Comscore Tracker

5 Hobi yang Menyehatkan untuk Jantung, Yuk Dicoba!

Tubuh tetap aktif, pikiran relaks, jantung pun sehat

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) dari Kementerian Kesehatan RI tahun 2018, angka kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Sekitar 15 dari 1.000 orang, atau hampir 4 juta orang di Indonesia menderita penyakit jantung.

Ancaman penyakit jantung memang tak main-main. Kabar baiknya, walaupun banyak menyebabkan korban jiwa, tetapi penyakit ini bisa dicegah sedini mungkin dengan pola hidup sehat. Bahkan, kegiatan sesederhana hobi juga bisa mendukung kesehatan jantung, lho.

Apa saja hobi yang memiliki manfaat kesehatan buat jantung? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

1. Bersepeda

5 Hobi yang Menyehatkan untuk Jantung, Yuk Dicoba!Warga bersepeda di kawasan BSD City, Tangerang, Banten (28/6/2020) (IDN Times/Herka Yanis)

Meskipun bersepeda lebih merupakan olahraga, tetapi ini bisa dijadikan hobi. Tak harus bersepeda jauh, kamu bisa bersepeda santai di sekitar lingkungan permukiman rumah selama 30 menit.

Melansir Ubiquinol, menurut American Heart Association (AHA), orang dewasa disarankan untuk berolahraga antara 75-150 menit setiap minggunya. Maka dari itu, mencari hobi yang sekaligus bisa membuat tubuh aktif bergerak akan sangat baik untuk jantungmu. Nah, sepeda adalah salah satunya.

Sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui manfaat bersepeda terhadap kesehatan jantung. Berdasarkan keterangan di laman UPMC Pinnacle, berikut ini adalah manfaat bersepeda untuk sistem jantung (kardiovaskular) bila dilakukan dengan benar:

  • Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke, hipertensi, dan serangan jantung.
  • Memperkuat otot jantung, menurunkan detak jantung saat istirahat (resting heart rate) dan menurunkan kadar lemak dalam darah.
  • Menurunkan berat badan.
  • Memperbaiki fungsi paru-paru.
  • Mengurangi risiko diabetes dengan cara meningkatkan sensitivitas insulin terhadap tubuh.

2. Berkebun

5 Hobi yang Menyehatkan untuk Jantung, Yuk Dicoba!pixabay.com/Free-Photos

Hobi yang juga baik untuk jantung adalah berkebun. Menurut sebuah penelitian dalam British Journal of Sports Medicine tahun 2013, adanya tempat di rumah untuk kamu bisa berkebun bisa mengurangi risiko serangan jantung atau stroke dan memperpanjang usia hidup sekitar 30 persen di antara kelompok usia 60 tahun ke atas.

Aktivitas berkebun sama baiknya dengan olahraga, yang mana ideal khususnya untuk lansia yang tak bisa berolahraga sesering saat muda, kata peneliti melansir Science Direct

Temuan tersebut didasarkan pada penelitian terhadap 4.000 partisipan berusia 60-an tahun di Stockholm, Swedia, yang kesehatan jantungnya dipantau selama sekitar 12,5 tahun.

Berkebun sangat baik untuk kamu yang butuh aktivitas yang tidak terlalu berat. Tentunya ini juga bisa menyegarkan mata melihat tanaman tumbuh subur, membuatmu relaks.

3. Memasak

5 Hobi yang Menyehatkan untuk Jantung, Yuk Dicoba!pexels.com/cottonbro

Kabar baik, nih, untuk kamu yang gemar memasak! Layaknya berkebun, memasak adalah aktivitas lainnya yang butuh gerak fisik intens. Entah kamu baru belajar memasak atau memasak sudah menjadi rutinitas, memasak bisa menjadi tantangan yang menyenangkan.

Kamu juga ikut kelas memasak atau sesedehana mengikuti video tutorial yang banyak tersedia di internet. Masak hidangan sehat adalah salah satu cara untuk mendukung kesehatan tubuhmu secara keseluruhan. Resep makanan sehat pun sudah sangat mudah dicari!
  
Selama memasak, Kamu akan dipaksa untuk berdiri dan berjalan, serta melakukan gerakan dinamis lainnya. Otot lengan dan tangan juga akan terlatih ketika mengocok telur, menumis, atau menguleni adonan kue. Tubuh pun jadi bergerak aktif.

4. Pelihara hewan

5 Hobi yang Menyehatkan untuk Jantung, Yuk Dicoba!pexels.com/Burst

Memelihara hewan bisa bermanfaat bagi pemiliknya (juga bagi sang hewan). Melansir Harvard Health Publishingtekanan darah akan lebih normal bila memiliki hewan peliharaan. Ini karena hewan peliharaan bisa memberi ketenangan dan punya efek relaksasi, yang disebut sebagai pet effect yang didapat lewat sentuhan, kontak, atau interaksi dengan hewan peliharaan.

Tak hanya itu, hewan juga bisa membuat pemiliknya lebih banyak beraktivitas secara fisik. Misalnya saat kamu membawa anjing berjalan-jalan di lingkungan rumah. 
  
Selain itu, menurut sebuah laporan yang dilakukan oleh National Institutes of Health, memelihara hewan bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Tak cuma itu, ada pula bukti penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung.

Berdasarkan keterangan di laman AHA, berikut ini beberapa tips agar bisa lebih aktif bersama hewan peliharaanmu.

  • Piknik bersama, misalnya membawanya ke tempat yang lapang seperti ke taman, pantai, pegunungan.
  • Berenang bersama. Kamu bisa berenang bersama anjing peliharaanmu di pantai atau kolam renang khusus untuk hewan.
  • Jalan-jalan, bisa dilakukan secara rutin sebanyak 2-4 kali dalam seminggu. Kamu juga bisa mengajak anggota keluarga lain.
  • Biarkan hewan peliharaan berinteraksi dengan hewan lainnya. Kamu bisa membawanya ke komunitas hewan, atau membawanya ke klinik hewan untuk pemeriksaan rutin. Ini pun akan menambah relasi pemiliknya.
  • Olahraga bersama. Misalnya mengajak kucing atau anjing bermain dengan mainannya, main lempar tongkat dengan anjing di taman, dan sebagainya.

5. Seks

5 Hobi yang Menyehatkan untuk Jantung, Yuk Dicoba!Ilustrasi Seks (IDN Times/Arief Rahmat)

Di luar hobi, seks adalah kegiatan yang menyenangkan dan memuaskan. Melansir WebMD, sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Cardiology menemukan seks baik untuk kesehatan jantung. Partisipan studi adalah laki-laki.

Tim peneliti mengatakan bahwa laki-laki dengan frekuensi aktivitas seksualnya rendah mengalami peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

Lelaki yang melaporkan aktivitas seksual sebanyak sekali dalam sebulan atau kurang memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami penyakit kardiovaskular ketimbang lelaki yang berhubungan seks sebanyak dua kali dalam seminggu atau lebih.

Apakah satu atau beberapa kegiatan di atas adalah hobimu? Bila tidak, tak ada salahnya untuk mencobanya. Yang tak kalah penting, terapkan pola makan sehat, olahraga teratur, tidur cukup, kelola stres dengan baik, dan jauhi kebiasaan buruk seperti rokok dan alkohol untuk mencegah risiko penyakit jantung dan berbagai penyakit lainnya di kemudian hari.

Baca Juga: 'Pet Effect', Ini 9 Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan

Rizky Kusumo Photo Verified Writer Rizky Kusumo

Sedang menjajaki karir sebagai penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya