Comscore Tracker

Bisa Dicoba, 7 Cara Mudah dari Dokter untuk Menghindari Kerusakan Gigi

Lebih baik mencegah daripada mengobati

Konon katanya, sakit gigi adalah sakit yang kecil tapi rasa tidak nyamannya sangat menjadi-jadi. Satu gigi yang sakit bisa sampai membuat seluruh tubuh tidak nyaman. Menurut dokter gigi, sebenarnya tidak sulit kok menjaga kesehatan gigimu. Ini 7 tips dari dokter gigi yang bisa kamu ikuti!

1. Jangan berlebihan mengonsumsi gula

Bisa Dicoba, 7 Cara Mudah dari Dokter untuk Menghindari Kerusakan Gigiunsplash.com

Terlalu banyak gula bisa merusak gigimu. Ini bukan cuma gula yang kamu temukan dalam kue atau permen; ini termasuk gula yang kamu temukan dalam roti, kacang-kacangan, buah-buahan, bahkan kentang. Karena itu, cobalah untuk tidak makan makanan bergula secara berlebihan. Kalau kamu secara teratur suka menikmati soda atau permen karet, cobalah yang bebas gula, untuk membantu mengurangi konsumsi gulamu.

2. Jangan lupa sikat lidahmu

Bisa Dicoba, 7 Cara Mudah dari Dokter untuk Menghindari Kerusakan Gigidowelldental.com

Salah satu hal yang sering diabaikan banyak orang dan dianggap tidak penting. Gigi dan gusimu bukan satu-satunya hal yang bisa menampung bakteri, lidahmu juga bisa lho. Penting untuk menyikat lidahmu setiap kali kamu sikat gigi.

3. Perhatikan semua hal kecil tentang gigimu

Bisa Dicoba, 7 Cara Mudah dari Dokter untuk Menghindari Kerusakan Gigipexels.com/Silvia Trigo

Ketika berbicara soal kesehatan mulut, maka perhatikan hal-hal kecil yang seakan remeh. Kalau gusimu terlihat agak merah, jika air liurmu sedikit merah, atau kalau memiliki sedikit rasa sakit di mulutmu, jangan ragu untuk menghubungi dokter gigi. Ini semua adalah cara tubuhmu untuk memberi tahu kalau ada sesuatu yang salah.

Baca Juga: Selain Dalaman & Sikat Gigi, Jangan Pinjamkan 7 Barang Ini Ke Siapapun

4. Coba minum teh hijau atau teh hitam

Bisa Dicoba, 7 Cara Mudah dari Dokter untuk Menghindari Kerusakan Gigipexels.com/Pixabay

Teh hijau dan hitam sebenarnya bisa membantu gigimu lho. Tanaman Cameilla sinensis yang ditemukan dalam teh telah dicatat mampu membantu melindungi gigimu dari gigi berlubang. Trik ini dikatakan membantu bahkan setelah kamu makan permen.

5. Sikat gigi dua kali sehari

Bisa Dicoba, 7 Cara Mudah dari Dokter untuk Menghindari Kerusakan Gigipexels.com/PhotoMIX.LTD

Banyak orang mengetahuinya, tapi masih banyak orang juga yang tidak melakukan. Mungkin kamu rutin menyikat gigimu di pagi hari agar tidak bau mulut, tapi jangan lupa untuk sikat gigi di malam hari juga. Menyikat gigi di malam hari juga penting, karena berguna untuk menghilangkan penumpukan plak dan bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit periodontal. 

6. Namun jangan terlalu sering juga menyikat giginya ya

Bisa Dicoba, 7 Cara Mudah dari Dokter untuk Menghindari Kerusakan Gigipexels.com/Tookapic

Terlalu banyak dan sering ternyata juga tidak baik lho. Ini bahkan termasuk menyikat gigi. Menyikat gigi terlalu banyak lebih dari dua kali sehari bisa merusak enamel gigimu. Menyikat terlalu keras juga bisa menyebabkan masalah serupa. Bayangkan gigimu seperti sebuah kulit telur, terlalu keras bisa bikin pecah!

7. Konsumsi makanan yang menunjang kesehatan gigi

Bisa Dicoba, 7 Cara Mudah dari Dokter untuk Menghindari Kerusakan Gigipexels.com/Aphiwat chuangchoem

Ada lho makanan yang bisa mencegah gigi berlubang. Sebagian besar produk susu, termasuk keju, telah ditemukan bisa mengurangi plak dan bahkan menguatkan enamel. Apel, meskipun asam dan mengandung gula, memiliki satu hal positif tersembunyi: mereka meningkatkan produksi air liur, yang mengurangi tingkat bakteri.

Tips-tips simple di atas bisa menghidarkanmu dari suntikan jarum dokter gigi lho. Makanya, jangan malas merawat gigi ya!

Baca Juga: 7 Tanda Gigi Geraham Bungsu Bermasalah, Sudah Saatnya Segera Dicabut!

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You