Comscore Tracker

Sudah Benarkah Caramu Mengelola Sampah? Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan

Mengelola sampah itu mudah kok!

Sampah dapat menjadi masalah besar jika kita tidak tahu cara mengelolanya dengan benar. Jika ada sampah berserakan dan menumpuk di dalam rumah atau lingkungan sekitarmu, bukan tidak mungkin dapat memicu penyakit.

Cermat dalam mengelola sampah merupakan salah satu langkah mudah untuk menjaga kesehatan keluarga dan kebersihan lingkungan rumah. Berikut 5 tips mengelola sampah yang dapat diterapkan agar rumah terlihat bersih.

1. Pakaikan kantong plastik di tempat sampahmu

Sudah Benarkah Caramu Mengelola Sampah? Ini 5 Hal yang Harus Dilakukancen.acs.org

Untuk mengatasi sampah yang berserakan, pasangkan plastik di tempat sampahmu. Hal ini akan mencegah sampahmu berserakan di rumah. Selain itu, juga mencegah timbulnya sarang penyakit. Namun, hati-hati saat mengeluarkan kantong plastik dari tempat sampah. Jangan sampai sobek, ya, agar sampah tidak tercecer ke mana-mana.

2. Jangan biarkan sampahmu menumpuk

Sudah Benarkah Caramu Mengelola Sampah? Ini 5 Hal yang Harus Dilakukannytimes.com

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Malas tidak akan menyelesaikan masalah" bukan? Nah, hal ini juga berlaku untuk pengelolaan sampah lho. Terlalu lama menimbun sampah dapat membuat kotoran menumpuk dan tercecer di rumahmu.

Baca Juga: Gimana Cara Mendaur Ulang Sampah Plastik Kemasan? Ini Inovasi Unilever

3. Rajin bedakan sampah organik dan anorganik

Sudah Benarkah Caramu Mengelola Sampah? Ini 5 Hal yang Harus Dilakukandiskes.baliprov.go.id

Apa perbedaan sampah organik dan anorganik? Sampah organik merupakan sampah dari sisa makanan atau daun yang dapat terurai. Sementara, sampah anorganik dikategorikan sebagai plastik, karet, kaca, kaleng, atau sejenisnya yang tidak dapat atau tidak mudah terurai.

Untuk itu, siapkan dua jenis tempat sampah, yaitu untuk organik dan anorganik. Nah, cara ini ampuh untuk mengelola sampah. Selain itu, cara ini juga akan membantu petugas kebersihan dalam mengelola sampah ke tahap berikutnya.

4. Biasakan mencuci tempat sampah

Sudah Benarkah Caramu Mengelola Sampah? Ini 5 Hal yang Harus DilakukanANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Meskipun tempat sampah terlindungi oleh pemakaian plastik atau sejenisnya, kamu harus tetap rajin mencucinya lho! Mencuci tempat sampah penting untuk meminimalkan kandungan kuman di tempat sampah. Sehingga, kesehatan akan tetap terjaga.

5. Lakukan langkah 3R (Reduce, Reuse, Recycle)

Sudah Benarkah Caramu Mengelola Sampah? Ini 5 Hal yang Harus Dilakukanpixabay.com/andrealops

Mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang sampah dapat menjadi langkah selanjutnya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rumah. Sempatkan untuk melakukan ketiga hal tersebut ya!

Mengelola sampah tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan menghindari penyakit saja, melainkan juga untuk menjaga kebersihan dan tampilan rumah agar tetap rapi. Ternyata, mengelola sampah bukan perkara yang sulit bukan?

Baca Juga: 5 Pertanyaan Ini Bikin Kamu Makin Yakin untuk Kurangi Sampah Plastik

Rifqi WIsnu Photo Writer Rifqi WIsnu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya