Comscore Tracker

5 Bahaya Duduk dengan Kaki Menyilang, Jangan Dibiasakan

Stop kebiasaan ini ya

Salah satu posisi duduk yang paling sering kita lakukan adalah duduk menyilang, khususnya bagi kaum hawa. Posisi duduk ini dianggap terlihat anggun dan elegan. Namun, dibalas keeleganannya tersimpan beberapa bahaya yang akan mengancam dirimu. 

Berikut adalah 5 bahaya yang ditimbulkan dari duduk menyilang.

1. Menimbulkan varises

5 Bahaya Duduk dengan Kaki Menyilang, Jangan DibiasakanUnsplash.com/Djim Loic

Jika kamu sering duduk bersila resiko terkena varises akan semakin tinggi. Ini dikarenakan pada saat kamu duduk menyila salah satu kaki kamu akan menekan kaki yang lain, hal ini akan menghambat aliran darah di kaki yang nantinya akan menjadi varises.

2. Menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi

5 Bahaya Duduk dengan Kaki Menyilang, Jangan DibiasakanUnsplash.com/Tomas Salazar

Hal ini terjadi karena pada saat kita duduk bersila kita menghambat peredaran darah dari kaki menuju jantung. Aliran darah di kaki sudah cukup sulit untuk bisa dipompa ke jantung karena harus melawan gravitasi namun tanpa sadar kita menyila kaki yang membuat tubuh kita butuh usaha ekstra dengan meningkatkan tekankan darah  agar aliran darah bisa sampai ke jantung. 

3. Menyebabkan sakit pada tulang belakang

5 Bahaya Duduk dengan Kaki Menyilang, Jangan DibiasakanUnsplash.com/Brooke Cagle

Jika kamu berpikir duduk dengan posisi berskala adalah hal yang nyaman coba pikirkan lagi. Karena nyatanya posisi ini sangat tidak baik untuk kesehatan tulang belakang. Bahkan jika dilakukan terus menerus akan menyebabkan nyeri pada tulang belakang pada punggung dan leher. Tak hanya itu, hasil penelitian dari National Health Service di Amerika Serikat juga menyatakan  bahwa sering menyilakan  kaki akan mengganggu kestabilan tulang belakang.

Baca Juga: 8 Kebiasaan Mandi Ini Justru Bisa Membuatmu Gampang Sakit

4. Berdampak buruk pada saraf kaki

5 Bahaya Duduk dengan Kaki Menyilang, Jangan DibiasakanUnsplash.com/Neringa Šidlauskaitė

Ketika kamu duduk dengan menyilangkan kaki pasti kamu merasakan kram atau kesulitan, ini disebabkan ketika kita duduk dengan menyilangkan kaki secara tidak langsung kita akan menekan saraf paroneal di belakang lutut. Saraf peroneal adalah saraf yang mengendalikan sensasi untuk kaki bagian bawah. 

Terkesan sepele  namun jika ini dibiarkan terus menerus akan menganggu saraf pada kaki.

5. Infeksi jamur pada wanita

5 Bahaya Duduk dengan Kaki Menyilang, Jangan DibiasakanUnsplash.com/Kinga Cichewicz

Dengan duduk bersila kamu akan menghambat sirkulasi udara di sekitar vaginamu. Hal ini akan menyebabkan timbulnya infeksi jamur pada daerah vagina.

Coba deh mulai sekarang duduk dengan postur duduk yang lebih baik untuk kesehatanmu.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Makan Aneh Donald Trump yang Bikin Geleng-geleng Kepala

Ruth Cikita Photo Community Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You