Comscore Tracker

Sering Dikira Mentimun, Ini 5 Manfaat Sehat Konsumsi Zukini

Tak kalah enak dan segar, nutrisinya pun banyak!

Zukini (zucchini atau courgette) adalah sejenis labu kecil yang termasuk dalam keluarga Cucurbitaceae, bersama melon dan mentimun. Sekilas, zukini mirip mentimun karena memiliki bentuk lonjong panjang dan warna hijau. Namun, sebetulnya tak hanya hijau, zukini punya variasi warna dari kuning hingga hijau tua.

Rasanya yang lezat dan sering dijadikan berbagai masakan, zukini kaya akan nutrisi seperti vitamin, mineral, serat, antioksidan, serta rendah kalori. Berbagai kandungan nutrisi itulah yang membuat zukini memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh.  Apa saja manfaatnya? Berikut ini penjelasannya.

1. Membantu melancarkan pencernaan

Sering Dikira Mentimun, Ini 5 Manfaat Sehat Konsumsi Zukiniunsplash/Louis Hansel @shotsoflouis

Melansir Healthline, di dalam zukini terkandung lebih dari 90 persen air. Tingginya kadar air dalam sayuran yang satu ini bisa membantu melancarkan buang air besar, sehingga mengurangi risiko konstipasi.

Selain itu, kandungan serat larut dari zukini memberikan manfaat bagi bakteri baik yang ada di dalam usus. Bakteri baik ini menghasilkan asam lemak rantai pendek yang menyehatkan sel-sel usus.

2. Menurunkan kadar gula darah

Sering Dikira Mentimun, Ini 5 Manfaat Sehat Konsumsi Zukinipexels.com/Karolina Grabowska

Satu cangkir atau 223 gram zukini yang sudah dimasak mengandung sekitar 3 gram karbohidrat. Oleh sebab itu, zukini bisa dijadikan makanan alternatif rendah karbohidrat. Kamu bisa menyerutnya tipis-tipis menyerupai mi atau spageti. Berdasarkan beberapa penelitian, diet rendah karbohidrat dapat membantu menurunkan kadar gula darah secara signifikan.

Serat dalam zukini bisa meningkatkan sensitivitas insulin yang juga membantu menstabilkan kadar gula darah. Mengutip sebuah ulasan ilmiah dalam Journal of Diabetes Investigation tahun 2016, serat pangan dikaitkan dengan sensitivitas insulin.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung serat juga dapat meningkatkan rasa kenyang, sehingga mengurangi asupan makanan berlebih. Hal ini bisa mencegah terjadinya obesitas yang merupakan salah satu faktor risiko diabetes tipe 2.

Baca Juga: 7 Manfaat Penting Kesehatan dari Meminum Air Mentimun

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Sering Dikira Mentimun, Ini 5 Manfaat Sehat Konsumsi Zukinipexels/Angele J

Salah satu jenis serat dalam zukini, yaitu pektin, diketahui bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL). Jika kadar LDL ini tinggi, maka bisa meningkatkan risiko timbulnya penyakit jantung.

Zukini juga kaya akan kalium, yang dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi dengan melebarkan pembuluh darah. Berdasarkan sebuah laporan dalam jurnal Nutrients tahun 2016, meningkatkan asupan kalium memiliki potensi untuk menurunkan hipertensi yang menjadi faktor risiko penyakit jantung dan stroke.

4. Menjaga kesehatan mata

Sering Dikira Mentimun, Ini 5 Manfaat Sehat Konsumsi ZukiniIlustrasi mata (IDN Times/Arief Rahmat)

Di dalam zukini terkandung vitamin A, vitamin C, dan beta-karoten yang baik untuk kesehatan mata. Tidak hanya itu, terdapat pula kandungan antioksidan lutein dan zeaksantin yang bisa meningkatkan penglihatan dan mengurangi risiko penyakit mata terkait penuaan.

Menurut sebuah studi dalam Annual Review of Nutrition tahun 2016, lutein dan zeaksantin dapat melindungi mata dari perkembangan degenerasi makula terkait usia (AMD) yang bisa menyebabkan kebutaan pada orang berusia lanjut dan juga menurunkan risiko katarak.

5. Membantu menurunkan berat badan

Sering Dikira Mentimun, Ini 5 Manfaat Sehat Konsumsi Zukinipexels.com/Ketut Subiyanto

Cocok untuk teman diet, konsumsi zukini dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, zukini memiliki kandungan kalori yang cukup rendah. Di samping itu, serat dalam zukini juga bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga dapat mengurangi rasa lapar.

Itulah beragam manfaat kesehatan yang bisa didapat dari zukini. Baik untuk kesehatan, tidak ada salahnya untuk mulai mengonsumsinya secara rutin. Namun, tetap diimbangi dengan variasi makanan sehat lainnya. Optimalkan juga dengan olahraga rutin, ya!

Baca Juga: Mau Tulangmu Sehat? Selain Kalsium, Penuhi Juga 6 Nutrisi Ini

Rifa Photo Verified Writer Rifa

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya