6 Tips yang Bikin Puasa Gak Batal Meski Kamu Berenang

#RamadanMasaKini Berenang di bulan puasa? Siapa takut!

Berenang adalah salah satu olahraga yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Baik itu berenang di laut atau di kolam renang. Selama melakukannya secara teratur, tubuh akan merasakan manfaat luar biasa. Untuk diketahui, berenang selama 30 menit terbukti mampu membakar 360 kalori untuk wanita dan 420 kalori untuk pria.

Berenang juga bisa membuat pikiran lebih tenang. Karena, sensasi air yang dirasakan oleh tubuh menimbulkan efek bahagia. Selain menyenangkan, berenang juga merupakan olahraga yang cocok untuk penderita nyeri sendi, karena air akan menopang tubuh. Olahraga air ini juga baik untuk kesehatan jantung, paru-paru, penderita asma dan membantu tidur lebih baik.

Namun, jika berenang ketika berpuasa harus menjaga supaya air nggak masuk ke tubuh. Jika sampai masuk itu merupakan masalah, karena akan membuat puasa menjadi batal. Maka dari itu, perlu melakukan renang secara proporsional dan tetap berkomitmen pada puasa. Bagaimana caranya? Ikuti 6 tips berikut ini, yuk!

1. Siap sedia penyumbat telinga

6 Tips yang Bikin Puasa Gak Batal Meski Kamu Berenangaccuweather.brightspotcdn.com

Penyumbat telinga berfungsi untuk mencegah air memasuki saluran telinga ketika berenang. Sehingga, memudahkan dan memberikan kenyamanan ketika berenang. Dengan menggunakan alat ini, juga meminimalkan kemungkinan terkena infeksi telinga eksternal atau yang biasa disebut swimmer's ear.

2. Gunakan klip hidung

6 Tips yang Bikin Puasa Gak Batal Meski Kamu Berenangamazon.co.uk

Klip atau penjepit hidung memiliki fungsi yang sama dengan penyumbat telinga, yaitu untuk mencegah air masuk. Namun, alat ini mencegah air untuk masuk ke hidung ketika berenang. Selain itu, penjepit hidung ini juga berfungsi supaya terhindar dari mikroba kecil yang hidup di kolam masuk ke dalam hidung.

3. Kacamata renangnya jangan lupa dipakai

6 Tips yang Bikin Puasa Gak Batal Meski Kamu Berenangelthamleisurecentre.com.au

Untuk diketahui, kolam renang biasanya mengandung bahan kimia dan klorin tingkat tinggi. Supaya bebas dari iritasi mata, kacamata sangat diperlukan untuk digunakan. Selain itu, pandangan ketika di dalam air juga lebih jelas.

Baca Juga: 7 Tips Aman Berenang Saat Sedang Menstruasi

4. Belum lancar berenang? Pakai pelampung

6 Tips yang Bikin Puasa Gak Batal Meski Kamu Berenangvideoblocks.com

Jangan maksa jika belum lancar berenangnya, lebih baik menggunakan pelampung. Karena, Pelampung dapat membantu tubuh mengapung ketika berenang. Hal ini untuk mencegah tenggelam yang menyebabkan air kolam terminum dan mengakibatkan puasanya batal. Bentuk pelampung bisa bermacam-macam, seperti papan, rompi atau pelampung yang diletakkan di kedua lengan atau kaki.

5. Pakai topi renang, biar rambut nggak rusak

6 Tips yang Bikin Puasa Gak Batal Meski Kamu Berenangfotoagent.dk

Pelindung atau topi renang, juga alat yang bisa digunakan ketika berenang. Topi renang berfungsi untuk menjaga rambut nggak menutupi wajah ketika berenang dan juga melindungi rambut dari kerusakan. Jadi, aktivitas renangmu bisa maksimal tanpa ada gangguan.

6. Lakukan pada sore hari

6 Tips yang Bikin Puasa Gak Batal Meski Kamu Berenangblogunik.com

Kenapa di sore hari? Karena, jika dilakukan pagi atau siang hari, perut akan merasa lapar meskipun tubuh nggak mengalami dehidrasi. Rasa lapar ini timbul, karena kalori yang dibakar cukup banyak. Maka dari itu, lakukanlah pada sore hari sebelum berbuka puasa. Sehingga, setelah berenang bisa segera memenuhi kebutuhan kalori tubuh dengan berbuka.

Selamat mencoba dan tetap semangat puasa.

Baca Juga: 7 Pantai dengan Ombak yang Tenang di Malang, Aman untuk Berenang!

Riyan Sumarno Photo Community Writer Riyan Sumarno

♐ Bermimpi, Bergegas, Berusaha, Berdoa dan Sukses!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You