Comscore Tracker

Selain Dalaman & Sikat Gigi, Jangan Pinjamkan 7 Barang Ini Ke Siapapun

Walaupun kepada anggota keluarga sendiri

Dalam berbagai barang-barang yang digunakan sehari-hari, tanpa sadar banyak kuman yang menempel pada barang-barang tersebut. Mungkin untuk barang-barang pribadi seperti sikat gigi jelas tidak mau kamu pinjamkan kepada siapapun. Tapi, 7 barang pribadi lainnya ini ternyata juga tidak boleh kamu pinjamkan lho. Dan tentu sebaiknya kamu juga jangan meminjam dari siapapun, meskipun itu adalah anggota keluarga.

1. Gunting kuku

Selain Dalaman & Sikat Gigi, Jangan Pinjamkan 7 Barang Ini Ke Siapapunfootfiles.com

Memang tidak bisa terlihat oleh mata, tetapi ada sejumlah besar bakteri, virus dan mikroorganisme jamur pada kuku jari manusia. Karena itu, gunting kuku bisa menjadi salah satu tempat persebaran bakteri tersebut yang paling utama.

Menggunakan gunting kuku bersama-sama dengan orang lain meningkatkan risiko penyakit jamur dan HPV (human papillomavirus) lho. Jadi ada baiknya kalau kamu memiliki gunting kuku sendiri.

2. Anting

Selain Dalaman & Sikat Gigi, Jangan Pinjamkan 7 Barang Ini Ke Siapapunpexels.com/picjumbo.com

Ada banyak pembuluh darah di telinga manusia. Itu sebabnya kamu bisa dengan sangat mudah terinfeksi penyakit yang ditularkan melalui darah hanya dengan mengenakan anting orang lain.

Kalau kamu memang ingin meminjamnya, bersihkan dulu anting tersebut dengan alkohol. Jangan lupa bersihkan kembali setelah kamu selesai meminjamnya ya.

3. Lip balm dan lipstik

Selain Dalaman & Sikat Gigi, Jangan Pinjamkan 7 Barang Ini Ke Siapapunpexels.com/Burst

Di bawah permukaan bibir, ada pembuluh darah juga. Begitu mudah bagi pembuluh darah ini untuk menyimpan virus dan mikroba.

Virus herpes bisa ditularkan dari satu orang ke orang lain ketika mereka saling meminjam lip balm ataupun lipstik, meskipun si pemilik tidak memiliki gejala yang kelihatan. Tidak ada salahnya untuk berhati-hati kan.

Baca Juga: Ahli: "Macetnya Ibukota Ternyata Berisiko Tingkatkan Penyakit Jantung"

4. Sabun batang

Selain Dalaman & Sikat Gigi, Jangan Pinjamkan 7 Barang Ini Ke Siapapunpexels.com/Burst

Mikroorganisme sangat bisa menutupi sabun batang yang telah digunakan, bukan cuma mikroba, tetapi juga virus yang berbahaya. Yang terburuk dari semuanya adalah ketika sabun itu diletakkan di wadah yang terus-terusan lembap dan basah.

Kelembapan bisa menciptakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan bakteri, jamur dan virus. Untuk mengurangi risiko terkontaminasi, gunakan sabun cair dari dispenser saja.

5. Sisir

Selain Dalaman & Sikat Gigi, Jangan Pinjamkan 7 Barang Ini Ke Siapapunpexels.com/Element5 Digital

Jangan pernah memberikan sisirmu kepada siapa pun dan jangan gunakan milik orang lain juga. Kamu tidak akan tahu apakah orang yang meminjam sisirmu ini memiliki kutu, kudis atau bahkan infeksi staph. Kalau kamu harus meminjamkan sisirmu, segera bersihkan setelah dipinjam. 

6. Handuk

Selain Dalaman & Sikat Gigi, Jangan Pinjamkan 7 Barang Ini Ke Siapapunpexels.com/Rodolpho Zanardo

Handuk adalah tempat berkembang biak bagi kuman, terutama ketika ia tergantung di kamar mandi dengan kelembaban yang tinggi. Handuk semacam itu bisa menginfeksi pemiliknya dengan infeksi jamur dan bakteri yang menyebabkan ruam, jerawat, hingga konjungtivitis. Untuk menghilangkan bahaya ini, cuci handukmu setelah 4-5 kali penggunaan dan selalu biarkan hingga benar-benar kering.

7. Earphones

Selain Dalaman & Sikat Gigi, Jangan Pinjamkan 7 Barang Ini Ke Siapapunpexels.com/Plush Design Studio

Menggunakan earphone orang lain bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri di telinga. Risikonya semakin meningkat kalau kamu menggunakannya sembari berolahraga: panas dan lembab menambah subur perkembangan bakterinya. Kamu juga tidak tahu kapan orang itu terakhir membersihkan telinganya kan.

Bukannya pelit, tapi lebih baik kamu tidak saling meminjamkan 7 barang di atas ini ya. Semuanya demi kesehatanmu masing-masing kok. Kalau kamu yang ternyata sering minjam, mulai sekarang segera beli sendiri deh.

Baca Juga: 7 Risiko Kesehatan dari Pernikahan Dini, Tolong Pikirkan Baik-baik Ya!

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You