Comscore Tracker

Lagi Flu? 6 Tips Terapi Simpel Ini Bisa Dilakukan di Rumah

Ringankan flu secara mudah dan praktis

Saat cuaca gak menentu begini, tak pelak kekebalan tubuh jadinya menurun. Gampang terkena flu deh jadinya. Badan rasanya gak enak, diselingi meriang, bahkan pusing kepala. Istirahat cukup sudah tak mempan apalagi dengan menenggak obat flu yang ujung-ujungnya tak urung sembuh. Sabar memang kuncinya, tapi usaha agar lekas sembuh juga harus kamu lakukan dengan cara terapi alami.

Terapi alami sendiri di rumah untuk meringankan flu kamu sangatlah mudah. Selain beristirahat yang cukup, menjaga asupan makanan, juga ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar flu kamu makin berkurang deritanya. Simak caranya di bawah ini.

1. Minum air jahe campur lemon

Lagi Flu? 6 Tips Terapi Simpel Ini Bisa Dilakukan di RumahPixabay.com/Silviarita

Jahe dan lemon adalah kombinasi juara antioksidan. Ambil air panas dan geprek jahe lalu celupkan dan campurkan perasan air lemon lalu hirup uapnya dan minum selagi hangat, khasiatnya akan segera terasa. Napas tersengal karena flu akan segera lega.

2. Hirup uap air panas dicampur kayu putih

Lagi Flu? 6 Tips Terapi Simpel Ini Bisa Dilakukan di RumahPixabay.com/Silviarita

Lantas, ada lagi cara yang praktis untuk terapi mengatasi flu, yakni dengan menghirup uap air panas yang telah dicampurkan dengan minyak kayu putih. Cara ini dijamin menyegarkan pernapasan kamu dan dibuat lega oleh efek kayu putih dalam uap yang dihirup.

3. Mandi dengan air hangat lalu kompreskan airnya ke wajah dengan handuk

Lagi Flu? 6 Tips Terapi Simpel Ini Bisa Dilakukan di RumahPixabay.com/Wilkernet

Terapi mandi air panas juga dinilai cukup ampuh untuk mengusir flu, apalagi sambil berendam di dalam bak mandi. Tak hanya mandi air panas, setelah itu celupkan handuk ke dalam air panas dan kompreskan di wajah kamu. Efek rileks akan terasa dan napas akan sedikit lega.

Baca Juga: Hidung Mampet Saat Flu? Ini 6 Cara Mudah untuk Meredakannya

4. Minum jus buah-buahan

Lagi Flu? 6 Tips Terapi Simpel Ini Bisa Dilakukan di RumahPixabay.com/Silviarita

Terapi untuk mengatasi flu juga bisa minum jus buah-buahan yang tersedia di kulkas kamu. Asal ada buah apa saja bisa kamu konsumsi dan ambillah khasiat vitamin C serta antioksidan yang dikandung buah-buahannya. Minumlah setiap hari, dijamin flu akan segera pergi.

5. Berkumur-kumur dengan air garam

Lagi Flu? 6 Tips Terapi Simpel Ini Bisa Dilakukan di RumahPexels.com/LorenaMartinez

Selain, terapi di atas berkumur dengan air garam juga ampuh mengusir flu kamu. Dahak yang ada di tenggorokan kamu akan menyingkir sehingga napas menjadi lega. Cukup ambil garam satu sendok makan dan campurkan dengan air putih, lalu kumur-kumur sehari tiga kali.

6. Minum air putih sebanyak-banyaknya

Lagi Flu? 6 Tips Terapi Simpel Ini Bisa Dilakukan di RumahPexels.com/DariaShevtsova

Dan terakhir, tentunya minum air putih sebanyak-banyaknya untuk menghindari dehidrasi dan mengganti cairan yang telah dikeluarkan oleh tubuh. Minum air putih juga akan menyegarkan tubuhmu dari kelelahan akibat flu.

Cukup mudah bukan, terapi mengatasi flu ini? Tentunya bisa kamu lakukan sendiri di rumah dan praktis. Selain beristirahat yang cukup, jalankan terapi tersebut dengan rajin agar flu segera pergi.

Baca Juga: 7 Penyebab Kamu Rentan Kena Flu, Hindari supaya Gak Sering Terserang

Renny Fitri Photo Verified Writer Renny Fitri

Penyuka fotografi, traveling, dan menjahit. Menyempatkan diri menulis apa saja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You