Comscore Tracker

5 Cara Mencegah Sakit Leher saat Bangun Tidur

Perhatikan posisi tidur dan bantal kamu, ya

Tidak ada seorang pun yang saat bangun pagi mengalami sakit leher, bukannya terbangun dengan perasaan segar dan bugar. Nyeri tersebut selain bikin tak nyaman, tetapi juga bisa mengganggu aktivitas.

Ada beberapa penyebab seseorang mengalami nyeri leher. Misalnya otot yang tegang, posisi tidur yang salah, atau adanya beberapa penyakit yang mendasari seperti artritis reumatoid hingga meningitis.

Bila penyebab sakit leher bukan karena adanya kondisi medis tertentu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah itu terjadi saat bangun tidur. Sesuai penjelasan dari beberapa sumber, berikut ini adalah beberapa cara mencegahnya.

1. Hindari penggunaan bantal yang terlalu tinggi 

5 Cara Mencegah Sakit Leher saat Bangun Tidurpexels.com/Andrea Piacquadio

Bantal yang terlalu tinggi bisa membuat leher tertekuk semalaman dan membuatnya nyeri serta kaku keesokan harinya.

Hal tersebut diperkuat dengan sebuah laporan berjudul "Effect of pillow height on the biomechanics of the head-neck complex: Investigation of the cranio-cervical pressure and cervical spine alignment" yang dimuat dalam jurnal PeerJ tahun 2016.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa posisi bantal yang tinggi secara signifikan dapat meningkatkan tekanan rata-rata di daerah kranial dan tulang belakang leher, serta meningkatkan ekstensi dan lordosis dari tulang belakang leher. Tekanan inilah yang membuat leher terasa nyeri.

2. Jangan lakukan gerakan tiba-tiba 

5 Cara Mencegah Sakit Leher saat Bangun Tidurpexels.com/Andrea Piacquadio

Gerakan tiba-tiba, seperti duduk terlalu cepat atau melakukan dorongan anggota tubuh yang kuat ketika tidur terbukti bisa membuat otot leher jadi tegang.

Melansir Healthline, kadang kamu kesulitan tidur dan menggerakkan tubuhmu ke kanan dan ke kiri, duduk lalu berbaring lagi, dan gerakan mengagetkan lainnya. Bila dilakukan terus-menerus, otot leher bisa jadi tegang dan stres.

Baca Juga: Waspadai Benjolan di Leher, Ini 10 Kemungkinan Penyebabnya

3. Perhatikan cara bangun tidurmu 

5 Cara Mencegah Sakit Leher saat Bangun Tidurunsplash.com/brucemars

Ketika otakmu memberi tahu hari sudah pagi, secara alam bawah sadar otak akan memberi tahu tubuh yang mungkin masih dalam mode tidur. Tanpa disadari, leher secara refleks akan berusaha keras mengangkat tubuhmu ke atas. Nah, biasanya hal ini menyebabkan leher terasa sakit.

Untuk mencegahnya, cobalah untuk lebih memperhatikan cara bangun tidurmu. Melansir Lifehack, kamu bisa memosisikan tubuh menghadap tepi tempat tidur. Dengan kedua telapak tangan di depanmu, dorong tubuhmu hingga berada pada posisi duduk. Dengan cara ini, otot di leher yang masih kaku tidak terlalu berusaha keras mengangkat tubuh dari tempat tidur.

4. Lakukan peregangan otot leher

5 Cara Mencegah Sakit Leher saat Bangun Tidurverywellfit.com

Meregangkan otot leher secara perlahan bisa mengurangi stres dan membuat tulang belakang jadi lebih relaks. Kamu bisa melakukan peregangan dengan memutar leher ke kanan dan ke kiri, ke atas dan ke bawah, melipat dagu, dan menggerakkan kedua bahu secara perlahan.

5. Mandi air hangat 

5 Cara Mencegah Sakit Leher saat Bangun Tidurfreepik.com/freepik

Biarkan air hangat mengalir ke seluruh otot leher untuk membuatnya lebih relaks, kendur, sekaligus membuatnya lebih waspada. Melansir laman Britanica, cara ini dinilai efektif untuk menyegarkan otot yang belum bangun, termasuk otot leher.

Supaya hasilnya maksimal, tambahkan minyak aromaterapi kesukaanmu beberapa tetes di bak mandi, sehingga kamu akan lebih semangat dalam beraktivitas. 

Sakit leher saat bangun tidur adalah masalah yang sering dialami. Meski begitu, ada caranya untuk mencegahnya, kok. Meski demikian, bila curiga nyeri yang dialami diakibatkan oleh kondisi medis tertentu, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar bisa mendapat penanganan yang tepat.

Baca Juga: 7 Penyebab Nyeri Leher yang Paling Umum, Ketahui di Sini!

Iam_ Lathiva Photo Verified Writer Iam_ Lathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya