Comscore Tracker

6 Pengobatan Alami Ini Bisa Bantu Redakan Asma, Napas Jadi Lega

Bisa kamu lakukan di mana saja

Asma adalah kondisi penyempitan saluran udara dan membengkak serta menghasilkan lendir berlebihan. Kondisi tersebut bisa membuat penderitanya jadi sulit bernapas, picu batuk, mengi (suara seperti siulan nyaring saat menarik napas), dan sesak napas.

Untuk sebagian orang, asma dianggap sebagai gangguan ringan. Namun, bagi beberapa orang lainnya, asma adalah masalah kesehatan serius yang bisa mengganggu aktivitas harian. Bila dibiarkan, serangan asma bahkan bisa mengancam nyawa.

Asma memang tidak bisa disembuhkan. Namun, gejalanya bisa dikontrol. Selain dengan pengobatan dari dokter, kamu juga bisa meredakan atau mengendalikan gejala asma dengan pengobatan alami berikut ini.

1. Jahe 

6 Pengobatan Alami Ini Bisa Bantu Redakan Asma, Napas Jadi Legapexels.com/pixabay

Bukan hanya meredakan sakit perut, jahe juga bisa meredakan gejala asma. Ini karena adanya senyawa seperti isoproterenol yang bermanfaat untuk mengendurkan saluran udara, menurut sebuah penelitian dalam American Journal of Respiratory Cell and Molecular Biology tahun 2014.

Potensi isoproterenol untuk merelaksasi saluran pernapasan naik secara signifikan dan dapat meredakan asma. Tak ayal, bersama dengan β-agonist, 6-ghogaol, 6-gingerol, dan 8-gingerol, isoproterenol pun sering digunakan untuk terapi asma, sehingga masalah kesehatan ini bisa lebih terkendali.

2. Teknik pernapasan Buteyko

https://www.youtube.com/embed/823sUMTyjNs

Metode Buteyko adalah sistem latihan pernapasan yang dapat meredakan gejala asma. Teknik ini fokus pada pernapasan yang keluar melalui hidung, bukan melalui mulut. FYI, mengembuskan napas lewat mulut bisa mengeringkan saluran udara yang justru bisa membuat orang dengan asma jadi lebih sensitif.

Melansir Healthline, banyak orang mengaku jika metode Buteyko bisa mengurangi infeksi saluran pernapasan dan membantu meningkatkan karbon dioksida. Meski demikian, belum ada studi ilmiah yang bisa memberikan bukti konkret mengenai teori tersebut.

Baca Juga: Melegakan Pernapasan, Ini 16 Makanan dan Minuman yang Meredakan Asma

3. Yoga 

6 Pengobatan Alami Ini Bisa Bantu Redakan Asma, Napas Jadi Legapexels.com/theformfitness

Yoga menggabungkan latihan pernapasan serta peregangan yang mendukung fleksibilitas dan kebugaran tubuh.

Untuk banyak orang, yoga bisa mengurangi stres, yang mama kondisi tersebut bisa memicu asma. Bukan cuma itu, teknik pernapasan dalam sering dipraktikkan dalam yoga juga bisa membantu mengurangi frekuensi kekambuhan serangan asma. Namun, ini masih butuh pembuktian secara ilmiah.

4. Jauhi hal-hal yang memicu asma 

6 Pengobatan Alami Ini Bisa Bantu Redakan Asma, Napas Jadi Legafreepik.com/freepik

Jauhi segera hal-hal yang bisa memicu kekambuhan asma. Melansir WebMD, biasanya asma bisa dipicu oleh polusi udara, virus pilek, alergi, udara dingin, dan wewangian tertentu.

Kamu bisa mencatat apa yang menyebabkan asma kambuh selama beberapa minggu. Ini penting untuk mengetahui masalah kesehatanmu secara pasti. Catat pula semua faktor emosional dan lingkungan yang mungkin bisa berdampak pada serangan asma.

5. Konsumsi bayam

6 Pengobatan Alami Ini Bisa Bantu Redakan Asma, Napas Jadi Legapexels.com/Lisa Fotios

Sayuran hijau seperti bayam dikenal kaya akan vitamin serta mineral. Tidak hanya itu, bayam juga mengandung folat yang penting dalam meredakan asma.

Dalam sebuah penelitian dalam jurnal Annals of the American Thoracic Society tahun 2016, para peneliti menyimpulkan bahwa anak-anak yang tidak memperoleh folat dan vitamin D secara cukup hampir delapan kali (sekitar 95 persen) berpotensi mengalami satu atau lebih serangan asma yang parah dibanding anak-anak yang asupan dua nutrisi tersebut cukup.

6. Kopi 

6 Pengobatan Alami Ini Bisa Bantu Redakan Asma, Napas Jadi Legapexels.com/Chevanon Photography

Kafein bisa membuka saluran udara di paru-paru sampai empat jam, sehingga bisa meringankan gejala asma seperti rasa sesak di dada dan sesak napas.

Kafein mempunyai berbagai efek farmakologis. Ini dibuktikan lewat penelitian berjudul “Caffeine for asthma” dalam jurnal Cochrane Database of Systematic Reviews tahun 2001. Disebutkan bahwa secara kimiawi, kafein berhubungan dengan obat teofilin yang dipakai sebagai pengobatan asma. Kafein sendiri memang dapat mengurangi kelelahan otot pernapasan, sehingga gejala asma pun bisa dikurangi.

Penelitian tersebut melibatkan 55 partisipan. Mereka diberikan kafein dan plasebo, setelah itu fungsi paru-parunya 2 jam setelah mengonsumsinya. Setelah diminum, dibandingkan dengan plasebo, kafein tampak meningkatkan fungsi paru-paru meski baru 1 menit dikonsumsi. Peningkatan fungsi paru-paru terus meningkat hingga 2 setelah konsumsi dan kemudian turun perlahan setelah 4 jam.

Itulah beberapa pengobatan alami yang bisa mengurangi gejala asma. Meski demikian, itu adalah pengobatan pendukung, karena yang utama adalah pengobatan dokter.

Baca Juga: Ini 7 Cara Atasi Asma yang Kambuh Tiba-tiba Tanpa Gunakan Inhaler

Iam_Lathiva Photo Verified Writer Iam_Lathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya