Comscore Tracker

5 Kesalahan Umum Inilah yang Membuat Kalorimu Tidak Cepat Terbakar

Ternyata kita semua suka menumpuk kalori tanpa sadar

Tidak peduli apa pun yang kamu lakukan, tidak peduli seberapa keras kamu berolahraga, kamu masih tidak dapat kehilangan lemak yang membandel itu! Kalau kamu mengalami hal ini, kamu tidak sendirian.

Jutaan orang berusaha menurunkan berat badan dan gagal. Percaya atau tidak, 600 juta orang dewasa dan 100 juta anak-anak mengalami obesitas. Dibawah ini ada 5 kesalahan umum yang tanpa sadar membuat kalorimu jadi sulit terbakar.

1. Kamu menganggap semua kalori sama saja

5 Kesalahan Umum Inilah yang Membuat Kalorimu Tidak Cepat Terbakarpexels.com

Semua kalori tidaklah sama. Makan 100 kalori sayuran tidak sama dengan mengonsumsi 100 kalori es krim, dan mereka tidak akan memiliki efek yang sama pada tubuh. Jenis kalori yang kamu konsumsi juga akan berpengaruh kepada berapa banyak insulin yang dikeluarkan oleh tubuh. Ketika banyak insulin dilepaskan oleh tubuh secara konsisten sepanjang hari, tidak hanya mencegah tubuhmu kehilangan lemak, tetapi juga mendorong tubuh untuk menyimpan energi sebagai lemak tubuh.

Jenis-jenis kalori yang paling banyak melonjak insulin adalah yang berasal dari karbohidrat dalam bentuk gula sederhana. Jadi jika Anda ingin makan karbohidrat, tempelkan karbohidrat sehat dari makanan yang dicerna perlahan. Seiring dengan karbohidrat, protein juga dapat meningkatkan kadar insulin Anda, terutama yang berasal dari sumber berbasis susu seperti susu skim dan yogurt.

2. Kamu makan dengan sering

5 Kesalahan Umum Inilah yang Membuat Kalorimu Tidak Cepat Terbakarbrightside.me

Ada diet khusus yang disebut puasa dan itu cara luar biasa untuk membakar lemak. Puasa juga menurunkan kadar insulin lebih dari metode diet lainnya. Puasa menyebabkan tubuh melepaskan glukagon untuk menarik energi dari sel-sel tubuhmu, termasuk sel-sel lemakmu. Daripada makan beberapa makanan 400 kalori dalam sehari, lebih baik untuk makan satu 1.600 kalori pada akhir hari.

Baca Juga: Berapa Jumlah Kalori yang Harus Dibakar untuk Menurunkan Berat Badan? 

3. Kamu tidak tidur dengan cukup

5 Kesalahan Umum Inilah yang Membuat Kalorimu Tidak Cepat Terbakarglamour.com

Kurang tidur membuang kadar hormon tubuh Anda dari keseimbangan yang kemudian memengaruhi tingkat rasa laparmu keesokan harinya. 2 hormon yang memengaruhi nafsu makan kita adalah ghrelin (hormon yang membuat kita merasa lapar) dan leptin (hormon yang membuat kita merasa kenyang).

Ketika kita tidak cukup tidur, tingkat ghrelin meningkat sementara tingkat leptin menurun. Ini menyebabkan kamu merasa lapar dan makan berlebihan. Cobalah tidur lebih awal dari biasanya, dan tidur setidaknya 7-8 jam.

4. Kamu sering stres

5 Kesalahan Umum Inilah yang Membuat Kalorimu Tidak Cepat Terbakarpexels.com

Merasa stres dapat mengacaukan tubuh. Stres menyebabkan tubuh memproduksi hormon steroid yang disebut kortisol, yang meningkatkan keinginan untuk makanan manis yang menyediakan energi dan kesenangan instan. Ketika kadar kortisol tubuhmu tetap tinggi untuk waktu yang lama, itu dapat meningkatkan jumlah lemak yang disimpan perut mu.

5. Kamu berusaha terlalu keras untuk diet

5 Kesalahan Umum Inilah yang Membuat Kalorimu Tidak Cepat Terbakarwww.besthealthmag.ca

Tubuh membutuhkan keseimbangan latihan yang sehat dan istirahat. Berolahraga terlalu banyak mencegah tubuh untuk mengalihkan kelebihan lemak. Berolahraga tanpa mendapatkan istirahat yang tepat berdampak pada tingkat kortisol dalam tubuhmu yang menyebabkan peningkatan lemak membandel yang disimpan di dalam perut.

Apakah kamu melakukan kesalahan-kesalahan di atas? Berapa banyak yang kamu lakukan? Apa jangan-jangan semuanya? Sekarang saatnya untuk berubah.

Baca Juga: Cabang Olahraga Asian Games Mana yang Paling Banyak Membakar Kalori?

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya