Comscore Tracker

Bikin Geregetan, Ini 7 Alasan Telapak Kakimu Suka Mengelupas Tiba-tiba

Bisa jadi kamu hanya dehidrasi, atau ada masalah lain

Setiap orang pasti menginginkan kaki yang indah serta mulus. Tapi seringkali, walaupun sering dirawat namun kadang telapak kaki merupakan lokasi yang sangat rawan pecah-pecah. Kalaupun tidak pecah, pasti kering sekali.

Jangan meremehkan kulit kaki yang pecah-pecah. Karena menurut Rebecca Pruthi, seorang dokter obat podiatrik dan pemilik Foot Care of Manhattan bisa disebabkan oleh salah satu dari 7 alasan berikut ini!

1. Infeksi jamur

Bikin Geregetan, Ini 7 Alasan Telapak Kakimu Suka Mengelupas Tiba-tibapexels.com/pixabay

Menurut Pruthi, alasan paling umum dari pengelupasan pada kaki adalah infeksi jamur (seperti athlete's foot) — dan banyak orang sering tidak menyadarinya. Infeksi ini seringkali hanya muncul sebagai kulit yang mengelupas dan tidak menimbulkan rasa gatal sehingga tidak disadari sebagai jamur. Jika dibiarkan, dari yang awalnya hanya kulit mengelupas akan mulai menginfeksi hingga ke kuku.

2. Rutinitas olahraga yang penuh keringat

Bikin Geregetan, Ini 7 Alasan Telapak Kakimu Suka Mengelupas Tiba-tibatheguardian.com

Kelebihan keringat dan lingkungan lembab sering menyebabkan infeksi kaki yang akan menyebabkan pengelupasan. Apapun yang kamu lakukan tanpa alas kaki, terutama jika di ruangan yang lembab bisa menyebabkan infeksi bakteri.

Karena itu hindari berolahraga di tempat yang lembab dan juga hindari melepas alas kaki di tempat yang tidak kita ketahui kebersihannya. Kaki yang berkeringat dan lembab juga menjadi tempat yang pas bagi bakteri untuk bersarang

3. Gesekan sepatu

Bikin Geregetan, Ini 7 Alasan Telapak Kakimu Suka Mengelupas Tiba-tibapexels.com

Jangan memakai sepatu dengan terlalu lama, apalagi saat kamu sudah merasa tidak nyaman dari awal pemakaian sepatu. Gesekan yang terjadi antara kaki dan sepatu lama kelamaan bisa menyebabkan pengelupasan. Karena apa pun yang menyebabkan gesekan dapat menyebabkan lecet, yang juga dapat menyebabkan penipisan atau pengelupasan kulit

Baca Juga: Stop Pakai Sepatu Tanpa Kaos Kaki, Ini Akibat Fatalnya!

4. Sunburn

Bikin Geregetan, Ini 7 Alasan Telapak Kakimu Suka Mengelupas Tiba-tibaPexels.com

Tidak ada yang pergi ke pantai dengan niat untuk mendapatkan sinar matahari yang merah dan menyakitkan. Tapi sementara kamu rajin mengaplikasikan sunblock di tubuh dan wajahmu, kamu sering melupakan bagian kaki hingga ke telapaknya.

Seringkali satu kali pemakaian tidak cukup apalagi buat kamu yang senang bermain-main dengan air. Walaupun sunblockmu bertuliskan anti air, tetap aplikasikan lagi setelah kamu keluar dari air.

5. Eksim

Bikin Geregetan, Ini 7 Alasan Telapak Kakimu Suka Mengelupas Tiba-tibahealthline.com

Eksim adalah kondisi kulit yang menjadi kering, pecah-pecah dan bahkan gatal. Bisa menyebabkan pengelupasan dan kekeringan di seluruh tubuh — termasuk telapak kakimu. Meski sudah banyak mengalami eksim sejak kecil, orang juga bisa baru menderitanya saat sudah beranjak dewasa. Untungnya ada banyak obat topikal yang tersedia melalui ahli penyakit kaki dan ahli kulit.

6. Dehidrasi

Bikin Geregetan, Ini 7 Alasan Telapak Kakimu Suka Mengelupas Tiba-tibafitlife.tv

Dehidrasi bisa membuatmu lelah, menurunkan metabolisme, membuat wajah breakout dan menyebabkan kakimu terkelupas juga. Kalau kamu tidak cukup terhidrasi, kulitmu akan mengelupas di mana-mana termasuk di telapak kaki. Ingat, penuhi kebutuhan tubuhmu akan air setiap hari.

7. Pengelupasan alami

Bikin Geregetan, Ini 7 Alasan Telapak Kakimu Suka Mengelupas Tiba-tibapexels.com

Meskipun ada beberapa alasan mengapa kakimu terkelupas, tidak semua selalu hal yang buruk. Secara alami tubuhmu ingin mengelupaskan kulit-kulit mati. Pruthi menyarankan untuk memiliki batu apung di kamar mandi untuk menggosokkan kakimu dan melepas sel-sel kulit mati agar meregenerasi kulit baru.

Nah, kalau kakimu mengelupas bisa jadi memang sedang terjadi pengelupasan sel kulit mati. Tapi bisa juga karena infeksi jamur. Kalau pengelupasan kulit kaki ini semakin lama semakin menjadi-jadi, segera periksakan ke dokter ya.

Baca Juga: 7 Manfaat yang Bisa Kamu Peroleh dengan Berjalan Kaki Setiap Hari

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya