Comscore Tracker

7 Tanda Tubuhmu Kekurangan Magnesium, Perhatikan dan Cukupkan Segera

Bahaya banget lho

Mungkin bisa jadi kamu kurang mengenalnya, tapi magnesium adalah salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Magnesium bisa kamu dapat dari alpukat, pisang, kacang-kacangan dan banyak makanan lainnya. Saat kamu kekurangan magnesium, tubuhmu akan menunjukkan gejala-gejala seperti di bawah ini.

1. Terus ingin makan yang manis-manis

7 Tanda Tubuhmu Kekurangan Magnesium, Perhatikan dan Cukupkan Segeraunsplash.com/rawpixel

Keinginan untuk terus makan sesuatu yang manis menunjukkan bahwa ada kekurangan mineral tertentu dalam tubuh, khususnya magnesium. Kamu yang sudah berencana diet tentunya akan semakin berat kalau ngidam makanan manis ini terus muncul bukan.

2. Otot pegal dan kram

7 Tanda Tubuhmu Kekurangan Magnesium, Perhatikan dan Cukupkan Segerareachyours.com

Kram otot dan pegal bisa sangat tidak nyaman. Kalau kamu sering merasakannya secara teratur, itu bisa menjadi tanda kalau kadar magnesium dalam tubuhmu rendah. Magnesium serta vitamin D, E dan B bisa membantu mencegah terjadinya kram otot. Jadi kunjungi doktermu untuk memeriksa kadar vitamin dan pastikan kamu mendapatkan dosis harian yang cukup.

3. Insomnia

7 Tanda Tubuhmu Kekurangan Magnesium, Perhatikan dan Cukupkan Segeraunsplash.com/Kinga Cichewicz

Kekurangan magnesium bisa menyebabkan insomnia. Hal ini dikarenakan magnesium memiliki peran besar atas fungsi yang dinamakan 'relaksasi otak'. Relaksasi otak adalah kemampuan otak yang membantu kita untuk rileks dan tertidur dengan tenang.

Baca Juga: Ingatlah 6 Tanda di Tubuh Ini Bahwa Sebenarnya Kamu Kekurangan Nutrisi

4. Penyakit tulang

7 Tanda Tubuhmu Kekurangan Magnesium, Perhatikan dan Cukupkan Segeraunsplash.com/Joyce McCon

Kurangnya kadar magnesium dalam tubuh bisa membawa masalah bagi tulangmu. Kurang magnesium membuat tulangmu rentan retak hingga patah. Hal ini karena kekurangan magnesium menyebabkan turunnya kadar kalsium dalam darah yang akhirnya membuat tulang menjadi rapuh.

5. Stres

7 Tanda Tubuhmu Kekurangan Magnesium, Perhatikan dan Cukupkan Segeraunsplash.com/Kevin Grieve

Magnesium adalah elemen yang penting untuk membangun sistem saraf yang kuat. Elemen ini bertanggung jawab untuk relaksasi. Dengan kurangnya magnesium dalam tubuh, seseorang bisa merasakan kecemasan dan stres tanpa sebab. Akhirnya risiko depresi meningkat secara signifikan.

6. Konstipasi

7 Tanda Tubuhmu Kekurangan Magnesium, Perhatikan dan Cukupkan Segerahomebase.com

Ada banyak alasan mengapa kamu mungkin mengalami konstipasi, mulai dari stres hingga kurangnya konsumsi serat. Magnesium memiliki efek relaksasi di banyak bagian dalam tubuh, termasuk saluran pencernaan. Karena kurangnya mineral ini, fungsi usus tidak berfungsi dengan baik yang mengarah ke sembelit.

7. Kelelahan

7 Tanda Tubuhmu Kekurangan Magnesium, Perhatikan dan Cukupkan Segeraunsplash.com/Kirstin 24K

Magnesium diperlukan dalam tubuh untuk menciptakan energi dalam sel. Tanpa magnesium, kamu tidak akan memiliki cukup energi pada tingkat sel. Ini akhirnya berakhir sebagai kelelahan, energi yang rendah dan kurangnya mobilitas.

Apakah kamu mengalami gejala-gejala di atas? Kalau kamu enggan untuk menemui dokter, coba konsumsi makanan yang mengandung banyak magnesium untuk mengeceknya. Bisa jadi ternyata masalahnya hanya karena kamu kurang makan pisang!

Baca Juga: Ingatlah 5 Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil yang Gak Boleh Terlewatkan

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya