Comscore Tracker

6 Tanda Pasanganmu Seorang Sosiopat, Wajib Dibawa ke Psikiater! 

Sosiopat termasuk orang dengan gangguan kepribadian lho 

Bisa jadi kamu bingung mengapa sikap pasanganmu antisosial. Apakah dia memang tipikal orang dengan emosi yang berlebihan, tidak suka dengan orang lain, bad boy/bad girl, atau justru seorang sosiopat?

Jika menukil laman Health Line, seorang yang sosiopat dikenal mempunyai gangguan kepribadian antisosial (antisocial personality disorder/ASPD). Orang dengan ASPD tidak bisa memahami perasaan orang lain. Karena itu, tak jarang dia akan melanggar aturan atau bahkan membuat keputusan impulsif yang dilakukan tanpa merasa bersalah atas kerusakan yang dibuatnya.

Meski begitu, sosiopat dan psikopat bukan karakter yang sama lho. Walaupun keduanya termasuk antisosial, sosiopat tidak suka dengan siapa pun kecuali dirinya sendiri yang seringkali terlihat oleh orang lain sedangkan psikopat lebih pandai menutupi jati dirinya.

Beberapa ahli kejiwaan memandang sosiopat sebagai orang “berkepala dingin” dan bertindak tanpa memikirkan perasaan orang lain terganggu. Di lain pihak, psikopat lebih “berhati dingin” dimana dia akan berhati-hati merencanakan niatnya dan tidak ragu menghilangkan semua hambatan yang menghalangi niatnya.

Dari laman Slice, psikopat dikenal licik dan manipulatif hingga tidak jarang dia menyamar menjadi orang baik sehingga korbannya luluh. Nah, meskipun sosiopat tingkat kelicikannya tidak setinggi psikopat, kamu tetap harus melihat tanda-tandanya sebelum melangkah ke jenjang yang lebih serius. Karena bisa jadi, sosiopat memberikan banyak gaslighting hingga membuat kamu merasa membutuhkan kehadirannya untuk tetap merasa "hidup". 

1. Dia akan menarik perhatian semua orang

6 Tanda Pasanganmu Seorang Sosiopat, Wajib Dibawa ke Psikiater! cherrycross.com

Entah bagaimana caranya, seorang sosiopat mempunyai pesona yang berlebih. Bisa jadi karena sifat ini, kamu jadi jatuh hati padanya. Namun seiring berjalannya waktu, kamu merasa bahwa dia terlalu sibuk menunjukkan pesonanya di hadapan banyak orang. Ingat ya, sosiopat adalah orang yang hanya memikirkan dirinya sendiri dengan tingkat ke-aku-an yang besar!

2. Dia tidak berempati pada orang lain

6 Tanda Pasanganmu Seorang Sosiopat, Wajib Dibawa ke Psikiater! pexels.com/ Vera Arsic

Bisa jadi kalian pernah bertengkar karena suatu hal, dan kamu meminta waktu untuk tidak bertemu agar bisa saling introspeksi. Jika kamu memikirkan yang terjadi dari sisi kamu dan dia, maka sosiopat tidak akan berusaha untuk menaruh dirinya pada posisimu.

Seorang sosiopat, seperti psikopat, yakni orang yang tidak mempunyai empati. Jadi jangan pernah berharap sosiopat untuk lebih peduli dengan perasaan orang lain termasuk kamu.

Baca Juga: Psikopat Vs Sosiopat, Ini 5 Fakta Sains untuk Mengetahui Perbedaannya

3. Dia tidak mempunyai keluarga atau teman dekat

6 Tanda Pasanganmu Seorang Sosiopat, Wajib Dibawa ke Psikiater! quotesgram.com

Pada awalnya, kamu memaklumi jika dia mempunyai hubungan yang kurang harmonis dengan anggota keluarga atau teman dekat. Tapi semakin lama, kamu memang melihat jika dia tidak dekat dengan siapapun bahkan hubungannya denganmu pun tidak jelas.

Selama berhubungan dengannya, kamu melihat dia punya track record  yang buruk dalam mempertahankan hubungan jangka panjang yang stabil. Boleh dibilang ini pertanda jika dia mempunyai gangguan kepribadian antisosial, waspadalah!

4. Dia tidak segan untuk melakukan pelecehan secara fisik, verbal, dan emosional

6 Tanda Pasanganmu Seorang Sosiopat, Wajib Dibawa ke Psikiater! tutorcare.co.uk

Kurangnya ikatan keluarga atau teman dekat membuat sosiopat menyalurkan emosinya dengan rasa marah berlebihan hingga melakukan tindakan kekerasan. Jadi jangan heran ya, kalau nantinya dia akan melakukan pelecehan fisik, verbal, atau emosional padamu.

5. Dia mengabaikan perasaanmu

6 Tanda Pasanganmu Seorang Sosiopat, Wajib Dibawa ke Psikiater! noharpatrika.com

Sosiopat bisa memahami kedalaman emosi manusia. Walaupun tidak memedulikan emosi orang lain, tapi dia menggunakan emosi tersebut untuk memenuhi tujuannya.

Faktanya dia berhubungan spesial denganmu karena ada tujuan tertentu. Oleh sebab itu tidak jarang dia akan terang-terangan memperlihatkan ketidaksukaannya padamu. Nah, inilah yang membedakan sosiopat dengan psikopat. Kalau psikopat sangat pintar bermain watak, sosiopat sangat mudah terbaca kepribadian aslinya.

Kalau kamu berada dalam situasi dimana dia memegang tanganmu dan mengatakan dia menyayangimu tapi matanya tidak memperlihatkan keseriusan dan justru melihat hal lain (seperti melihat televisi atau hp), bisa jadi dia sosiopat lho.

6. Dia sangat impulsif

6 Tanda Pasanganmu Seorang Sosiopat, Wajib Dibawa ke Psikiater! pexels.com/NEOSiAM 2020

Sifat ini bisa terlihat ketika kalian berada dalam situasi yang tidak menyenangkannya. Ketika ada orang lain yang membuatnya marah, sosiopat langsung melakukan tindakan impulsif. Bahkan tidak segan-segan dia memperlihatkan perbuatan spontan yang berbahaya.

Dari laman Very Well Mind, tindakan impulsif secara luas didefinisikan sebagai perilaku yang diekspresikan secara berlebihan tanpa melihat akibatnya. Sayangnya sosiopat tidak menyadari jika tindakan impulsif yang dilakukannya itu salah, sehingga dia akan terus saja melakukan perbuatan yang merugikan orang lain itu.

Apakah seseorang sosiopat bisa mengendalikan ASPD yang ada pada dirinya? Sebenarnya bisa, kalau dia mau. Terapi dengan bantuan profesional bisa membantunya mengelola gejala dan efek samping terlebih ketika ASPD yang dimiliki masih ringan. Tapi jarang sosiopat meminta bantuan psikiater atau psikolog atau dokter kejiwaan karena tingkat ke-aku-an yang tinggi. 

Kalau sosiopat menyadari beberapa hal yang salah padanya seperti dia selalu diselimuti masalah atau pasangan a.k.a kamu tidak menyukai perbuatannya atau dia selalu mendapat masalah dalam pekerjaannya, masih ada kemungkinan kalau dia berpotensi untuk bisa mengendalikan aspd-nya. Tapi jika dia justru menyalahkan orang lain atau keadaan yang buruk, maka siapkan dirimu untuk berpisah dengannya.

Baca Juga: Apakah Kamu Termasuk Sosiopat? Buktikan Lewat Tes Ini!

Iam_Lathiva Photo Verified Writer Iam_Lathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya