Comscore Tracker

5 Manfaat Sehat Melinjo yang Biasa Kita Temui dalam Olahan Sayur

Bisa mencegah penuaan dini dan bagus untuk mencegah anemia

Melinjo ternyata gak hanya terkenal di Indonesia lho, buktinya makanan dengan nama ilmiah Gnetum gnemon ini juga diakui para ilmuwan berkat khasiat dan rasanya yang unik. Kalau kamu sering membuang dan mengabaikan melinjo dalam sayuran, mulai sekarang ubah deh kebiasaan tadi.

Karena di balik penampilannya yang biasa saja melinjo nyatanya berguna banget buat kesehatan. Kamu wajib menyimak biar gak menyesal di kemudian hari!

1. Melinjo sangat dianjurkan bagi para penderita anemia

5 Manfaat Sehat Melinjo yang Biasa Kita Temui dalam Olahan Sayurpertanianku.com

Anemia terjadi karena jumlah sel darah merah yang kurang dari batas wajar. Penyakit anemia akan menyebabkan penderitanya merasa lemas dan tidak bertenaga. Mengonsumsi asupan peningkat produksi sel darah merah jadi solusi yang ampuh untuk mengobati anemia, dan melinjo hadir sebagai asupan yang tepat karena melinjo bisa meningkatkan sel darah merah. 

2. Menjaga kesehatan ginjal

5 Manfaat Sehat Melinjo yang Biasa Kita Temui dalam Olahan Sayurgenpibanten.com

Terdapat fosfor dalam melinjo yang bisa berfungsi melancarkan pembuangan limbah dari ginjal sehingga tubuh terbebas dari racun dan cairan yang tersimpan di dalam terjaga dengan seimbang. 

3. Meningkatkan tingkat kekebalan tubuh

5 Manfaat Sehat Melinjo yang Biasa Kita Temui dalam Olahan Sayursilentnature.net

Rajin mengonsumsi buah melinjo maka sistem kekebalan tubuh akan lebih terjaga. Melinjo akan melawan radikal bebas yang bisa menyerang sistem kekebalan tubuh karena ada antioksidan yang tinggi di dalamnya. 

Baca Juga: Resep Bikin Camilan Keripik Melinjo, Jajanan Warung yang Bikin Kangen

4. Melinjo bisa mencegah stroke

5 Manfaat Sehat Melinjo yang Biasa Kita Temui dalam Olahan Sayureventkampus.com

Stroke terjadi umumnya akibat penyumbatan pembuluh darah, namun jangan khawatir bila kamu rajin makan melinjo. Sebab melinjo bisa memperlancar pembuluh darah serta menyimpan potasium yang tinggi untuk memperlancar oksigen ke otak. 

5. Baik untuk pemulihan luka maupun iritasi

5 Manfaat Sehat Melinjo yang Biasa Kita Temui dalam Olahan Sayurtropical.theferns.inf

Zinc terkandung dalam melinjo dan bermanfaat untuk pemulihan luka seperti jerawat, sariawan, luka bakar sembuh lebih cepat. Zinc akan membantu sel darah putih diproduksi lebih banyak, yang mana darah putih berfungsi sebagai penyembuh luka. 

Sekarang kamu sudah mengetahui kan apa saja fungsi melinjo yang sering kita lihat di sayur. Jangan lupa untuk rajin mengonsumsinya ya mulai sekarang!

Baca Juga: 3 Perbedaan Sayur Asem Jawa dan Betawi, Enak Mana yang Ya?

SA Photo Community Writer SA

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You