Comscore Tracker

Kehujanan di Jalan? Segera Lakukan 7 Langkah Ini agar Kamu Gak Sakit!

Ingat, kalau kamu sakit, banyak urusan yang jadi terhambat

Beberapa waktu lalu sejumlah wilayah di Indonesia mulai memasuki musim penghujan. Untuk kalian yang sering beraktivitas di luar ruangan, tentu musim hujan bisa menjadi gangguan dalam melakukan kegiatan.

Tak jarang hujan turun ketika sedang di luar rumah sehingga membuat tubuh basah kehujanan. Lantas, apa yang harus dilakukan ketika kehujanan di jalan?

1. Menepi segera sebelum pakaianmu benar-benar basah

Kehujanan di Jalan? Segera Lakukan 7 Langkah Ini agar Kamu Gak Sakit!hindustantimes.com

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menepi agar tubuh tidak terus menerus diserang rintik-rintik hujan. Carilah tempat berteduh yang aman seperti halte, gedung, dan bangunan yang memiliki atap. Hindari berteduh di bawah pohon ketika terjadi hujan angin karena pohon berisiko tumbang.

2. Tunggu hujan reda sebisa mungkin

Kehujanan di Jalan? Segera Lakukan 7 Langkah Ini agar Kamu Gak Sakit!thelocal.it

Setelah menepi, pastikan hujan benar-benar berhenti sebelum melanjutkan kembali aktivitas. Jangan memaksa menerobos hujan karena banyak risiko yang mengancam, mulai dari kecelakaan sampai timbulnya penyakit akibat kehujanan.

3. Ganti dengan pakaian kering atau minimal upayakan untuk mengeringkan pakaianmu

Kehujanan di Jalan? Segera Lakukan 7 Langkah Ini agar Kamu Gak Sakit!techballad.com

Untuk mengantisipasi jika kehujanan di jalan, siapkan selalu baju salinan agar menjaga tubuh tetap kering. Pakaian yang basah dapat menyebabkan datangnya penyakit lain seperti flu dan juga masuk angin.

Baca Juga: 10 Buah Enak yang Wajib Dikonsumsi Saat Musim Hujan biar Tetap Sehat

4. Keramas segera begitu kamu sudah bisa

Kehujanan di Jalan? Segera Lakukan 7 Langkah Ini agar Kamu Gak Sakit!luxurylifestylemag.co.uk

Air hujan biasanya mengandung polutan dan juga kotoran. Untuk itu, langsung bilas kepala dengan sampo agar rambut dan kulit kepala tetap bersih dan sehat. Kehujanan juga bisa membuat kepala menjadi sakit.

Meski belum ada penelitian yang menjelaskan hal tersebut, para pakar meyakini dinginnya suhu air hujan yang langsung menyentuh kepala bisa membuat tubuh mengeluarkan energi yang cukup besar untuk menyeimbangkan suhu sehingga memicu sakit kepala.

5. Hangatkan diri ketika sudah berada di dalam ruangan

Kehujanan di Jalan? Segera Lakukan 7 Langkah Ini agar Kamu Gak Sakit!glaciermedia.ca

Kehujanan dapat membuat suhu tubuh menjadi dingin. Untuk itu, langsung hangatkan diri dengan minum secangkir teh hangat atau segelas susu panas. Gunakanlah juga selimut untuk menghangatkan suhu luar tubuh.

6. Isitrahatkan tubuh setelah tubuhmu kering dan bersih

Kehujanan di Jalan? Segera Lakukan 7 Langkah Ini agar Kamu Gak Sakit!ctfassets.net

Hindari aktivitas yang dapat membuat tubuh cepat lelah. Aktivitas seharian ditambah kehujanan cukup menguras habis energi tubuh. Untuk itu, pulihkanlah kembali energi kalian dengan istirahat yang cukup.

7. Konsumsi vitamin

Kehujanan di Jalan? Segera Lakukan 7 Langkah Ini agar Kamu Gak Sakit!dailymail.co.uk

Agar lebih cepat pulih dan fit, minumlah vitamin yang dapat memulihkan serta menjaga daya tahan tubuh seperti vitamin C, B2, dan B6.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan ketika kehujanan di jalan. Jangan memaksa menerobos hujan jika tidak ada sesuatu yang mendesak. Tetap jaga kondisi tubuh ya!

Baca Juga: Gak Ribet, Ini 7 Tips Dasar untuk Tetap Sehat di Kala Musim Hujan

Topic:

  • Reza Mahendra
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You