Comscore Tracker

Mitos Soal Permen Karet Tertelan, Ini yang Sebenarnya Terjadi di Tubuh

Sebenarnya tidak semenakutkan itu kok

Ketika kita masih kecil, banyak orang (termasuk orangtua) memperingatkan kita untuk tidak menelan permen karet. Beberapa dari kita mungkin pernah mendapatkan kebohongan-kebohongan yang mengerikan seperti: 'Permen itu akan menempel di perutmu selamanya!' atau 'Permen karet itu akan menyangkut di tenggorokanmu'. Nah, sudah waktunya untuk menghilangkan kebohongan itu dan mengetahui apa yang sebenarnya terjadi!

1. Pewarna dari permen karet di ekstrak di hati

Mitos Soal Permen Karet Tertelan, Ini yang Sebenarnya Terjadi di Tubuhpexels.com/gratisography

Saat permen karet kita sampai ke hati, hati kita langsung mengekstrak segala zat-zat asing seperti pewarna dan pengawet dari dalam permen karet yang tertelan. Ini berguna untuk menghindari tubuh kita dari reaksi alergi hingga keracunan makanan. 

2. Lambung memecah gula

Mitos Soal Permen Karet Tertelan, Ini yang Sebenarnya Terjadi di Tubuharditor.com

Setelah permen karet sampai di lambung, asam klorida yang dihasilkan oleh lambung bergegas memecah gula dan perasa yang ada di dalam permen karet. Asam klorida ini bisa dikenal dengan nama asam lambung. Asam lambung juga bisa membunuh kuman dan bakteri yang ikut masuk bersama makanan.

Baca Juga: Waduh, Ternyata Kunyah Permen Karet Dampaknya Cukup Berbahaya

3. Usus bekerja membuang permen karet dari tubuh

Mitos Soal Permen Karet Tertelan, Ini yang Sebenarnya Terjadi di Tubuhconfectionarynews.com

Setelah melewati lambung, permen karet akan kehilangan kelenturan karena asam lambung dan enzim-enzim pencernaan lainnya. Usus setelah itu melakukan tugasnya dengan membawa permen karet ini ke arah pembuangan dari tubuh kita.

4. Kapan kamu harus mulai waspada saat kamu tanpa sengaja menelan permen karet?

Mitos Soal Permen Karet Tertelan, Ini yang Sebenarnya Terjadi di Tubuhpexels.com/Moose Photos

Menelan permen karet seperti yang disebutkan di atas sebenarnya tidak seberbahaya yang ditakutkan sebelumnya. Namun, pada kasus-kasus tertentu ada orang yang memang alergi dengan zat-zat yang ada di dalam permen karet itu. Gejala-gejala yang timbul bisa seperti naiknya suhu tubuh hingga lebih dari 37.5 derajat celcius, tekanan darah meningkat di atas 130/80 hingga adanya rasa mual dan muntah. 

Walaupun begitu, kamu tetap harus menghindari untuk menelan permen karet karena pada dasarnya permen karet diciptakan untuk tidak ditelan. Banyak zat-zat dalam permen karet yang pada dasarnya berbahaya bagi tubuh

Baca Juga: Inovasi Mahasiswa Surabaya yang Keren, Ada Permen Karet Kulit Buah

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You