Comscore Tracker

5 Efek Negatif Sinar Matahari bagi Tubuh, Bisa Merusak Imun

Selain bermanfaat juga punya efek buruk

Selain baik untuk kesehatan, sinar matahari juga harus diperhatikan efek negatifnya terhadap tubuh kita. Ada hal yang menyebabkan tubuh menjadi tidak sehat dan bahkan penyakit pun akan hinggap.

Efek kurang baik dari sinar matahari ini memang tidak kita rasakan secara langsung. Dalam rentang waktu yang lama, kita akan rasakan akibatnya. Entah tubuh menjadi kurang fit, kulit pun bersisik, bahkan muncul ancaman penyakit baru yang dampaknya membahayakan.

1. Ingat, paparan sinar matahari juga dapat merusak mata

5 Efek Negatif Sinar Matahari bagi Tubuh, Bisa Merusak ImunPexels.com/AlexandriaBaldrid

Ternyata terlalu lama kena paparan sinar matahari akan merusak kornea mata kamu. Indikasi kornea akan meradang juga akan terjadi, namun hal ini bisa diobati. Parahnya hal ini bisa menyebabkan penyakit mata yang lebih parah, seperti katarak. Jadi, selalu gunakan pelindung jika beraktivitas di bawah sinar matahari. Siapkan kaca mata hitam dan payung.

2. Ternyata, sinar matahari juga dapat merusak sistem imun tubuh waspadalah

5 Efek Negatif Sinar Matahari bagi Tubuh, Bisa Merusak ImunPexels.com/OleksandrPidvalnyi

Jika sinar matahari terpapar ke tubuh dalam kadar yang wajar justru akan membawa kebaikan untuk imunitas tubuh kamu. Lain halnya jika berlebih paparannya, maka imunitas tubuh akan melemah dan penyakit juga rentan hinggap. Selain itu, tubuh pun akan rawan infeksi. Waspadalah ya, guys!

3. Sinar matahari juga menyebabkan kulit terlihat lebih tua

5 Efek Negatif Sinar Matahari bagi Tubuh, Bisa Merusak ImunPexels.com/JennaHamra

Keburukan paparan sinar matahari berlebih juga akan menyebabkan penuaan di kulit. Kulit akan menjadi hitam dan kolagen serta jaringan kulit akan rusak. Jadi, ke manapun lindungi kulitmu dengan krim sunblock atau payung.

Baca Juga: 6 Efek Bahaya Sinar Matahari bagi Tubuhmu, Gak Cuma Bikin Kulit Gelap!

4. Paparan sinar matahari berlebih juga dapat menyebabkan kanker kulit

5 Efek Negatif Sinar Matahari bagi Tubuh, Bisa Merusak ImunPexels.com/JennaHamra

Efek paparan sinar matahari juga ditengarai akan menyebabkan kulit terkena kanker. Kanker kulit ini akhir-akhir ini kasusnya sering ditemui. Radiasi sinar matahari yang jahat akan menyebabkan kulitmu rusak dan berhati-hatilah selalu gunakan pelindung untuk kulitmu ya.

5. Risiko gangguan kulit meningkat, ancaman berbagai penyakit juga mengintai

5 Efek Negatif Sinar Matahari bagi Tubuh, Bisa Merusak ImunPexels.com/freestock.org

Paparan sinar matahari lama kelamaan juga akan membuat warna kulit berubah. Bintik hitam akan timbul, tahi lalat juga akan terbentuk, kulit pun akan menjadi kering, dan kulit menghitam. Penyakit kulit tak cuma kanker saja yang akan mengintai, jenis penyakit lain seperti panu pun bisa hinggap.

Nah, sesuatu yang berlebihan memang tidak akan memberikan manfaat. Justru akan membawa hal yang kurang baik bagi tubuh kita. Sejak saat ini waspada akan paparan sinar matahari. Siapkan pelindung kulit, mata, serta tubuh jika kamu beraktivitas ke manapun.

Baca Juga: Berapa Lama Kamu Harusnya Bertahan di Bawah Sinar Matahari Terik?

Renny Fitri Photo Verified Writer Renny Fitri

Penyuka fotografi, traveling, dan menjahit. Menyempatkan diri menulis apa saja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You