Comscore Tracker

5 Manfaat dari Paneer, Keju Khas India yang Sering Dikira Tahu

Keju jenis ini bisa diolah menjadi masakan yang lezat, lho!

Berwarna putih dengan tekstur yang ambyar, paneer tak lain adalah keju khas India. Sering dikira tahu, paneer terbuat dari susu dan bahan yang memiliki rasa asam seperti cuka atau sitrun.

Bukan keju biasa! Paneer mempunyai beragam manfaat baik bagi tubuh yang mesti kamu tahu. Apa saja manfaatnya? Yuk, simak ulasan manfaat paneer berikut ini yang dilansir melalui laman Food NDTV.

1. Memperkuat tulang dan gigi

5 Manfaat dari Paneer, Keju Khas India yang Sering Dikira Tahufeastingathome.com

Kandungan kalsium pada paneer termasuk tinggi. Wajar jika masyarakat India mengonsumsi paneer sebagai makanan sehari-hari yang nantinya diolah menjadi resep masakan yang enak.

Tidak hanya kalsium! Fosfor, vitamin dan mineral memenuhi kandungan paneer sehingga menjaga gigi, tulang dan sendi tetap kuat seperti dikutip melalui laman Northeast Now. Hal tersebut didukung pula oleh kata para ahli yang menyebutkan jika paneer memenuhi 8% dari nilai yang direkomendasikan setiap hari.

2. Meningkatkan metabolisme tubuh

5 Manfaat dari Paneer, Keju Khas India yang Sering Dikira Tahulovelaughmirch.com

Ahli gizi yang berbasis di Bangalore yaitu Dr. Anju Sood, menyebutkan jika paneer merupakan sumber protein yang padat sehingga membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Ketika makanan yang kita konsumsi dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Hal tersebut mampu memberi dampak baik, yang mana energi pada tubuh kita menjadi bertambah sehingga terhindar dari kelelahan.

Baca Juga: 10 Fakta Unik Keju Mozzarella yang Belum Banyak Orang Tahu

3. Baik untuk kesehatan jantung

5 Manfaat dari Paneer, Keju Khas India yang Sering Dikira Tahuallwaysdelicious.com

Dalam sepotong paneer mengandung potasium yang telah diketahui memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh. Bagian tubuh kita yaitu ginjal, memainkan peran berikutnya dalam mengelola tekanan darah supaya dapat mengendalikan cairan disimpan dalam tubuh.

Semakin banyak cairan, semakin banyak pula tekanan. Karena itu, kalium dan natrium pada paneer juga berperan dalam mengatur keseimbangan cairan. Jika cairan yang masuk terkontrol dengan baik, jantung kita menjadi sehat.

4. Memberi rasa kenyang yang lama pada tubuh

5 Manfaat dari Paneer, Keju Khas India yang Sering Dikira Tahuarchanaskitchen.com

Keju India ini cocok dikonsumsi oleh kamu yang sedang diet karena mengandung protein sehingga memberi rasa kenyang yang lama ketika dikonsumsi. Dan pastinya, bikin kamu gak pengin ngemil atau makan lagi selagi setelahnya.

Melansir dari laman The Health Site, paneer adalah sumber protein yang baik terutama bagi vegetarian yang tidak mendapat asupan dari produk daging. Dalam 100 gram paneer menghasilkan sekitar 18 gram protein baik yang dapat memberi rasa kenyang lama pada tubuh.

5. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

5 Manfaat dari Paneer, Keju Khas India yang Sering Dikira Tahu.culturesforhealth.com

Paneer memiliki jumlah fosfor membantu dalam meningkatkan kesehatan pencernaan dan ekskresi sehingga masuk dalam daftar makanan baik untuk usus. Kandungan magnesium pada paneer juga dapat mencegah terjadinya sembelit, lho!

Itu tadi lima manfaat dari peneer, keju asal India yang sering dikira tahu. Di negara asalnya, paneer sering dijadikan sebagai makanan seperti paneer bhurji, paneer popcorn, palak paneer dan paneer tikka. Ingin mencoba membuat olahan dari paneer? Buruan praktikkan dan buktikan khasiat dari paneer!

Baca Juga: Mencegah Kanker, Ini 5 Manfaat Minum Matcha Tea untuk Kesehatan

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya