Comscore Tracker

Ini Kata Ahli Tentang Rambut Beruban dan 4 Cara Ampuh Mengatasinya

Tidak perlu malu lagi karena rambutmu mulai putih

Dokter kulit di Inggris mengadakan serangkaian percobaan dan menemukan bahwa pada usia 50, 50 persen dari populasi dunia memiliki setidaknya 50 persen rambut abu-abu. Selain itu, rambut orang-orang berkulit putih mulai berubah menjadi abu setelah berumur 30 tahun, rambut orang Asia - sekitar 40 tahun, dan rambut orang-orang berkulit gelap - setelah 40 tahun.

Ini adalah proses alami yang disebut depigmentasi. Namun, kadang-kadang uban mungkin mulai muncul pada 20 atau 30. Mengapa ini terjadi? Simak ulasan selengkapnya di sini!

Apa yang membuat rambutmu berubah warna?

Ini Kata Ahli Tentang Rambut Beruban dan 4 Cara Ampuh Mengatasinyaquora.com

Pertumbuhan dan warna pada rambut tergantung pada struktur dan kerja yang tepat dari folikel rambut. Lebih tepatnya sel-sel melanocyte yang menghasilkan melanin. Melanin terdiri dari eumelanin dan pheomelanin dan, tergantung pada jumlah dan proporsi pigmen ini, seluruh spektrum warna rambut yang kita lihat akhirnya terbentuk.

Aktivitas melanin menurun seiring bertambahnya usia atau di bawah pengaruh proses yang terjadi di dalam tubuh. Saat melanin berhenti bekerjan. itulah saatnya uban mulai bertumbuh di akar. Proses berubah rambut sepenuhnya menjadi abu-abu dapat berlangsung hingga 10 tahun. Tenang saja, rambut tidak dapat berubah menjadi abu-abu seketika bahkan jika stres berat terjadi dalam kehidupan seseorang. Tekanan itu hanya bisa mempercepat prosesnya saja.

Kenapa rambut putih bisa muncul?

Ini Kata Ahli Tentang Rambut Beruban dan 4 Cara Ampuh Mengatasinyafloraremedia.com

Rambut putih bisa muncul karena beberapa alasan berikut ini:

  • alasan genetik. Kalau rambut anggota keluargamu banyak yang berubah keabu-abuan pada usia dini, maka kamu cenderung memiliki takdir yang sama;
  • masalah tiroid;
  • defisiensi vitamin B dan zat besi dalam darah;
  • konsumsi obat tertentu;
  • malnutrisi, serta konsumsi rutin produk tinggi gula, tepung, natrium glutamat, garam, dan pewarna;
  • merokok sehingga mencegah suplai oksigen ke sel-sel di rambut.

Bukan berarti rambut putih tidak dapat diminimalisir alias dikurangi ya, guys. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengurangi kemunculan rambut putih di kepalamu!

Baca Juga: Ternyata Ini 8 Penyebab Rambut Rontok yang Paling Sering Terjadi!

1. Ubah makananmu

Ini Kata Ahli Tentang Rambut Beruban dan 4 Cara Ampuh Mengatasinyagratenews.com

Ubah pola makanmu dan sertakan sayuran, buah-buahan, dan makanan yang kaya vitamin B12 (ikan dan makanan laut lainnya, susu, telur, ayam), B9 (beras, kacang merah, lentil), tembaga dan besi (kacang mete, hati, kacang almond ). Tidak hanya sejumlah besar protein dan vitamin membantu rambutmu, tetapi juga akan membantu tubuhmu tetap sehat.

2. Medical check up

Ini Kata Ahli Tentang Rambut Beruban dan 4 Cara Ampuh Mengatasinyacalmatters.org

Kalau kamu merasa memang rambutmu lebih cepat putih dan lebih banyak putih dibanding yang seharusnya, tidak ada salahnya untuk melakukan medical check up  terutama untuk mengecek dari tiroidmu Mereka bisa mendeteksi masalah yang bahkan tidak terlihat.

3. Pijat kepala

Ini Kata Ahli Tentang Rambut Beruban dan 4 Cara Ampuh Mengatasinyainstagram.com/jewellspraytanningandwellness

Pijat kepalamu secara rutin karena itu akan meningkatkan aliran darah ke folikel rambut dan memperbaiki asupan makanan mereka.

4. Pakai masker rambut secara regular

Ini Kata Ahli Tentang Rambut Beruban dan 4 Cara Ampuh Mengatasinyacoolansuncare.com

Masker rambut akan menyehatkan akar rambutmu. Kamu bisa mencampurkan 2 sendok makan minyak kelapa dan air perasan setengah butir lemon. Biarkan campuran selama 10 menit dan aplikasikan ke rambutmu dengan bantuan kapas sambil berfokus ke akar. Pijat kepalamu. Bilas setelah 10-15 menit

Punya rambut putih bukanlah sesuatu yang harus disembunyikan. Namun kalau kamu memang kurang percaya diri karenanya, kamu bisa mencoba cara-cara diatas. Usahakan jangan memberi warna pada rambut untuk menutup rambut putih ya, apalagi kalau kamu memberinya warna secara rutin. Membuat rambutmu tidak sehat.

Baca Juga: Ini 10 Tempat Tumbuhnya Rambut di Tubuh yang Sebenarnya Wajar Banget! 

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You