Comscore Tracker

Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa ke Dokter, Ini 6 Solusi Ampuhnya!

Biar bisa senyum dengan pede

Karang gigi adalah sebuah mimpi buruk bagi semua orang. Karang gigi gigi lebih buruk dari plak dan muncul saat kamu kurang rajin menyikat gigi, flossing dan kumur. 

Ketika kamu tidak menghapus karang gigi dari gigimu, lama kelamaan ia akan menjadi kasar dan bisa menyebabkan penyakit gusi.

Belum lagi sangat tidak menyenangkan untuk dilihat ketika kamu membuka mulut. Yuk cek cara menghilangkan karang gigi yang efektif dan secara alami, selain kamu harus pergi ke dokter!

1. Baking soda dan garam

Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa ke Dokter, Ini 6 Solusi Ampuhnya!pexels.com

Mulailah dengan metode penghapusan karang gigi yang sederhana namun efektif ini. Baking soda adalah agen kuat yang memiliki efek antibakteri dan membantu dalam memutihkan gigi juga.

Caranya, campur 1 sendok makan soda kue dengan sedikit garam dan taruh beberapa campuran ini ke sikat gigimu. Bisa juga kamu tambahkan ke pasta gigi biasamu. Tetapi hati-hati, jangan menyikat gigi dengan baking soda lebih dari sekali seminggu karena bisa menyebabkan kerusakan email.

2. Kulit jeruk

Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa ke Dokter, Ini 6 Solusi Ampuhnya!pexels.com

Pernah bertanya-tanya apa yang bisa dilakukan dengan sisa kulit jeruk? Sekarang kamu tau. Buah jeruk umumnya bagus untuk menghilangkan noda plak karena mengandung asam.

Kamu bisa langsung menggosok kulit jeruk ke gigimu selama 2-3 menit atau membuat pasta dan membubuhkannya ke gigimu. Apapun yang kamu pilih, bilas mulutmu dengan air hangat setelahnya. Ulangi beberapa kali seminggu. 

3. Biji wijen

Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa ke Dokter, Ini 6 Solusi Ampuhnya!pexels.com

Biji wijen sangat bagus dalam berbagai cara: gunakan untuk bumbu salad sampai untuk menghilangkan karang gigi. Mereka bertindak sebagai scrub alami, bisa memoles dan membersihkan gigi pada saat yang bersamaan.

Ambil satu sendok penuh biji ke mulutmu dan kunyah dengan baik. Kunyah sampai lumat tapi jangan ditelan. Lalu gosok gigi dengan pasta ini. Lakukan ini dua kali seminggu.

Baca Juga: Hati-hati dengan Kebiasaan Menggigit Kuku, Ini 8 Akibat Seriusnya!

4. Lidah buaya dan gliserin

Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa ke Dokter, Ini 6 Solusi Ampuhnya!pexels.com

Campurkan 1 sdt gel lidah buaya, 4 sdt gliserin sayuran, 10 tetes minyak esensial lemon, dan 4 sendok makan baking soda dalam 1 cangkir air untuk mendapatkan pasta yang halus. Sikat gigimu dengan pasta ini sekali sehari sampai kamu melihat bahwa karang gigi mulai berkurang. Kemudian ulangi setiap 3-4 hari sekali. Lidah buaya memiliki banyak manfaat bahkan untuk kebersihan gigi.

5. Cengkeh

Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa ke Dokter, Ini 6 Solusi Ampuhnya!pexels.com/Miguel Á. Padriñán

Bumbu ini telah lama digunakan sebagai obat nyeri untuk sakit gigi. Cengkeh juga bisa melawan mikroba di mulutmu.

Giling cengkeh (atau beli yang berbentuk serbuk), tambahkan sedikit minyak zaitun, dan oleskan campuran tersebut pada area di gigi bernoda. Cara lainnya adalah secara teratur mengunyah cengkeh untuk mengurangi bau mulut dan membunuh bakteri. 

6. Jus Lemon

Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa ke Dokter, Ini 6 Solusi Ampuhnya!pexels.com/rawpixel.com

Ganti kulit jeruk dengan jus lemon untuk hasil yang lebih baik. Asam lemon tidak hanya bisa melarutkan plak tetapi juga sedikit memutihkan gigi. Celupkan sikat gigimu ke dalam jus lemon segar dan gosok dengan lembut pada gigi.

Biarkan selama satu menit sebelum dibilas. Ingat bahwa jus lemon bersifat sangat kuat dan dapat menyebabkan erosi gigi, jadi gunakan dengan hati-hati.

Itu dia beberapa tips atau cara menghilangkan karang gigi yang mengganggu tanpa harus pergi ke dokter. Semua saran ini bisa berfungsi kalau kondisi karang gigi dan gusimu belum kritis.

Kalau kondisinnya sudah parah atau kamu memiliki gigi sensitif yang bereaksi kuat pada asam - maka silakan konsultasikan dengan dokter gigi.

Ada cara profesional untuk menghilangkan plak dan karang dari gigi yang hanya bisa mereka lakukan. 

Baca Juga: 10 Tips Penting Pasang Behel Gigi, Yuk Simak Sebelum Pergi ke Dokter 

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto

Just For You