebat dari sayuran si pahit ini lho.

Tak cuma dicap sebagai sayuran pahit, pare juga banyak kandungan vitamin yang baik untuk tubuh kita, di antaranya vitamin A C, E, B1, B2, B3, B9, dan K. Lantas, pare juga memiliki zat yang berfaedah, misalnya kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, mineral, antioksidan, dan kalium.

Nah, maka dari itu pare sangat berfaedah bagi kesehatan tubuh karena sarat vitamin dan zat yang baik di dalamnya. Dan inilah 5 faedah penting pare bagi kesehatan tubuhmu, simak ya!

1. Menjaga kesehatan pencernaan

5 Manfaat Pare Ini Bikin Tubuhmu Sehat Meski Rasanya PahitPexels.com/PublicDomainPicture

Pare kaya akan kandungan serat dan mineral. Jadi, serat ini akan membantu melancarkan pencernaanmu. Gangguan sembelit atau kembung akibat susah buang air besar akan terobati jika kamu rajin makan pare. Tak usah berpikir pahitnya ya, tapi rasakan manfaatnya.

2. Menjaga kekebalan tubuh

5 Manfaat Pare Ini Bikin Tubuhmu Sehat Meski Rasanya PahitPexels.com/OleksandrPidvalnyi

Antioksidan yang berlimpah ada dalam pare. Selain itu, kandungan vitamin C juga sangat banyak terdapat dalam sayuran pahit ini. Seperti yang kita ketahui, antioksidan dapat menjaga kekebalan tubuh serta menangkal radikal bebas sehingga tubuh kita akan tahan dengan berbagai penyakit. Yuk, makanya konsumsi pare ya!

3. Menjaga kesehatan tulang

5 Manfaat Pare Ini Bikin Tubuhmu Sehat Meski Rasanya PahitPexels.com/PhamKhoai

Pare pun mengandung banyak vitamin K. Vitamin ini berperan sebagai pengatur pembekuan darah serta menyebarkan kalsium ke seluruh tubuh kita. Oleh karena itu, pare ini dapat menjaga kesehatan tulang karena kandungan zat tersebut. Hebat, bukan?

Baca Juga: 6 Cara Mengolah Pare Agar Tidak Pahit, Gampang Banget! 

4. Menjaga kesehatan pernapasan

5 Manfaat Pare Ini Bikin Tubuhmu Sehat Meski Rasanya PahitPexels.com/OleksandrPidvalnyi

Dalam pare juga mengandung zat yang bersifat antivirus, antiinflamasi, juga antihistamin. Jadi, jika dikonsumsi secara teratur dapat menjaga kesehatan pernapasan kamu. Bagi yang suka sesak napas, seperti asma cocok mengonsumsi pare ini sebagai makanan tambahan untuk menjaga kesehatan pernapasan.

5. Menjaga keseimbangan gula darah

5 Manfaat Pare Ini Bikin Tubuhmu Sehat Meski Rasanya PahitPexels.com/Pixabay

Mengonsumsi pare dapat menjaga keseimbangan gula darah. Dalam pare terdapat kandungan seperti insulin yang berfungsi mengubah glukosa menjadi energi. Jadi, konsumsi pare selalu ya agar gula darahmu selalu terjaga dengan baik.

Ternyata, di balik rasanya yang pahit, pare memiliki segudang faedah. Menjaga agar tubuh sehat tak perlu mahal-mahal, cukup mengonsumsi pare dengan rajin deh. Dijamin tubuhmu akan selalu sehat dan sigap dalam  beraktivitas.

Selamat mengonsumsi pare, guys! Tahan pahitnya!

Baca Juga: 5 Manfaat Tak Terduga Pare untuk Kecantikan Kulitmu

Renny Fitri Photo Verified Writer Renny Fitri

Penyuka fotografi, traveling, dan menjahit. Menyempatkan diri menulis apa saja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya