Comscore Tracker

Waspadai 6 Bahaya Ini Kalau Kamu Tidur Lebih dari 8 Jam Setiap Hari

Tidur kebanyakan ternyata berbahaya lho

Setiap orang yang ingin mengikuti gaya hidup sehat tahu bahwa kita harus tidur selama 8 jam setiap malam agar sehat. Namun tidak banyak orang tahu bahwa tidak disarankan untuk tidur lebih lama dari itu.

Kurang tidur memang berbahaya bagi tubuh, tapi terlalu banyak tidur juga sama bahayanya lho. Kamu sering tidur lebih dari 8 jam setiap hari? Waspadai 6 hal di bawah ini!

1. Masalah berat badan

Waspadai 6 Bahaya Ini Kalau Kamu Tidur Lebih dari 8 Jam Setiap Harihealthandexercisetips.com

Beberapa studi menunjukkan kalau waktu tidur yang terlalu pendek ataupun terlalu panjang panjang berhubungan dengan diabetes dan obesitas. Hal ini dikarenakan kita bergerak lebih sedikit dari seharusnya, itulah mengapa kita bertambah berat badan. Saat kita tidur terlalu lama, kita bangun saat sudah siang hari dan tidak punya waktu untuk aktivitas fisik.

2. Depresi

Waspadai 6 Bahaya Ini Kalau Kamu Tidur Lebih dari 8 Jam Setiap HariUPI.com

Orang yang menderita gangguan depresi juga mengalami gangguan tidur. Terkadang, dalam beberapa kasus gangguan, orang yang depresi akan tidur lebih dari biasanya. Ini adalah lingkaran setan karena tidur yang panjang akan menyebabkan rasa putus asa serta kelelahan. Saat kamu tidur terlalu banyak dan terasa tidak ingin meninggalkan tempat tidurmu di pagi hari, kegiatan-kegiatanmu sehari-hari terasa tidak menyenangkan dan gejala-gejala ini akan mengarahkanmu kepada depresi

3. Masalah jantung

Waspadai 6 Bahaya Ini Kalau Kamu Tidur Lebih dari 8 Jam Setiap Harimedicalnewstoday.com

Kalau kamu tidur terlalu lama, kamu bukan hanya kehilangan waktu-waktu berharga tetapi kamu juga bisa mengalami masalah jantung. Saat ini, masalah jantung adalah salah satu penyebab kematian yang paling umum, dan tidur selama lebih dari 8 jam semalam meningkatkan kemungkinan kematian akibat serangan jantung sebesar 34%. 

Baca Juga: 10 Cara Mudah “Power Nap”, Tidur Siang Sebentar untuk Manfaat Maksimal

4. Sakit kepala

Waspadai 6 Bahaya Ini Kalau Kamu Tidur Lebih dari 8 Jam Setiap Haripexels.com/Gerd Altman

Kurang tidur bisa menyebabkan sakit kepala, tetapi sakit kepala juga akan terjadi ketika kita tidur terlalu lama. Kita tidak boleh terlalu banyak berbaring di tempat tidur meskipun itu adalah hari libur. Kalau tidak, kita bisa bangun dengan sakit kepala yang parah. Hal ini dikarenakan tidur berlebihan mempengaruhi neurotransmiter di otak dan tingkat serotonin dalam tubuh kita.

5. Masalah memori

Waspadai 6 Bahaya Ini Kalau Kamu Tidur Lebih dari 8 Jam Setiap Haripexels.com/Octavio J. Garcia N.

Menurut sebuah penelitian, tidur panjang mempengaruhi kerja otak kita. Terlebih lagi,kalau kamu biasanya terbangun di malam hari, kamu memiliki kemungkinan besar tidak mendapatkan tidur nyenyak yang cukup. Hal ini, pada akhirnya akan mempengaruhi fungsi kognitif otak kita dan kemampuannya untuk berkonsentrasi serta mengingat secara detail.

6. Insomnia

Waspadai 6 Bahaya Ini Kalau Kamu Tidur Lebih dari 8 Jam Setiap Haripexels.com/Trachard Kumtanom

Mungkin terdengar mengejutkan tetapi kadang-kadang insomnia disebabkan oleh kebiasaan yang tidak sehat. Misalnya, kalau kamu begadang di depan komputer dan memutuskan untuk tidur lebih lama keesokan harinya, kamu bisa menderita insomnia. Jam tidur yang berantakan selama 2 hari saja akan cukup membingungkan jam tubuhmu sehingga kamu akan mengalami masalah dengan tidur.

Biasakan untuk tidur dan bangun di waktu yang sama, dengan begitu tubuh akan tau kapan waktunya untuk berhenti beraktivitas dan kapan waktunya untuk memulai hari. Hindari juga mengonsumsi kafein di malam hari ya kalau mau jam tidurmu tetap teratur.

Baca Juga: Sering Ngiler Saat Tidur? Gak Usah Malu Lagi, Ini 7 Cara Menguranginya

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya