Comscore Tracker

Lakukan 7 Cara Ini agar Penglihatan Kamu Semakin Tajam, Bye-bye Rabun!

Biar makin fokus

Mata adalah salah satu indra yang sangat penting keberadaannya. Oleh karena itu, kita harus menjaganya agar fungsi dari indra penglihat ini tetap dalam kondisi yang baik.

Ada beberapa cara untuk melatih mata agar tetap tajam dan prima. Mau tau caranya? Simak terus ya!

1. Gosok telapak tangan, latu letakkan pada kelopak mata

Lakukan 7 Cara Ini agar Penglihatan Kamu Semakin Tajam, Bye-bye Rabun!eyelidslift.com

Gosok telapak tangan kamu dengan kuat sampai terasa hangat dan letakkan dengan lembut di atas kelopak mata. Biarkan kehangatan telapak tangan berpindah ke mata.

Kamu bisa merasakan otot mata rileks. Tahan posisi tersebut sampai panas dari tangan benar-benar terserap oleh mata. Ulangi dua hingga tiga kali.

2. Pijat lembut kedua mata

Lakukan 7 Cara Ini agar Penglihatan Kamu Semakin Tajam, Bye-bye Rabun!sandesh.com

Siapkan handuk hangat dan usapkan ke wajah kamu. Setelah itu lakukan pijatan kelopak mata secara perlahan dengan gerakan melingkar selama satu hingga dua menit.

Pastikan kamu menekan mata dengan sangat ringan saat memijatnya. Tekanan ringan akan membantu merangsang mata kamu.

3. Latih fokus jauh-dekat

Lakukan 7 Cara Ini agar Penglihatan Kamu Semakin Tajam, Bye-bye Rabun!lenspick.com

Latihan efektif lainnya untuk mata adalah melakukan zooming. Coba tatap objek dan tarik-ulur objek tersebut sehingga dapat mengubah fokus penglihatan kamu. Kamu bisa lakukan dengan menggunakan ibu jari.

Fokuskan pandangan pada ibu jari, lalu tarik-ulur lengan kamu agar ibu jari terlihat menjadi membesar dan mengecil. Cara ini bisa membantu melatih fokus mata kamu.

Baca Juga: 9 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Mudah untuk Sehari-hari

4. Lakukan rotasi pada mata

Lakukan 7 Cara Ini agar Penglihatan Kamu Semakin Tajam, Bye-bye Rabun!wikihow.com

Latihan berikutnya adalah menggerakkan atau memutar bola mata kamu dari satu arah ke arah lain. Lihatlah ke sudut kanan dan kemudian geser pandangan kamu secara bertahap ke arah yang berlawanan. Dikutip dari hdfchealth.com, otot mata kecil menjadi lebih aktif dan sehat dengan semburan darah yang dipompa dari pergeseran.

5. Menggambar angka 8 menggunakan mata

Lakukan 7 Cara Ini agar Penglihatan Kamu Semakin Tajam, Bye-bye Rabun!wikihow.com

Bayangkan ada angka 8 di depan kamu. Sekarang coba kamu ikuti garis pada angka 8 tersebut atau seolah-olah kamu menggambar angka 8 menggunakan mata. Dilansir dari wikihow.com, ini merupakan latihan yang bagus untuk berlatih mengendalikan gerakan fisik mata kamu.

6. Tatap objek yang bergerak

Lakukan 7 Cara Ini agar Penglihatan Kamu Semakin Tajam, Bye-bye Rabun!incrediblehypnotist.com

Cara ini mirip dengan melatih fokus jauh-dekat. Namun, ini dilakukan dengan tujuan melatih refleks dan fokus mata memandang sebuah objek yang bergerak.

Kamu bisa mencobanya dengan mengayunkan kalung atau tali dengan bandul. Selain itu, menonton pertandingan bulu tangkis juga bisa membuat kamu fokus dengan kok yang bergerak ke kiri dan ke kanan.

7. Aturan 20-20-20

Lakukan 7 Cara Ini agar Penglihatan Kamu Semakin Tajam, Bye-bye Rabun!gramha.net

Ketegangan mata adalah masalah nyata bagi banyak orang. Mata manusia tidak seharusnya terpaku pada satu objek untuk waktu yang lama.

Jika kamu bekerja di depan komputer sepanjang hari, aturan 20-20-20 dapat membantu mencegah ketegangan mata. Dilansir dari healthline.com, untuk menerapkan aturan ini, setiap 20 menit, lihatlah sesuatu yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik. Latihan ini bisa melatih kembali otot mata dan membuatnya rileks.

Jadi itulah 7 cara untuk melatih penglihatan kamu supaya semakin tajam. Jagalah mata kamu karena indra penglihatan amatlah penting. Jangan sampai kamu menyesal setelah terjadi kerusakan pada mata ya!

Baca Juga: 7 Fakta Hipermetropi, Mata Kesulitan Fokus pada Objek Jarak Dekat

Topic:

  • Reza Mahendra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya