Comscore Tracker

7 Hal yang Gak Boleh Dilakukan Kalau Kulitmu Menderita Eksim, Ingat Ya

Bisa-bisa malah makin parah lho

Berasal dari bahasa Yunani, kata "eksim" diterjemahkan menjadi sesuatu seperti "mendidih." Dan siapa pun yang menderita dermatitis atopik — bentuk eksim yang paling umum — mungkin bisa paham mengapa.

Gejala-gejalanya sering muncul sebagai merah-merah di kulit, ruam gatal di lengan dan kaki, dan kadang-kadang dapat menyebabkan luka terbuka atau menyerupai kulit bersisik. Agar tidak bertambah parah, ini 7 hal yang tidak boleh kamu lakukan saat kamu sedang menderita eksim.

1. Berendam terlalu lama

7 Hal yang Gak Boleh Dilakukan Kalau Kulitmu Menderita Eksim, Ingat Yapexels.com/Henley Design Studio

Berendam lama di bak mandi mungkin terdengar nyaman. Namun kalau kamu menderita dermatitis atopik, menghabiskan terlalu lama di bak mandi bisa membuat kulitmu terasa gatal dan merah.

Gunakan juga air yang tidak terlalu panas, tidak terlalu dingin, tetapi medium yang suam-suam kuku. Idealnya, kamu juga harus membatasi waktu berendammu tidak lebih dari 15 menit sehari.

2. Memakai sweater dari wool

7 Hal yang Gak Boleh Dilakukan Kalau Kulitmu Menderita Eksim, Ingat Yapexels.com/rawpixel.com

Jenis tekstur kasar, seperti wol atau serat sintetis tertentu, bisa mengiritasi kulitmu. Pilihlah pakaian katun yang lembut dengan potongan yang lebih longgar, yang tidak akan bergesekan dengan kulitmu.

Kamu juga harus mencuci pakaian baru yang kamu beli sebelum memakainya. Beberapa mengandung pewarna yang membuat kainnya tampak lebih bagus di toko, tetapi dapat memicu reaksi pada kulitmu.

3. Memakai deterjen yang mengandung pewangi

7 Hal yang Gak Boleh Dilakukan Kalau Kulitmu Menderita Eksim, Ingat Yapexels.com/Skitterphoto

Usahakan untuk menghindari deterjen yang mengandung pewangi karena bisa memicu reaksi pada kulitmu yang sensitif. Pilihlah produk yang paling natural, bebas pewangi maupun pemutih untuk meminimalisir reaksi dengan kulitmu.

Baca Juga: 6 Efek Bahaya Sinar Matahari bagi Tubuhmu, Gak Cuma Bikin Kulit Gelap!

4. Menggaruk kulit

7 Hal yang Gak Boleh Dilakukan Kalau Kulitmu Menderita Eksim, Ingat Yasource.wustl.edu

Memang eksim akan membuat kulitmu terasa sangat gatal tapi sangat-sangat hindari untuk menggaruknya. Menggaruk hanya akan membuat kulitmu semakin terluka.

Carilah pelembap maupun bedak untuk kulit yang sedang gatal untuk mengurangi tingkat kegatalannya. Selalu potong juga kuku-kuku di jari tanganmu agar saat sesekali kamu tidak tahan dan akhirnya menggaruknya, luka yang ditimbulkan tidak terlalu parah.

5. Berada di tempat yang terlalu panas, atau terlalu dingin.

7 Hal yang Gak Boleh Dilakukan Kalau Kulitmu Menderita Eksim, Ingat Yapexels.com/Kristin Vogt

Untuk kamu yang menderita eksim, berkeringat bisa menyebabkan iritasi pada kulitmu karena itu hindari berada di tempat yang terlalu panas. Namun, tempat yang terlalu dingin juga tidak baik karena bisa menyebabkan kekeringan di kulitmu dan gatal.

6. Tidak memakai pelembab

7 Hal yang Gak Boleh Dilakukan Kalau Kulitmu Menderita Eksim, Ingat Yapexels.com/Moose Photos

Untuk menghindari reaksi di kulitmu, kamu harus melakukan lebih dari sekadar menghindari produk tertentu. Kamu juga harus melembabkan kulitmu setidaknya dua kali sehari untuk mencegahnya menjadi terlalu kering atau pecah-pecah.

Carilah losion ringan dan bebas wangi atau kamu juga bisa menggunakan petroleum jelly. Jangan lupa untuk mengetes losion baru di sebagian kecil kulitmu sebelum memakaikannya ke seluruh tubuh.

7. Menggunakan sabun yang memiliki wangi-wangian

7 Hal yang Gak Boleh Dilakukan Kalau Kulitmu Menderita Eksim, Ingat Yapexels.com/Burst

Sama seperti deterjen, kamu juga harus menghindari menggunakan sabun yang memiliki wangi-wangian baik untuk mandi maupun hanya sekedar cuci tangan. Pakailah sabun yang paling polos, paling biasa dan paling natural.

Memang tidak mudah untuk menjaga kulitmu yang sedang menderita eksim, tapi hal-hal di atas harus kamu lakukan agar gejalanya tidak memburuk. 

Baca Juga: 6 Gejala yang Menunjukkan Kamu Menderita GERD, Penyakit Paling Umum

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You