Comscore Tracker

Pasti Bisa! Ini 5 Tips Agar Defisit Kalori Bisa Berjalan dengan Sukses

Kalau ada niat dan konsisten, pasti kamu bisa!

Saat ini istilah defisit kalori sedang hangat diperbincangkan. Hal ini dikarenakan banyak orang yang mengatakan bahwa defisit kalori adalah cara yang tepat untuk menyukseskan program diet. Defisit kalori sendiri berarti jumlah kalori yang dibakar lebih banyak daripada jumlah kalori yang dimasukkan ke dalam tubuh.

Namun sayangnya, tidak semua orang bisa sukses menjalankan defisit kalori. Karena mengurangi kalori yang dimasukkan ke tubuh bukankah hal yang mudah. Sehingga, tak jarang pada saat menjalani program ini, beberapa orang akan berhenti di tengah jalan. Oleh karena itu, berikut ini ada 5 tips yang bisa kami terapkan!

1. Gunakan ukuran piring yang lebih kecil

Pasti Bisa! Ini 5 Tips Agar Defisit Kalori Bisa Berjalan dengan SuksesPexels.com/Daria Shevtsova

Jika kamu kesusahan dalam mengontrol jumlah makanan yang ada di piring, cobalah untuk mengganti ukuran piring. Tanpa kamu sadari mengganti ukuran piring orang dewasa ke ukuran piring anak-anak akan sangat membantu program defisit kalori.

Cara ini akan membantumu berpikir bahwa makanan yang kamu makan sudah cukup untuk membuat perut terasa kenyang. Meskipun kamu membuat piring terlihat penuh, namun karena ukuran piring yang berbeda, maka jumlah makanan yang kamu makan akan berkurang. 

2. Mencoba program intermintent fasting

Pasti Bisa! Ini 5 Tips Agar Defisit Kalori Bisa Berjalan dengan SuksesPexels.com/Adrienn

Bagi beberapa orang istilah intermintent fasting bukanlah hal yang asing lagi. Intermintent fasting adalah program diet di mana kamu diwajibkan makan hanya dalam kurun waktu tertentu. Setelah waktu untuk makan berakhir, kamu diwajibkan untuk puasa selama kurun waktu tertentu. 

Cara ini dinilai dapat membantu dalam menjalankan defisit kalori. Namun, kamu juga harus ingat bahwa pada saat memasuki jam makan, kamu harus tetap mempertahankan jumlah kalori yang dikonsumsi. Jangan sampai karena beranggapan sudah puasa dalam beberapa jam, kamu bisa makan dengan sembarangan. 

3. Tidurlah dengan waktu yang cukup

Pasti Bisa! Ini 5 Tips Agar Defisit Kalori Bisa Berjalan dengan SuksesPexels.com/Andrea Piacquadio

Meskipun terdengar cukup mudah, hingga saat ini masih banyak orang yang merasa sulit memenuhi waktu tidurnya. Padahal, tidur yang cukup sangat berperan penting dalam menjalankan defisit kalori.

Karena tak jarang rasa lapar atau ingin ngemil muncul pada saat tengah malam. Jika hal ini terus-menerus dilanjutkan, maka sampai kapan pun kamu tidak akan pernah mendapatkan badan yang ideal. 

Baca Juga: Lebih Cepat Membakar Kalori, 5 Manfaat Melakukan Olahraga HIIT

4. Hindari minuman yang tinggi kalori

Pasti Bisa! Ini 5 Tips Agar Defisit Kalori Bisa Berjalan dengan SuksesPexels.com/Daria Shevtsova

Tanpa disadari minuman yang tinggi kalori, biasanya akan lebih tidak terasa untuk dikonsumsi bila dibandingkan dengan makanan. Bahkan, tak jarang hanya dalam hitungan menit seluruh minuman tersebut sudah habis kita minum.

Oleh karena itu, cobalah mengganti kebiasaan minum minuman yang berkalori tinggi dengan minuman bebas atau rendah kalori. Minuman rendah kalori yang bisa kami minum adalah air putih, kopi atau teh tanpa tambahan gula yang berlebih. 

5. Jangan lupa untuk berolahraga

Pasti Bisa! Ini 5 Tips Agar Defisit Kalori Bisa Berjalan dengan SuksesPexels.com/Jonathan Borba

Apa pun program diet yang sedang kamu jalani saat ini, bila tidak dibarengi dengan olahraga yang cukup maka semuanya akan sia-sia. Ingatlah bahwa penyebab seseorang mengalami kelebihan berat badan, dikarenakan jumlah kalori yang dimasukkan tidak sesuai dengan jumlah kalori yang dikeluarkan.

Oleh karena itu, ketika melakukan defisit kalori, kamu wajib melakukan olahraga secara rutin. Agar tidak merasa berat, pilihlah jenis olahraga yang kamu sukai. 

Meskipun, defisit kalori bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya. Ingat ya, semuanya berawat dari dirimu sendiri. Hanya kamu yang bisa menentukan apakah program diet yang dijalani bisa berjalan dengan baik atau gagal di tengah jalan. Semangat ya, buat kamu yang sedang berjuang menjalani defisit kalori. 

Baca Juga: 7 Manfaat Bermain Lompat Tali bagi Tubuh, Banyak Bakar Kalori!

Ruth Cikita Photo Verified Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya