Comscore Tracker

9 Pose Yoga Ini Aman dan Paling Cocok untuk Ibu Hamil

Kalau gak hamil juga tetap boleh lakukan kok!

Berlatih yoga selama kehamilan adalah cara yang bagus untukmu mengatasi dan mempersiapkan pikiran dan tubuh menghadapi setiap tuntutan dan tantangan kehamilan yang mungkin kamu alami terutama selama trimester ketiga. Yoga selama kehamilan membantumumenciptakan ruang untuk bayi dan organ dalam tubuhmu sendiri.

Ada banyak teknik yoga yang dapat membantumu mempersiapkan persalinan di trimester ke-3. Tetapi sebelum kamu mencoba yoga, pastikan kamu sudah berbicara dengan doktermu. Karena mungkin ada kasus-kasus khusus dalam kehamilanmu dan membuatmu tidak diperbolehkan melakukan beberapa gerakan. Berikut ini adalah beberapa latihan yoga yang umum untuk dicoba selama trimester ketiga kehamilan!

1. Birth prep exercises

https://www.youtube.com/embed/w6P_EElAgbA

Birth Prep Exercises mencakup latihan sederhana yang dirancang untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri serta membantu bayi agar berada dalam posisi yang benar. Sertakan teknik ini pemanasan harianmu. Contohnya bisa kamu liat dalam video YouTube diatas.

2. Cat Cow

9 Pose Yoga Ini Aman dan Paling Cocok untuk Ibu Hamillifehack.org

Cat Cow adalah pose yang bagus untuk memanjangkan tulang belakang dan memperkuat otot intimu. Pose ini bisa dilakukan untuk semua tahapan kehamilan karena akan membantu memperkuat perutmu saat kehamilan terus tumbuh. Lakukan pernapasan perut saat melakukan pose ini. Ini akan membantu menenangkan pikiranmu dan mengurangi morning sickness.

3. Warrior II

9 Pose Yoga Ini Aman dan Paling Cocok untuk Ibu Hamillifehack.org

Teknik ini sangat bagus untuk memperkuat inti dan kakimu serta mampu memperpanjang tulang belakangmu. Meskipun teknik ini sedikit menantang, teknik dapat membantu meringankan sakit punggung selama kehamilan lho.

4. Bridge pose

9 Pose Yoga Ini Aman dan Paling Cocok untuk Ibu Hamillifehack.org

Pose ini nyaman jika kamu ingin membuka pinggul dan paha belakangmu. Pose ini juga bagus untuk dipraktekkan di semua trimester. Mulailah dengan rebahan menyamping dan perlahan bergerak menuju terlentang sembari menggerakkan tubuhmu menuju bridge pose. Ini membantu menghindari stres pada otot perutmu. Hindari latihan ini kalau kamu merasa adanya ketidaknyamanan pada punggungmu.

Baca Juga: Tak Hanya Menenangkan, Ini 5 Manfaat Lain Yoga yang Perlu Kamu Tahu

5.Cobblers pose (Baddha Konasana)

9 Pose Yoga Ini Aman dan Paling Cocok untuk Ibu Hamillifehack.org

Teknik ini dikatakan dapat meningkatkan kesehatan sistem reproduksi. Selama kehamilan, teknikmembantu membuka panggul, sehingga membuat persalinan bisa berlangsung dengan lebih mudah dan cepat. Teknik ini juga dikatakan bisa menenangkan pikiran dan meningkatkan sirkulasi darah.

6. Warrior I

9 Pose Yoga Ini Aman dan Paling Cocok untuk Ibu Hamillifehack.org

Teknik ini membantumu menjelajahi tubuh bagian atas dan membantu membuka dada serta memperkuat kakimu. Teknik ini membantu memulihkan kesehatan tulang belakangmu dan membantu memberi ruang bagi rahim yang tumbuh. Bukan hanya itu saja, pose Warrior I bisa membantu pikiranmu rileks dan tetap fokus dan menjaga keseimbangan.

7. Corpse pose

9 Pose Yoga Ini Aman dan Paling Cocok untuk Ibu Hamillifehack.org

Teknik ini bertujuan untuk menenangkan tubuh dan pikiranmu, meningkatkan energimu secara instan dan karena itu nyaman untuk memerangi kelelahan apa pun selama kehamilan. Pose ini juga membantu dalam melawan efek samping kehamilan seperti rasa sakit dan mual di pagi hari.

8. Child's pose

9 Pose Yoga Ini Aman dan Paling Cocok untuk Ibu Hamillifehack.org

Ini adalah pose istirahat. Pose ini membantumu untuk berfokus pada pernapasanmu sehingga kamu bisa bernapas lebih dalam, dan juga posisi yang baik untuk beristirahat di antara kontraksi persalinan.

Rileks dan jauhkan kedua lututmu lalu taruh kepalamu di tangan ataupun di lantai. Kamu harus menghindari posisi ini jika simfisis pubismu sakit ataupun terbuka. Bersantailh di posisi ini dengan mata tertutup.

9. Tree pose

9 Pose Yoga Ini Aman dan Paling Cocok untuk Ibu Hamillifehack.org

Ini adalah teknik penyeimbangan. Pose ini bisa memperkuat kakimu juga memperbaiki postur dan meredakan sakit punggung. Tree Pose bagus dilakukan untuk seluruh trimester kehamilan.

Untuk mencoba pose-pose diatas, sangat dianjurkan bagi kamu yang belum pernah mengikuti yoga untuk melakukannya dibawah pengawasan instruktur yoga ya. Lakukan apa yang kamu rasa mampu untuk kamu lakukan dan jangan paksakan tubuhmu kalau memang terasa tidak nyaman apalagi kalau sampai terasa sakit.

Baca Juga: Tertarik Memulai Yoga? Cek 6 Tips Aman Buat Pemula Ini

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya