Comscore Tracker

Ternyata Inilah 5 Manfaat Sesungguhnya dari Pemanasan Sebelum Olahraga

Kalau tidak pemanasan, bisa bahaya lho

Banyak orang tidak benar-benar memahami manfaat dari pemanasan dan cuma sekedar melakukannya saja. Padahal tanpa kita sadari, pemanasan ini memegang kunci yang cukup penting agar kita bisa berolahraga dengan baik dan maksimal.

Tanpa pemanasan, ada hal-hal fatal yang bisa terjadi kepada kita saat kita berolahraga. Nah, di bawah ini adalah 5 manfaat sesungguhnya kalau melakukan pemanasan sebelum berolahraga:

1. Mencegah terjadinya cedera

Ternyata Inilah 5 Manfaat Sesungguhnya dari Pemanasan Sebelum Olahragainstagram.com/marcusfernaldig

Saat kamu meregangkan ototmu ketika pemanasan, kamu mengurangi risiko robeknya serta otot dan jaringan ketika berolahraga. Ini bisa terjadi karena mendorong tubuh yang masih 'dingin' untuk menjadi panas dengan terlalu cepat. Kalau kamu langsung berolahraga tanpa pemanasan atau bahkan sebelumnya tidak bergerak sama sekali, area yang masih tegang adalah yang paling rentan terhadap cedera.

2. Mendapatkan aliran oksigen

Ternyata Inilah 5 Manfaat Sesungguhnya dari Pemanasan Sebelum Olahragainstagram.com/jonatanschristieofficial

Kekurangan aliran oksigen bisa menghambat kinerjamu, serta bisa menyebabkan cedera serius dalam sendimu. Rasa sakit dan ketegangan bisa dirasakan ketika kamu mulai berolahraga padahal beberapa area dalam tubuhmu belum diberikan aliran darah beroksigen segar.

Peregangan mendorong aliran oksigen segar melalui aliran darahmu ke seluruh tubuh. Ini tidak hanya akan menghilangkan rasa sakit dan mengurangi cedera, tetapi membantu dalam kinerja gerakanmu.

Baca Juga: Cabang Olahraga Asian Games Mana yang Paling Banyak Membakar Kalori?

3. Mengurangi kelelahan

Ternyata Inilah 5 Manfaat Sesungguhnya dari Pemanasan Sebelum Olahragainstagram.com/jonatanschristieofficial

Kamu akan merasa lebih bisa berolahraga lebih lama saat kamu melakukan pemanasansebelum berolahraga, karena kamu cenderung tidak akan mengalami kelelahan di ototmu. Pemanasan membangunkan area yang membutuhkan lebih banyak waktu dan dorongan untuk bangun, sehingga mereka dapat secara efisien membawamu melalui latihan yang lebih lama.

4. Meningkatkan energi dan motivasi

Ternyata Inilah 5 Manfaat Sesungguhnya dari Pemanasan Sebelum Olahragainstagram.com/jonatanschristieofficial

Darah berakumulasi di otot yang belum pernah digunakan atau yang masih 'dingin'. Seperti yang disebutkan di atas, dalam merevitalisasi sirkulasi ke otot, kamu akan merasakan peningkatan level energi karena melakukan pemanasan. Darah juga akan mengalir ke otak (terutama kalau kamu meregangkan punggung dan tulang belakang) sehingga tingkat konsentrasimu akan meningkat, memberikan inspirasi untuk benar-benar memulai latihan.

5. Meningkatkan kinerjamu berolahraga

Ternyata Inilah 5 Manfaat Sesungguhnya dari Pemanasan Sebelum Olahragainstagram.com/jonatanschristieofficial

Yang satu ini merupakan gabungan dari semua manfaat di atas dari pemanasan sebelum latihan. Kamu akan memiliki oksigen segar untuk tubuhmu, mengurangi risiko cedera, dan meningkatkan energimu sekaligus mengurangi kelelahan; ini secara keseluruhan akan meningkatkan kinerjamu untuk melakukan olahraga apapun, baik itu kardio atau kekuatan.

Nah, sekarang sudah paham kan manfaat dari pemanasan sebelum berolahraga. Jangan diremehkan ya karena berolahraga tanpa pemanasan sangat berbahaya dan risiko cedera sangat tinggi.

Baca Juga: Pengin Tubuh Berotot Atletis? Cobalah 7 Olahraga Fun Ala Atlet Ini!

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You