6 Tips Telinga Tetap Sehat, Jangan Pakai Earphone Terlalu Sering

Telingamu juga wajib dirawat

Telinga adalah indra pendengaran yang paling penting. Fungsi telinga yang kompleks, tak hanya untuk mendengar saja namun berkorelasi dengan fungsi wicara. Jika yang satu terganggu, keduanya tidak akan bersinkronisasi dengan sempurna.

Oleh sebab itu, pentingnya kita merawat telinga. Jika dirawat dengan baik, tentunya akan memberikan fungsi yang baik dan sempurna. Nah, untuk merawatnya juga tidak membutuhkan usaha yang susah kok, cukup lakukan beberapa hal berikut ini:

1. Bijak menggunakan headphone atau earphone

6 Tips Telinga Tetap Sehat, Jangan Pakai Earphone Terlalu SeringPexels.com/sweetlouise

Perlu diingat ya, menggunakan headphone atau earphone mulai sekarang harus dikurangi. Mendengarkan lagu juga jangan terlalu keras volumenya agar pendengaranmu tidak terganggu. Sebaiknya batasi menggunakan headphone atau earphone 2 jam dalam sehari dan sisanya istirahatkan telingamu ya.

2. Jangan bersihkan telinga dengan cotton bud

6 Tips Telinga Tetap Sehat, Jangan Pakai Earphone Terlalu SeringPixabay.com/pisauikan

Nah, ternyata membersihkan telinga jangan menggunakan cotton bud. Hal ini justru akan mendorong kotoran telinga untuk masuk ke dalam bukan mengeluarkannya. Sebaiknya membeli alat pembersih telinga yang berupa sendok agar kotoran bisa dikeluarkan. Ingat ya!

3. Segera tutup telinga jika mendengar suara-suara yang keras

6 Tips Telinga Tetap Sehat, Jangan Pakai Earphone Terlalu SeringPixabay.com/sasint

Kesehatan telinga juga harus dijaga dari suara-suara keras. Jika ada suara keras, maka segeralah tutup telinga kamu agar telinga tetap berfungsi dengan baik. Atau hindari sumber suara itu, jika kamu berlama-lama dalam kondisi seperti itu hati-hati telingamu berisiko tuli.

Baca Juga: 7 Tips Menjaga Kesehatan Telingamu, Biasakan Yuk!

4. Istirahatkan telinga, jauhkan dari suara-suara yang mengganggu pendengaran

6 Tips Telinga Tetap Sehat, Jangan Pakai Earphone Terlalu SeringPixabay.com/xiangying_xu

Istirahatkan telinga dan jauhkan dari suara-suara keras. Berikan haknya untuk tidak mendengar yang berisik dan mengganggu organnya. Kamu bisa istirahatkan telinga saat tidur siang atau malam.

5. Cek rutin telinga ke dokter THT

6 Tips Telinga Tetap Sehat, Jangan Pakai Earphone Terlalu SeringPexels.com/rawpixel.com

Sebaiknya cek rutin telingamu ke dokter THT, hal ini untuk menjaga fungsi pendengaran agar tetap prima. Semakin bertambah umur, fungsi pendengaran akan semakin rentan gangguan. Apalagi jika kamu bekerja di tempat yang selalu hingar-bingar akan suara keras, segeralah berbicara dengan dokter untuk penanganan selanjutnya.

6. Mengunyah makanan dengan baik

6 Tips Telinga Tetap Sehat, Jangan Pakai Earphone Terlalu SeringPexels.com/NathanCowley

Jangan sepelekan hal ini, ternyata ada hubungannya lho fungsi pendengaran dengan cara mengunyah makanan dengan baik. Proses pengeluaran kotoran telinga dapat terbantu dengan proses kunyahan mulut, jadi mengunyah permen sesekali boleh saja untuk merawat telingamu agar kotorannya keluar ya.

Telingamu adalah organ tubuh yang sangat berharga, sebaiknya dirawat dengan baik dan saksama agar tetap prima dan sempurna fungsinya. Jadi, disiplinkan diri sejak sekarang untuk merawat telingamu belum ada kata terlambat lho.

Baca Juga: Jangan Pakai Cotton Bud! Ini 5 Cara Aman Membersihkan Telinga 

Renny Fitri Photo Verified Writer Renny Fitri

Penyuka fotografi, traveling, dan menjahit. Menyempatkan diri menulis apa saja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You