Comscore Tracker

Yuk, Ketahui 5 Efek Hustle Culture untuk Kesehatanmu 

Ketika tubuh sudah meminta untuk istirahat  

Apakah kamu adalah orang yang selalu ingin produktif? Jika iya, terkadang hal tersebut membuat kamu terburu-buru untuk menyelesaikan suatu pekerjaan agar bisa mengerjakan hal lainnya dan bisa mempengaruhi kondisi kesehatan.

Sejak pandemi dan berlakunya Work From Home (WFH), orang bisa melakukan beberapa hal dalam satu waktu, misalnya melakukan beberapa meeting sekaligus di saat bersamaan. Sanggup multitasking adalah hal baik, namun, apabila kamu berusaha untuk bisa mendapatkan pencapaian seperti orang lain dan mengorbankan waktu istirahat, kamu perlu mencoba untuk mengistirahatkan diri dan pikiranmu sejenak.

Dilansir dari jurnal Workaholism, Exercise, and Stress-Related Illness yang ditulis oleh Shahnaz Aziz, Karl L. Wuensch, dan Christopher Duffrin,  ada beberapa efek yang bisa mempengaruhi kesehatanmu jika kamu workaholic dan menerapkan hustle culture. Yuk, simak penjelasannya supaya kamu mulai sadar akan kesehatanmu!

1. Kolesterol

Yuk, Ketahui 5 Efek Hustle Culture untuk Kesehatanmu ilustrasi overeating (thehealthy.com)

Terlalu banyak kerja agar selalu produktif bisa memicu lapar karena banyaknya energi yang dikeluarkan sehingga kamu memiliki keinginan untuk makan terus-menerus. Bisa saja kamu tidak sadar jika sudah mengonsumsi banyak makanan karena terlalu sibuk bekerja.

Apakah kamu sering membeli kopi dan makanan manis untuk dijadikan cemilan saat kerja? Jika iya, kamu harus segera berhenti dan mulai mengkonsumsi makanan sehat karena jika terlalu sering mengkonsumsi sesuatu yang manis berlebihan dan dalam jumlah yang banyak, kamu bisa terkena kolestrol.

Baca Juga: [QUIZ] Kami Tahu Pesan Terbaik untuk Memotivasi Kamu yang Menerapkan Hustle Culture

2. Keadaan mental yang buruk

Yuk, Ketahui 5 Efek Hustle Culture untuk Kesehatanmu ilustrasi stres (clearreview.com)

Mengerjakan hal yang banyak dalam satu waktu yang bersamaan bisa membuat kamu menjadi lelah. Selain tubuhmu bisa menjadi tidak sehat, pikiranmu juga bisa terkena efeknya.

Tugas yang beragam bisa membuat pikiranmu menjadi terbagi dan kamu selalu berpacu dengan waktu sehingga bisa memicu stres. Apabila hal ini sering terjadi, keadaan mentalmu bisa menjadi buruk. Jangan sampai kamu mengalami hal ini ya!

3. Darah tinggi

Yuk, Ketahui 5 Efek Hustle Culture untuk Kesehatanmu ilustrasi darah tinggi (diabetes.co.uk)

Beragam tugas yang harus diselesaikan bisa membuat orang cenderung sensitif. Banyak pikiran bisa membuat kamu mengalami sakit kepala.

Hal tersebut bisa membuat kamu terkena darah tinggi apabila sangat stres yang bisa dipicu karena banyaknya kegiatan dan pekerjaan. Ada baiknya kamu berhenti sebentar dan kembali melanjutkan pekerjaan jika dirimu sudah cukup beristirahat.

4. Penyakit jantung

Yuk, Ketahui 5 Efek Hustle Culture untuk Kesehatanmu ilustrasi penyakit jantung (thestar.com)

Bekerja dari rumah membuat sebagian orang lupa dengan waktu. Hal ini bisa mengganggu kesehatan karena kurangnya waktu istirahat.

Apakah kamu sering melakukan ini? Jika iya, segera hindari karena pola tidur yang tidak teratur ditambah dengan lelahnya tubuh bisa memicu terjadinya penyakit jantung.

5. Penyakit ginjal

Yuk, Ketahui 5 Efek Hustle Culture untuk Kesehatanmu ilustrasi sakit ginjal (news-medical.net)

Kekurangan air bisa membuat kamu susah untuk fokus. Akibatnya, pekerjaanmu bisa menjadi lama untuk selesai dan kamu bisa menjadi semakin stres.

Apabila kamu kurang mengkonsumsi air, kamu bisa berpotensi terkena penyakit ginjal. Meskipun sibuk, kamu tetap harus memperhatikan jumlah cairan yang masuk ke tubuh.

Menjadi hustlers berpotensi membuat kesehatanmu terganggu. Kamu boleh bersemangat untuk mendapatkan kesuksesan, namun kamu harus peduli dengan kesehatanmu, ya!

Baca Juga: Bukan Produktif, Ini 5 Tanda Kamu Terjebak dalam Hustle Culture

Rochmah Sri Lestari Photo Writer Rochmah Sri Lestari

Menulis untuk belajar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya