Comscore Tracker

Be Excited, Ini 7 Cara Mudah Menaikkan Level Dopaminmu Secara Natural!

Biar hidupmu senantiasa bergairah

Dopamine atau dopamin adalah pembawa pesan penting di otak yang memiliki banyak fungsi. Ketika dopamin dilepaskan dalam jumlah besar,  tubuh kita akan menciptakan perasaan nyaman dan bahagia. Sebaliknya, tingkat dopamin yang rendah terkait dengan motivasi yang berkurang dan penurunan antusiasme untuk hal-hal yang akan menggairahkan sebagian besar orang.

Tingkat dopamin ini biasanya diatur dalam sistem saraf, tetapi ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan tingkat secara alami. Berikut ini adalah 7 cara untuk menaikkan kadar dopamin secara alami!

1. Mengonsumsi banyak protein

Be Excited, Ini 7 Cara Mudah Menaikkan Level Dopaminmu Secara Natural!pexels.com/Malidate Van

Dopamin diproduksi dari asam amino tirosin dan fenilalanin. Nah keduanya ini bisa kamu peroleh dari makanan-makanan kaya protein misalnya daging, susu, telur, kedelai dan masih banyak sumber protein lainnya. Asupan asam amino yang sangat tinggi ini bisa meningkatkan kadar dopamin di tubuhmu.

2. Kurangi konsumsi lemak jenuh

Be Excited, Ini 7 Cara Mudah Menaikkan Level Dopaminmu Secara Natural!unsplash.com/rawpixel

Beberapa penelitian pada hewan menemukan bahwa lemak jenuh, seperti yang ditemukan dalam lemak hewani, mentega, produk susu berlemak, minyak sawit dan minyak kelapa, dapat mengganggu sinyal dopamin di otak ketika dikonsumsi dalam jumlah yang sangat besar.

Sejauh ini, penelitian ini hanya dilakukan pada tikus, tetapi hasil dari penelitian ini menarik.
Satu studi menemukan bahwa tikus yang mengonsumsi 50 persen kalori dari lemak jenuh mengurangi hormon dopamin di otak mereka, dibandingkan dengan hewan yang menerima jumlah kalori yang sama namun dari lemak tak jenuh. Perubahan ini terjadi bahkan tanpa perbedaan berat badan, lemak tubuh, hormon atau kadar gula darah. 

3. Sering berolahraga

Be Excited, Ini 7 Cara Mudah Menaikkan Level Dopaminmu Secara Natural!understandingrelationships.com

Olahraga dianjurkan untuk meningkatkan kadar endorphin dan meningkatkan suasana hati. Perbaikan mood karena olahraga bisa dirasakan setelah sedikitnya 10 menit mulai aktivitas aerobik dan cenderung paling tinggi setelah setidaknya 20 menit. Bukan hanya olahraga aerobik, tapi yoga juga bisa meningkatkan kadar dopamin. Dalam satu studi yang berdurasi tiga bulan, ditemukan bahwa melakukan satu jam yoga enam hari per minggu meningkatkan kadar dopamin secara signifikan 

Berolahraga dengan sering juga bermanfaat bagi orang dengan penyakit Parkinson, suatu kondisi di mana tingkat dopamin yang rendah mengganggu kemampuan otak untuk mengontrol gerakan tubuh. 

Baca Juga: Kamu Susah Konsentrasi? Hati-hati, Mungkin Hormon Kamu Terganggu

4. Mendapatkan tidur yang cukup

Be Excited, Ini 7 Cara Mudah Menaikkan Level Dopaminmu Secara Natural!pexels.com/Ivan Obolensky

Ketika dopamin dilepaskan di otak, tubuh akan menciptakan perasaan waspada dan terjaga. Menurut penelitian, dopamin dilepaskan dalam jumlah besar di pagi hari ketika saatnya bangun dan tingkat itu secara alami jatuh di malam hari ketika waktunya untuk tidur.  Namun, kurang tidur tampaknya mengganggu ritme alami ini. 

Ketika orang dipaksa untuk tetap terjaga sepanjang malam, ketersediaan reseptor dopamin di otak secara dramatis berkurang pada pagi berikutnya. Karena dopamin meningkatkan kesadaran, mengurangi kepekaan reseptor akan membuatnya lebih mudah mengantuk. Selain itu, kekurangan dopamin juga akan membuat konsentrasimu berkurang sepanjang hari.Tidur teratur dan berkualitas tinggi bisa membantu menjaga kadar dopaminmu seimbang dan membantumu merasa lebih waspada dan berfungsi tinggi pada siang hari.

5. Mendengarkan musik

Be Excited, Ini 7 Cara Mudah Menaikkan Level Dopaminmu Secara Natural!pexels.com/Kaboompics

Mendengarkan musik bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk merangsang pelepasan dopamine di otak. Sebuah penelitian kecil yang menyelidiki efek musik pada dopamine menemukan peningkatan 9 persen tingkat dopamin di otak ketika orang mendengarkan lagu-lagu instrumental yang membuat mereka merinding. 

Karena musik dapat meningkatkan tingkat dopamine, mendengarkan musik bahkan telah ditunjukkan untuk membantu orang dengan penyakit Parkinson meningkatkan kontrol motorik halus mereka. Sampai saat ini, semua penelitian tentang musik dan dopamine menggunakan lagu instrumental sehingga mereka bisa memastikan kalau peningkatan dopamin adalah karena musiknya bukan karena liriknya.

6. Meditasi

Be Excited, Ini 7 Cara Mudah Menaikkan Level Dopaminmu Secara Natural!pexels.com

Meditasi membantu membuat pikiranmu bersih dan membuatmu lebih relaks. Meditasi bisa kamu lakukan sambil berdiri, duduk atau bahkan sambil berjalan. Satu penelitian yang berisi delapan guru meditasi berpengalaman menemukan peningkatan 64 persen dalam produksi dopamin setelah bermeditasi selama satu jam, dibandingkan ketika hanya beristirahat dengan tenang.

7. Mendapatkan sinar matahari yang cukup

Be Excited, Ini 7 Cara Mudah Menaikkan Level Dopaminmu Secara Natural!pexels.com

Seasonal Affective Disorder (SAD) adalah kondisi di mana orang merasa sedih atau tertekan selama musim dingin ketika mereka tidak terkena sinar matahari yang cukup. 
Sudah banyak orang yang tahu kalau periode paparan sinar matahari yang rendah bisa menyebabkan penurunan tingkat neurotransmitter yang meningkatkan mood, termasuk dopamine, dan paparan sinar matahari bisa meningkatkannya. 

Tapi ingat ya, meskipun paparan sinar matahari bisa meningkatkan tingkat dopamin dan meningkatkan suasana hati, tapi tidak semua sinar matahari aman. Umumnya disarankan untuk mengurangi paparan sinar matahari ketika radiasi ultraviolet adalah yang terkuat, biasanya antara jam 10 pagi hingga 2 siang. 

Kalau kamu sering merasa lesu dan kurang semangat dalam menjalani hidup, bisa jadi kamu kekurangan kadar dopamin lho. Segera deh coba cara-cara diatas agar hidupmu bisa lebih bahagia.

Baca Juga: 5 Hormon Kecil Inilah yang Paling Membentuk Pria Jadi Laki Banget!

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya