Comscore Tracker

10 Manfaat Mengonsumsi Gelatin untuk Kesehatan Kamu

Yuk kenalan dengan manfaat gelatin

Kamu pasti sudah sering mendengar gelatin kan? Gelatin adalah senyawa protein yang diperoleh dengan cara mengekstrak kolagen hewani dan mengeringkannya. Kebanyakan orang tahu gelatin baik untuk kesehatan kulit. Namun ternyata, gelatin punya beragam manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita. Berikut adalah 10 manfaat gelatin bagi kesehatan tubuh kita.

1. Menjaga kesehatan sendi

10 Manfaat Mengonsumsi Gelatin untuk Kesehatan KamuUnsplash.com/vega

Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang menderita ostheoarthritis atau nyeri sendi memerlukan suplemen yang mengandung gelatin, ini berfungsi untuk mempercepat pemulihan sendi tersebut. Bahkan, dalam sebuah uji klinis telah terbukti bahwa orang yang mengonsumsi gelatin sekitar dua gram setiap harinya, cenderung mengalami lebih sedikit peradangan pada otot.

2. Meningkatkan kesehatan kulit

10 Manfaat Mengonsumsi Gelatin untuk Kesehatan KamuUnsplash.com/Joe Robles

Gelatin sangat penting dalam proses regenerasi sel-sel kulit. Tak hanya itu, gelatin juga berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV, yang dimana dapat menyebabkan penuaan dini dan kemungkinan terjadinya kanker kulit.

3. Membuat tidur lebih nyenyak

10 Manfaat Mengonsumsi Gelatin untuk Kesehatan KamuUnsplash.com/Kalegin Michail

Jika kamu mengalami yang namanya susah tidur cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gelatin. Karena di dalam gelatin terdapat glisin yang merupakan salah satu asam amino yang dapat membantumu untuk tidur dengan nyenyak.

4. Mempercepat penyembuhan luka

10 Manfaat Mengonsumsi Gelatin untuk Kesehatan KamuUnsplaah.com/Sarah Comeau

Protein adalah salah satu zat yang paling penting dalam penyembuhan luka dan di dalam gelatin terdapat glisin yang sangat baik dalam mengurangi peradangan pada kulit dan mempercepat pembentukan kulit baru.

5. Dapat mengurangi kecemasan yang berlebihan

10 Manfaat Mengonsumsi Gelatin untuk Kesehatan KamuUnsplash.com/Hailey Reed

Gelatin memiliki efek yang dapat menenangkan sistem saraf. Hal ini dikarenakan di dalam gelatin terkandung beberapa asam amino yang dapat membuat kita lebih rileks dan tenang. Jadi tak heran bila gelatin sering kali digunakan untuk mengurangi kecemasan yang berlebihan secara alami.

Baca Juga: 5 Kesalahan Olahraga Ini Harus Ditinggalkan, Bikin Sendi Bahaya!

6. Membantu proses detoksifikasi pada hati

10 Manfaat Mengonsumsi Gelatin untuk Kesehatan KamuUnsplash.com/Maroon Michele

Kita sudah tahu bahwa gelatin kaya akan glisin. Selain dapat membantu mempercepat pertumbuhan luka dan membantu untuk tidur yang lebih nyenyak, glisin juga sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses detoksifikasi. Karena tanpa glisin yang cukup, tubuh tidak akan menghasilkan glutathione, yang dimana sangat diperlukan dalam proses detoksifikasi di dalam hati.

7. Menyeimbangkan protein hewani yang berlebihan

10 Manfaat Mengonsumsi Gelatin untuk Kesehatan KamuUnsplash.com/Markus Spiske

Jika kamu termasuk orang yang suka memakan makanan olahan dari daging cobalah untuk menyeimbangkannya dengan mengonsumsi gelatin juga. Karena di dalam daging terdapat metionin. Metionin adalah asam amino yang dapat meningkatkan homosistein dalam darah. Homosistein adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, penyakit mental, dam patah tulang. Oleh karena itu bagi kamu yang makan banyak protein hewani membutuhkan glisin untuk dapat menyeimbangkan metionin yang ada di dalam daging.

8. Membantu menyeimbangkan hormon

10 Manfaat Mengonsumsi Gelatin untuk Kesehatan KamuUnsplash.com/Candice Picard

Gelatin dapat membantu mengatur insulin pada tubuh. Tak hanya itu, glisin yang terkandung pada gelatin juga dapat mencegah hipoglikemia dan dapat memproduksi gluthathione, yang berfungsi membantu tubuh dalam menyeimbangkan kadar estrogen yang berlebihan pada tubuh. Karena jumlah estrogen yang berlebihan dapat menyebabkan kanker pada tubuh wanita.

9. Melancarkan sistem pencernaan

10 Manfaat Mengonsumsi Gelatin untuk Kesehatan KamuUnsplash.com/Travis Yewell

Kandungan glisin dalam gelatin dapat meningkatkan lapisan mukosa yang sehat di perut. Hal ini akan merangsang lambung untuk bisa mencerna makanan dengan lebih baik.

10. Membantu proses diet

10 Manfaat Mengonsumsi Gelatin untuk Kesehatan KamuUnsplash.com/Gesina Kunkel

Bagi kamu yang ingin melakukan diet, mengonsumsi gelatin bisa menjadi solusinya. Karena kandungan protein yang ada di dalam gelatin dapat membuat kamu kenyang lebih lama dan mengurangi kemungkinan makan yang berlebihan. Namun, kamu harus tetap berhati-hati karena tak semua gelatin dapat membantu kamu dalam menurunkan berat badan, misalnya gelatin yang ada pada marshmallow. Lebih baik mengonsumsi gelatin yang alami dan rendah gula.

Dari deretan manfaatnya di atas, gimana, tertarik mengonsumsi gelatin?

Baca Juga: 7 Trik Kendalikan Porsi Makan, Bagus Buat Kamu yang Lagi Diet!

Ruth Cikita Photo Verified Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya