Comscore Tracker

5 Manfaat Kesehatan Kerja dengan Meja Berdiri, Jangan Kelamaan Duduk!

Bekerja sambil berdiri bisa mengurangi berat badan, lho

Meja dan kursi menjadi furnitur penting untuk menjaga kenyamanan orang di lingkungan kantor. Namun, ini menyimpan risiko kesehatan yang cukup tinggi, lho. Orang yang terlalu lama kerja sambil duduk bisa rentan mengalami sakit leher atau sakit punggung.

Risiko kesehatan akibat terlalu sering duduk makin menjadi-jadi sejak pandemik. Dengan kebijakan kerja dan belajar dari rumah, menonton televisi, atau sekadar rebahan membuat kita cenderung lebih banyak, duduk, berbaring, dan malas gerak alias mager.

Hal tersebut juga dibenarkan lewat penelitian yang menyebutkan bahwa manusia menghabiskan waktu rata-rata 13 jam per hari untuk duduk, baik untuk bersantai maupun bekerja. 

Dari survei daring yang dilakukan oleh Ergotron dan dimuat dalam Cision PR Newswire memaparkan fakta jika 70 persen pekerja penuh waktu di Amerika Serikat (AS) sangat membenci duduk terlalu lama, tapi 86 persen peserta harus melakukannya sepanjang hari.

Dalam penelitian tersebut juga memperlihatkan adanya hubungan antara kelamaan duduk diam atau gaya hidup sedenter dengan berbagai penyakit seperti kanker, obesitas, dan penyakit jantung.

Tak heran, kini banyak orang yang mencoba mengurangi durasi dan frekuensi duduk, salah satunya dengan bekerja dengan meja berdiri. Ternyata cara kerja seperti ini punya manfaat kesehatan, lho! Apa saja?

1. Menurunkan berat badan 

5 Manfaat Kesehatan Kerja dengan Meja Berdiri, Jangan Kelamaan Duduk!freepik.com/lookstudio

Secara umum, berdiri dinilai lebih banyak membakar kalori dibandingkan duduk, sehingga efektif untuk menurunkan berat badan. Dalam penelitian yang dimuat dalam Occupational and Environmental Medicine 2014, disebutkan bahwa dibanding duduk, bekerja dengan posisi berdiri dikatakan dapat membakar lebih banyak kalori hingga 174 kkal jika ketimbang duduk. 

Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa duduk terlalu lama berkaitan erat dengan obesitas dan penyakit metabolik.

2. Mengurangi sakit punggung 

5 Manfaat Kesehatan Kerja dengan Meja Berdiri, Jangan Kelamaan Duduk!freepik.com/yanalya

Meskipun terlihat tidak nyaman, nyata kerja sambil berdiri juga bisa membantu keluhan sakit punggung

Menurut sebuah studi dalam jurnal ilmiah Controlled Clinical Trial, peserta melaporkan nyeri punggung dan leher mereka berkurang sebanyak 54 persen setelah 4 minggu bekerja dengan menggunakan meja berdiri. Supaya hasilnya makin maksimal, lakukanlah peralihan posisi kerja duduk ke berdiri setiap 30 menit, ya.

Baca Juga: Jangan Mager! 5 Alasan Ini Dijamin Bikin Kamu Semangat Olahraga

3. Meningkatkan produktivitas 

5 Manfaat Kesehatan Kerja dengan Meja Berdiri, Jangan Kelamaan Duduk!inside.uncc.edu

Jangan takut jika kamu kesulitan mengetik saat berdiri, karena lama-lama kamu juga akan terbiasa dan bisa merasakan manfaatnya.

Satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Human Factors tahun 2009 menjelaskan, mengetik dengan meja berdiri selama 4 jam setiap hari tidak membuat partisipan melakukan kesalahan dalam pengetikan.

Tak cuma itu, suasana hati yang ceria ketika berdiri pun dapat membuat produktivitas meningkat. 

4. Menurunkan kadar gula darah 

5 Manfaat Kesehatan Kerja dengan Meja Berdiri, Jangan Kelamaan Duduk!freepik.com/wayhomestudio

Dalam beberapa jurnal penelitian, kadar gula darah disebutkan dapat meningkat ketika duduk terlalu lama, terlebih setelah makan. Peningkatan akan terasa makin tajam bagi pasien yang mengalami resistansi insulin atau diabetes tipe 2.

Untuk mengatasinya, berdirilah lebih banyak setelah makan siang. Sebuah studi dalam jurnal Occupational and Environmental Medicine tahun 2014, peneliti menjelaskan bahwa berdiri selama 180 menit setelah makan siang mampu mengurangi risiko peningkatan gula darah hingga 43 persen, dibandingkan dengan pekerja yang duduk.

5. Meningkatkan mood dan energi 

5 Manfaat Kesehatan Kerja dengan Meja Berdiri, Jangan Kelamaan Duduk!pexels.com/Bruce Mars

Meski sekilas tampak tak nyaman atau melelahkan, tapi percayalah, kerja sambil berdiri bisa membuat suasana hatimu jadi lebih baik. 

Sebuah penelitian dalam jurnal ilmiah Preventing Chronic Disease tahun 2012 menemukan fakta jika partisipan yang menggunakan meja berdiri merasa suasana hatinya cenderung stabil dan tidak mudah merasa lelah. Ini karena pastisipan tidak merasakan nyeri punggung dan leher, sehingga mood mereka jadi lebih baik.

Nah, itulah kenapa kamu dianjurkan untuk kerja dengan meja berdiri, jangan kelamaan duduk apalagi mager. Namun, jangan langsung berdiri terlalu lama saat baru pertama kali kerja sambil berdiri. Mulailah dengan durasi sebentar, seperti 30 menit sehari. Bila sudah terbiasa, tingkatkan durasinya hingga 60 menit, lalu tambah lagi secara bertahap. Selamat mencoba!

Baca Juga: Hobi Makan dan Malas Gerak? Hati-hati 9 Penyakit di Balik Obesitas

Iam_Lathiva Photo Verified Writer Iam_Lathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya