Comscore Tracker

5 Bumbu Dapur yang Bermanfaat bagi Kesehatan Otak, Jangan Sepelekan!

Bumbu apa sajakah itu?

Saat ini banyak orang yang semakin peduli dengan kesehatan otak mereka. Apalagi, semakin hari semakin banyak orang yang menyuarakan penyakit Alzheimer. Hal ini tentu membuat semakin banyak orang sadar bahwa otak adalah salah satu organ tubuh yang tidak boleh dilupakan.

Sebenarnya, kamu bisa menjaga kesehatan otak melalui makanan yang kamu konsumsi. Salah satunya adalah bumbu dapur yang sering kali kamu gunakan dalam masakanmu.

Meski terlihat sepele, ternyata tanpa kamu sadari beberapa bumbu dapur sangat baik untuk mendukung kesehatan otak. Berikut adalah contohnya.

1. Kunyit

5 Bumbu Dapur yang Bermanfaat bagi Kesehatan Otak, Jangan Sepelekan!Unsplash.com/Taylor Kiser

Apakah kamu tahu jika kunyit sudah lama dikenal sebagai salah satu bumbu yang bermanfaat bagi kesehatan otak? Bahkan, faktanya sudah ada sejumlah penelitian yang menyatakan bahwa kunyit sangat bagus untuk meningkatkan daya ingat dan sangat baik untuk mencegah penyakit Alzheimer.

2. Kayu manis

5 Bumbu Dapur yang Bermanfaat bagi Kesehatan Otak, Jangan Sepelekan!Unsplash.com/Anna Kolosyuk

Sebuah studi dari Rush University Medical School di Chicago menemukan bahwa kayu manis dapat menghasilkan perubahan yang sangat spesifik dalam membuat kenangan di otak. Tak hanya itu, kayu manis juga terbukti dapat melindungi otak dari penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Baca Juga: Catat! 5 Makanan Ini Bagus Banget untuk Kesehatan Otak Kita

3. Jahe

5 Bumbu Dapur yang Bermanfaat bagi Kesehatan Otak, Jangan Sepelekan!Unsplash.com/Don Shin

Siapa yang tidak tahu jahe? Pasti semua orang sudah sangat mengenal bumbu dapur yang satu ini. Selain berfungsi untuk untuk menghangatkan badan, jahe ternyata juga sangat baik bagi kesehatanmu. Hal ini dikarenakan antioksidan yang ada di dalam jahe dianggap mampu melindungi otak dari radikal bebas, melindungi sel-sel otak dari peradagangan saraf, serta dapat melindungi otak dari penyakit Parkinson dan Alzheimer.

4. Lada hitam

5 Bumbu Dapur yang Bermanfaat bagi Kesehatan Otak, Jangan Sepelekan!Unsplash.com/Calum Lewis

Kandungan senyawa piperine dalam lada hitam sangat bermanfaat bagi orang yang menderita depresi. Ini dikarenakan piperine berfungsi untuk menghambat enzim monoamine oksidase (MAO) yang bisa memecah serotonin dan dopamin.

Selain itu, beberapa penelitian juga menyatakan bahwa lada hitam dapat memperlambat penuaan otak dan mencegah penyakit Alzheimer.

5. Oregano

5 Bumbu Dapur yang Bermanfaat bagi Kesehatan Otak, Jangan Sepelekan!Unsplash.com/Dayana Brooke

Bumbu masakan yang akan sering kamu lihat di makanan khas Eropa ini ternyata mempunyai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan dan keseimbangan otak.

Salah satu penelitian dari DSM Nutritional Products menemukan bahwa senyawa aktif yang ditemukan di oregano dapat membantu dan mengatur suasana hati, motivasi, dan kesejahteraan mental pada pria dewasa yang sehat.

Jadi, sudah tahu kan manfaat dari kelima bumbu di atas? Oleh karena itu mulai sekarang jangan anggap sepele bumbu-bumbu dapur di atas ya.

Baca Juga: 5 Bumbu Dapur Ini Harganya Jauh Lebih Mahal Dari Emas, loh!

Ruth Cikita Photo Community Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You