Comscore Tracker

Kurangilah 7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak Tulang Belakangmu

Cukup mengkhawatirkan, karena nomor 7 dilakukan semua orang

Masalah punggung menjadi lebih umum pada abad ke-21 dan biasanya disebabkan oleh gaya hidup dan dari memegang/melihat gadget baru. Mungkin ada banyak alasan untuk postur tubuh yang buruk dan rasa sakit yang kronis, tetapi para ilmuwan mengungkapkan penyebab yang sebenarnya berasalh dari diri kita sendiri.

Misalnya, apakah kamu tahu bahwa pekerjaanmu bisa menjadi penyebab utama sakit punggung kronis? Cek 7 penyebab di bawah ini.

1. Merokok

Kurangilah 7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak Tulang Belakangmufedhealth.co.za

Merokok adalah kebiasaan yang sangat berbahaya. Diantara semua dari bahaya merokok yang mungkin sudah kamu ketahui, salah satu bahaya lainnya adalah merokok bisa menyebabkan sakit punggung. Hal ini dikarenakan nikotin yang ada di dalam rokok bisa mengganggu aliran darah normal di sekitar sumsum tulang belakang.

2. Gangguan pada jam biologis tubuh

Kurangilah 7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak Tulang BelakangmuIN-Ingredients.com

Jam biologis tubuh atau yang sering disebut dengan ritme sirkadian yang terganggu bisa mempengaruhi kesehatan tulang belakang. Peneliti menemukan bahwa kondisi sel dalam interverterbral disks secara langsung bergantung pada seberapa stabil jam biologismu.

Menurut para ilmuan, ketika ritme sirkadian kita terganggu (karena usia, insomnia kronis, dan shift malam), sel-sel ini mulai berfungsi buruk yang mengarah ke peradangan kronis dan membuat tubuh lebih rentan terhadap rasa sakit di punggung bawah.Jadi, untuk memperlambat penuaan sumsum tulang belakang, kamu harus mengikuti jadwal biologis yang benar dan tidak membuatmu menjadi zombie di tengah hari.

3. Bekerja sambil berdiri

Kurangilah 7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak Tulang Belakangmuwhereyat.com

Kamu mungkin sudah sering mendengar bahwa terlalu banyak duduk itu berbahaya. Tetapi berdiri sepanjang waktu bisa sama berbahaya bagi kesehatanmu. Caramu berdiri bisa memiliki dampak besar pada kondisi leher, tulang belakang, dan bahumu.

Postur yang salah dapat memiliki konsekuensi yang mengerikan ketika berhubungan dengan sumsum tulang belakangmu, menyebabkan nyeri kronis dan kelengkungan yang serius. Karena itu seimbangkan waktu bekerjamu dengan duduk dan berdiri yang cukup. Jangan terlalu banyak dan juga jangan terlalu sedikit.

Baca Juga: Kenapa Manusia Gak Punya Tulang Penis? Ini Jawabannya!

4. Memakai sepatu yang salah

Kurangilah 7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak Tulang Belakangmucrownfootandankle.com

Sakit punggung bisa disebabkan oleh penggunaan sepatu yang tidak nyaman. Kurangi ketegangan pada kakimu dengan memilih sepatu yang lebih berkualitas.

Kalau kamu lebih memilih sepatu kets atau suka memakai sepatu bot saat cuaca dingin, kenakan kaus kaki untuk mengurangi gesekan dan ketidaknyamanan.

5. Tidak mendapatkan istirahat yang cukup

Kurangilah 7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak Tulang Belakangmuthestage.co.uk

Banyak dari kita tidak cukup memperhatikan tanda-tanda pertama yang mengkhawatirkan seperti sakit punggung yang hampir tidak terasa. Namun, sangat penting untuk beristirahat setiap kali kamu merasakan sedikit ketidaknyamanan di punggungmu.

Tentu saja, mungkin kamu tidak bisa selalu terus beristirahat hanya karena sebuah ketidaknyamanan di punggung. Tapi, berisitrahatlah saat kamu sudah punya waktu. Untuk mengurangi ketegangan ekstra pada ototmu, kamu juga bisa berbaring sambil mengangkat kaki.

6. Bekerja di bidang yang tidak disukai

Kurangilah 7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak Tulang Belakangmubusinessinsider.com

Para ilmuwan dari Australia telah membuktikan bahwa sakit punggung tersebar luas di antara orang-orang yang merasa tidak puas dengan pekerjaan mereka. Para peneliti tidak menemukan masalah fisiologis apa pun - rasa sakit itu murni psikologis.

7. Penggunaan smartphone

Kurangilah 7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak Tulang Belakangmuincimages.com

Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa membaca pesan teks sederhana bisa menambah hingga 20kg tekanan pada sumsum tulang belakang. Coba bayangkan: 20kg hanya karena kamu mengirim chat! Menggunakan ponsel setiap hari menyebabkan hilangnya kurva alami tulang belakang leher dan beban yang lebih berat di bagian belakang, terutama pada remaja.

Para ilmuwan menghitung bahwa orang menggunakan ponsel rata-rata 2-4 jam sehari yang berarti leher kita dibengkokkan selama 700 hingga 1.400 jam setahun. Ini berarti bahwa dalam waktu dekat, ahli bedah akan memiliki lebih banyak pasien - terutama remaja - karena postur yang salah secara konstan dapat menyebabkan kelengkungan tulang belakang yang serius dan kronis.

Jadi, pada titik tertentu, kamu akan menyadari bahwa kamu tidak dapat berdiri tegak - dan ini semua karena ponselmu! 
Tentu saja, kita tidak dapat berhenti menggunakan teknologi yang membuat hidup kita jauh lebih mudah. Tetapi kita setidaknya dapat memperhatikan bagaimana kita memposisikan tubuh kita. Setidaknya yang dapat dilakukan adalah mengontrol posturmu saat menggunakan ponsel. Punggungmu akan sangat berterima kasih.

Apakah kamu sering mengalami sakit punggung? Bisa jadi kamu tanpa sadar melakukan kebiasaan-kebiasaan diatas. Coba perbaiki kebiasaanmu dan miliki tulang punggung yang bebas dari sakit.

Baca Juga: Merasa Semakin Lemah? Ini 7 Tips Agar Tulangmu Tetap Sehat dan Kuat

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya