Comscore Tracker

Efek Kopi Akan Jadi Menyehatkan Jika Diminum dengan 5 Cara Ini

Minum kopi secara sehat, yuk!

Minum kopi sudah merupakan gaya hidup sekarang ini. Banyaknya kedai kopi sangat memudahkan penikmatnya untuk minum kopi kapan saja dan di mana saja. Penikmat kopi juga bebas memilih jenis kopi sesuai seleranya.

Namun, minum kopi ini jika berlebihan akan berdampak negatif terhadap tubuh kita. Kopi dengan macam-macam campuran pun sebenarnya mempunyai efek yang kurang sehat terhadap tubuh.

Lantas, bagaimana cara meminum kopi yang dianjurkan dan tentunya sehat bagi tubuh kita? Simak penjelasan berikut ini.

1. Sebaiknya tidak menambahkan krimer atau susu

Efek Kopi Akan Jadi Menyehatkan Jika Diminum dengan 5 Cara IniPexels.com/ChevanonPhotography

Minum kopi yang baik dan sehat adalah meminum kopi yang asli dan murni. Sebaiknya tidak menambahkan campuran apapun seperti krimer atau susu. Hal ini akan menyumbang lemak yang akan mengendap ke dalam tubuh kita. Selain itu, kalori yang berlebih akan berisiko penyakit jantung dan diabetes.

2. Sebaiknya minumlah kopi tanpa penambahan gula

Efek Kopi Akan Jadi Menyehatkan Jika Diminum dengan 5 Cara IniPixabay.com/955169

Kopi memang pahit, namun nikmati kopi pahitmu seperti rasa aslinya. Dijamin lebih menyehatkan tanpa ada penambahan gula sama sekali.

Seperti diketahui, gula mempunyai kadar fruktosa yang berlimpah dan hal ini akan menyebabkan obesitas dan diabetes. Hati-hati, ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari yang Ternyata Menyehatkan

3. Batasi minum kopi hanya 2-3 cangkir per hari

Efek Kopi Akan Jadi Menyehatkan Jika Diminum dengan 5 Cara IniPexels.com/rawpixel.com

Minum kopi juga jangan terlalu berlebihan ya, batasi hanya 2-3 cangkir saja per hari karena asupan kafein yang terlalu banyak bagi tubuh juga akan berakibat tidak baik, apalagi sampai menyebabkan jantung berdebar-debar sehabis mengonsumsi kopi. Waspadalah!

Dalam satu cangkir kira-kira mengandung 100mg kafein dan sewajarnya dalam sehari kopi aman dikonsumsi kurang dari 500mg kadar kafeinnya.

4. Sebaiknya saring dengan kertas kopi sebelum diminum

Efek Kopi Akan Jadi Menyehatkan Jika Diminum dengan 5 Cara IniPexels.com/rawpixel.com

Ternyata, meminum kopi yang diseduh dengan menggunakan kertas saring khusus kopi akan mengurangi kadar kafeinnya lho. Namun, jangan khawatir zat-zat yang lain khususnya antioksidan tidak akan hilang dengan penyeduhan cara ini. Cobain ya, guys!

5. Perhatikan waktu meminum kopi, hal ini penting agar tidur tidak terganggu

Efek Kopi Akan Jadi Menyehatkan Jika Diminum dengan 5 Cara IniPixabay.com/xiangying_xu

Sebaiknya mengonsumsi kopi hindari pada sore hari. Oleh karena efek kafein yang bereaksi akan membuat kamu susah beristirahat dan tidur pun akan terganggu. Intinya, hindari minum kopi 4-6 jam sebelum beristirahat. Pikirkan kualitas tidurmu demi kesehatan tubuhmu ya.

Tetap pikirkan hidup sehat demi stamina tetap kuat dan fit. Minum kopi merupakan kenikmatan hakiki dan konsumsilah yang sedang-sedang saja. Ambil zat bermanfaat yang terdapat dalam kopi. Kafein memang baik untuk tubuh jika asupannya dalam ambang batas normal.

Baca Juga: 5 Fakta Kopi Vietnam yang Dicampur dengan Telur, Mentega, dan Keju

Renny Fitri Photo Verified Writer Renny Fitri

Penyuka fotografi, traveling, dan menjahit. Menyempatkan diri menulis apa saja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You