Comscore Tracker

Tak Perlu Suplemen, Ini 8 Sumber Energi Biar Tahan Puasa

#RamadanMasaKini Yang alami memang lebih baik kok

Saat puasa, tentunya harus dibarengi semangat. Tapi, ada kalanya tiba-tiba tubuh terasa lemas. Banyak faktor yang menyebabkannya. Selain dari diri sendiri, mungkin asupan makanan yang kamu konsumsi belum memenuhi gizi untuk menopang energi saat puasa.

Yuk, simak apa saja makanan alami penambah energimu saat puasa.

1. Kurma

Tak Perlu Suplemen, Ini 8 Sumber Energi Biar Tahan PuasaPexels.com/rawpixel.com

Kurma sangat identik dengan bulan Ramadan. Selain itu, kurma adalah santapan sunah yang disarankan dalam agama.

Kenapa kamu harus menyantap kurma selagi buka puasa dan sahur? Sebabnya dalam kurma terdapat karbohidrat yang sangat melimpah. Pun, kurma mengandung lemak sehat, protein, serta berbagai vitamin yang akan memberi energi berlimpah untuk tubuh saat puasa.

2. Madu

Tak Perlu Suplemen, Ini 8 Sumber Energi Biar Tahan PuasaPexels.com/Pixabay

Madu sarat akan karbohidrat. Selain itu, madu juga mengandung beberapa vitamin, enzim, serta mineral. Karbohidrat dalam madu berkhasiat sebagai sumber energi. Tak hanya itu, imunitas tubuh kamu juga akan terjaga selama puasa jika rutin mengonsumsi madu. Dijamin tubuhmu tak akan lemas jika berbuka dan sahur dengan madu.

Yuk, selalu sediakan madu di rumahmu ya!

3. Roti gandum

Tak Perlu Suplemen, Ini 8 Sumber Energi Biar Tahan PuasaPexels.com/Pixabay

Makan roti selain nasi memang sangat mengenyangkan, apalagi roti dari bahan gandum. Roti ini juga akan menjadi penyumbang energi saat kamu berpuasa. Sebabnya, gandum yang jadi bahan utama pembuat roti mengandung karbohidrat tinggi yang akan memberi cadangan energi saat kamu berpuasa. Enaknya!

4. Pisang

Tak Perlu Suplemen, Ini 8 Sumber Energi Biar Tahan PuasaPexels.com/Pixabay

Selain makanan di atas, kamu juga boleh kok mengonsumsi pisang saat berbuka dan sahur. Pisang adalah buah yang banyak mengandung karbohidrat untuk sumber tenaga saat kamu menjalankan puasa. Pisang sangat disarankan dikonsumsi setiap hari. Ayo makan pisang guys biar puasamu tetap kuat!

Baca Juga: 6 Cara Jitu Menghindari Sariawan Saat Puasa, Tetap Sehat Deh!

5. Kentang

Tak Perlu Suplemen, Ini 8 Sumber Energi Biar Tahan PuasaPexels.com/DzeninaLukac

Sumber karbohidrat yang lain ada dalam kentang. Kentang juga akan menyumbang banyak energi saat kamu berpuasa lho. Kentang juga bisa dikonsumsi saat berbuka puasa atau sahur dalam bentuk digoreng, dikukus, atau dijadikan resep lainnya. Dijamin kuat deh saat kamu berpuasa jika makan kentang.

6. Keju

Tak Perlu Suplemen, Ini 8 Sumber Energi Biar Tahan PuasaPexesl.com/rawpixel.com

Keju sangat lezat rasanya. Keju juga mengandung banyak lemak serta protein yang baik untuk cadangan energi saat berpuasa. Kamu bisa mengonsumsi keju diselingi makanan lainnya, misalnya pizza, roti gandum, makaroni, atau kentang. Lezatnya!

7. Daging

Tak Perlu Suplemen, Ini 8 Sumber Energi Biar Tahan PuasaPixabay.com/rawpixel.com

Daging banyak kadar proteinnya, baik daging sapi, ayam, ataupun kambing. Mengonsumsi daging akan menambah cadangan energi kamu saat berpuasa. Tentunya jika kamu memilih asupan makanan yang cukup banyak mengandung protein, maka akan melancarkan puasamu.

8. Susu

Tak Perlu Suplemen, Ini 8 Sumber Energi Biar Tahan PuasaPexels.com/Pixabay

Susu juga disarankan untuk diminum saat sahur. Sebabnya, susu merupakan sumber energi tubuh yang mengandung protein yang tinggi, kalsium, serta lemak. Kamu juga bisa memilih bisa susu sapi, kedelai, almond, atau susu kambing.

Dengan minum susu, maka semakin sehat dan kuat deh puasamu pastinya.

Nah, sudah paham kan jenis makanan penyumbang energi puasa kamu? Jadi, tak perlu meminum suplemen lagi ya. Sediakan selalu 8 jenis makanan di atas karena yang alami memang lebih baik kok.

Selamat menjalankan ibadah puasa semoga lancar sampai hari kemenangan nanti.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Renny Fitri Photo Verified Writer Renny Fitri

Penyuka fotografi, traveling, dan menjahit. Menyempatkan diri menulis apa saja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You