Comscore Tracker

Matamu Sensitif? Tenang Saja, Ini 7 Cara Spesial untuk Menanganinya

Mata adalah indra yang paling krusial lho

Semua yang kita lihat membentuk 80 persen dari ingatan kita. Oleh karena itu, sangat penting untuk melindungi mata kita dan memastikan kita bisa melihat segala sesuatu di sekitar kita. Kita semua memiliki masalah dengan mata kita setidaknya sekali dalam hidup kita.

Masalah mata bisa tidak menyenangkan dan memiliki gejala seperti kemerahan, gatal, dan nyeri. Kalau kamu memiliki mata yang sensitif dan menderita gejala-gejala ini secara teratur, maka matamu perlu perawatan khusus. Ini 7 metode perawatan mata khusus yang bisa membantu meringankan ketidaknyamanan matamu.

1. Kebersihan mata

Matamu Sensitif? Tenang Saja, Ini 7 Cara Spesial untuk Menanganinyateerapornclinic.com

Pertama, kamu perlu memastikan kebersihan yang baik untuk matamu. Kamu tidak boleh menyentuh mereka dengan tangan kotor.

Secara teratur cuci dan keringkan handuk yang kamu pakai untuk mengelap daerah sekitar mata. Kalau memang kamu sudah merasa matamu adalah mata yang sensitif, siapkan handuk khusus untuk mengelap wajahmu setiap kamu sehabis mencuci muka dan hindari memakai handuk yang kamu pakai untuk mengeringkan seluruh badanmu.

2. Kacamata lebih aman dari softlens

Matamu Sensitif? Tenang Saja, Ini 7 Cara Spesial untuk Menanganinyaaliexpress.com

Softlens telah menjadi popular selama beberapa tahun belakangan ini. Tetapi kalau kamu memiliki mata yang sensitif, lebih baik kamu menggunakan kacamata daripada softlens. Kacamata tidak bersentuhan dengan matamu secara langsung dan tidak berisiko iritasi yang bisa diakibatkan oleh kebersihan softlens yang kurang terjaga.

3. Cuci muka dan peralatan make up secara teratur

Matamu Sensitif? Tenang Saja, Ini 7 Cara Spesial untuk Menanganinyalorealparisusa.com

Mata yang sensitif seharusnya tidak menghentikanmu untuk memakaikan make up di daerah mata. Cukup ikuti serangkaian langkah sederhana. Pastikan untuk membilas makeupmu sebelum tidur dan mencuci semua alat yang kamu gunakan untuk merias wajahmu secara teratur. Gunakan kosmetik hypoallergenic berkualitas dan jangan pinjamkan kepada orang lain.

Baca Juga: Ternyata 10 Kebiasaan Inilah yang Bisa Membuatmu "Mengenakan" Kacamata

4. Hindari membuat mata terlalu lelah

Matamu Sensitif? Tenang Saja, Ini 7 Cara Spesial untuk Menanganinyaunsplash.com/Lê Tân

Cobalah untuk tidak membaca dalam cahaya yang redup. Ini merugikan matamu dan membuatnya lelah. Membaca di kegelapan meningkatkan ketegangan otot mata yang akan mengarah pada peningkatan kepekaan dan membuatnya gatal. Karena itu, kamu harus membaca di ruangan yang cukup terang. Lebih baik tidak membaca di kendaraan yang bergerak karena ini juga bisa menyebabkan otot matamu menjadi tegang. 
 

5. Batasi penggunaan gadget

Matamu Sensitif? Tenang Saja, Ini 7 Cara Spesial untuk Menanganinyaunsplash.com/Maxwell Ridgeway

Penggunaan smartphone dan PC ataupun laptop secara konstan berdampak buruk pada kondisi mata. Kamu fokus pada satu layar untuk waktu yang lama, menajamkan matamu.

Baik matamu sensitif ataupun tidak, kamu perlu membatasi penggunaan perangkat digital ini sebanyak mungkin. Kamu juga bisa menggunakan kacamata komputer khusus yang anti radiasi dan sering mengistirahatkan mata setidaknya satu jam sekali.

6. Melindungi mata

Matamu Sensitif? Tenang Saja, Ini 7 Cara Spesial untuk Menanganinyaunsplash.com/Kinga Cichewicz

Kamu perlu menggunakan kacamata hitam untuk melindungi mata sensitif dari sinar ultraviolet. Kalau tidak, kamu berisiko mendapatkan mendapatkan mata yang terkena sunburns saat berada di luar untuk waktu yang lama, terutama selama musim panas. Lindungi juga matamu saat kamu sedang berada di luar rumah dan angin sedang berhembus kencang untuk menghindari masuknya debu-debu ke matamu.

7. Kompres mata

Matamu Sensitif? Tenang Saja, Ini 7 Cara Spesial untuk Menanganinyablackwhite-reviews.com

Kalau matamu memerah, kamu bisa membuat kompres. Pertama, coba dengan kompres hangat. Kalau tidak berhasil, maka buat kompres dingin.

Basahi handuk dengan air sesuai suhu yang kamu inginkan. Pastikan bahwa suhunya nyaman untukmu. Tempatkan kompres pada mata tertutup selama 10 menit.

Mata adalah indera yang sangat penting dan kalau kamu memang sudah merasa matamu jauh lebih sensitif daripada orang lain, jangan lupa dan jangan lalai untuk menjaganya ya.

Baca Juga: 7 Kondisi Mata Ini Bisa Menjelaskan Bagaimana Keadaan Kesehatanmu

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You