Comscore Tracker

Selain Obat Gosok, Ini 5 Cara Alami Mengatasi Perut Kembung saat Haid

Salah satunya adalah dilarang mager!

Selain nyeri atau kram perut, perut kembung juga menjadi gejala menyebalkan bagi perempuan yang sedang haid atau menstruasi. Ketidaknyamanan perut dan perut kembung merupakan gejala umum haid yang banyak dikeluhkan kaum hawa.

Hal tersebut dibenarkan melalui sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMC Women's Health tahun 2014, dengan partisipan 156 perempuan muda. Dari jumlah tersebut, sebanyak 73 persen mengalami sedikitnya satu masalah perut primer (perut kembung, nyeri, diare, dan lainya) baik itu sebelum maupun selama menstruasi.

Meskipun dianggap biasa, tetap saja perut kembung saat menstruasi bisa mengganggu aktivitas harian. Selain menggunakan obat gosok, kamu juga bisa mengatasi keluhan tersebut dengan cara-cara alami berikut ini.

1. Minum air lebih banyak

Selain Obat Gosok, Ini 5 Cara Alami Mengatasi Perut Kembung saat Haidpexels.com/ Daria Shevtsova

Saat kamu kurang cairan atau dehidrasi, tubuh akan menahan air yang ada di dalamnya yang membuatnya makin bengkak. Dehidrasi pun dapat menyebabkan sembelit dan perut kembung makin parah. 

Melansir laporan dari jurnal yang dipublikasikan oleh The National Academics of Science Enginering Medicine tahun 2005, kita disarankan minum sekitar 9 gelas air per hari dengan diimbangi makanan yang kandungan airnya tinggi, seperti sup, sayuran, dan buah-buahan segar. 

Namun, jumlah rekomendasi di atas hanya perkiraan kasar. Karena, bisa jadi kebutuhan cairan seseorang makin banyak bila sedang berada di tempat dengan iklim yang panas atau sangat aktif.

2. Jauhi makanan yang menimbulkan gas 

Selain Obat Gosok, Ini 5 Cara Alami Mengatasi Perut Kembung saat Haidpexels.com/Daria Shevtsova

Lebih baik hindari makanan yang menghasilkan gas lebih banyak, contohnya brokoli, kubis, sawi, dan selada. Ini karena sayur-sayuran tersebut, melansir Women's Health, mengandung gula kompleks yang bernama raffinose.

Gula kompleks itulah yang kemudian harus diuraikan dalam tubuh dengan enzim yang membuat perut jadi kembung dan dipenuhi gas.

Baca Juga: 10 Cara Melancarkan Haid yang Tidak Teratur secara Alami

3. Lakukan gerakan ringan 

Selain Obat Gosok, Ini 5 Cara Alami Mengatasi Perut Kembung saat Haidfreepik.com/freepik

Ayo ngaku, siapa di antara kalian yang lebih memilih untuk bermalas-malasan saat menstruasi? Padahal, malas gerak justru bisa bikin perut makin terasa kembung. 

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa meningkatkan detak jantung adalah cara paling baik mengatasi untuk mengatasi gejala pramenstruasi (PMS), termasuk perut kembung. Berdasarkan penelitian dari Mashhad University of Medical Sciences, Iran, yang dimuat dalam jurnal BMC Women's Health tahun 2018, olahraga seperti senam aerobik menjadi cara yang efektif untuk mengurangi gejala fisik PMS.

Melansir Women's Health, kamu disarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas yang ringan hingga sedang kala haid, di antaranya yoga, berenang, atau senam aerobik. Jangan memaksakan olahraga dengan intensitas tinggi yang dapat meningkatkan inflamasi, akhirnya kembung malah makin parah.

4. Perbanyak konsumsi makanan dengan magnesium

Selain Obat Gosok, Ini 5 Cara Alami Mengatasi Perut Kembung saat Haidpexels.com/Lisa Fotios

Magnesium termasuk elektrolit yang menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Menurut sebuah laporan dalam Journal of Womens Health tahun 1998, konsumsi 200 mg magnesium setiap harinya dapat mengurangi rasa nyeri dan kembung saat PMS.

Selain mengonsumsi suplemen magnesium, kamu juga bisa mendapatkan asupannya lewat makanan, misalnya dari bayam, selai kacang, kentang, dan masih banyak lagi.

5. Hindari alkohol dan kafein

Selain Obat Gosok, Ini 5 Cara Alami Mengatasi Perut Kembung saat Haidpexels.com/ Marcus Pinho

Sebelum menstruasi, alkohol bisa meningkatkan gejala PMS seperti nyeri di payudara, kembung, mood swing.

Sementara itu, kopi bisa merangsang saluran pencernaan bekerja berlebihan hingga mengiritasi usus, menyebabkan dehidrasi, dan membuat tubuhmu menahan air. Tentu saja tiga hal itu akan membuat perutmu terasa kembung.

Itulah cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi keluhan perut kembung saat haid. Selain itu, kamu juga perlu menghindari stres dan tetap tidur dengan teratur, ya. Semoga kembung dan nyeri menstruasi dapat segera hilang!

Baca Juga: 9 Tanda Menstruasi Segera Tiba, Nggak Cuma Berjerawat

Iam_Lathiva Photo Verified Writer Iam_Lathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya