5 Tips Saat Kamu Pakai Headset, Agar Kesehatan Telinga Terjaga

Jangan sampai telinga kamu menjadi rusak!

Headset merupakan salah satu barang yang pasti akan selalu ada di dalam tas kamu dan tidak pernah ketinggalan untuk dibawa kemana pun kamu pergi. Karena barang yang satu ini sangat nyaman sekali dan menjadi favorit banyak orang untuk menjadi teman dalam menjalani berbagai aktivitas.

Namun meskipun headset sangat banyak membantu beberapa aktivitas kamu. Setidaknya kamu harus memperhatikan beberapa hal, agar penggunaan headset tetap aman bagi telinga kamu dan tidak menimbulkan pengaruh negatif.

1. Pilihlah jenis headset yang aman untuk telinga kamu

5 Tips Saat Kamu Pakai Headset, Agar Kesehatan Telinga Terjagapexels.com/@rawpixel

Saat memilih jenis headset, usahakan untuk tidak memilih jenis headset kecil yang langsung masuk ke dalam lubang telinga. Hal ini dilakukan, karena suara dari jenis headset tersebut akan menutupi seluruh lubang telinga kamu. Sehinggaa udara pun, akan sulit sekali untuk masuk kedalam telinga. Agar lebih aman, coba saja pilih headset yang lebih besar.

2. Hindari memakai headset terlalu lama dan lebih dari satu jam

5 Tips Saat Kamu Pakai Headset, Agar Kesehatan Telinga Terjagapexels.com/@samerdaboul

Mendengarkan musik sambil bekerja dan ditemani dengan headset, pasti akan lebih nyaman dan membuat semangat bekerja kamu pun akan semakin bertambah. Namun jika hal ini dilakukan cukup lama dan tidak ada jeda sama sekali, kenyamanan tersebut akan berubah menjadi sebuah masalah bagi telinga kamu.

Jangan terlalu memporsir telinga kamu dengan menggunakan headset selama berjam-jam. Berilah telinga kamu waktu untuk beristirahat dan terbebas dari penggunaan headset

3. Menghindari menggunakan headset di tempat yang berisik

5 Tips Saat Kamu Pakai Headset, Agar Kesehatan Telinga Terjagapexels.com/@burst

Beberapa orang, sering sekali menggunakan headset ditempat yang ramai dan cukup berisik. Alasannya cukup masuk akal, yaitu agar dia bisa santai dan tidak terganggu dengan suara bising yang ada di sekitarnya. 

Namun hal ini jelas-jelas sangat salah untuk kamu lakukan. Karena pastinya kamu akan membuat volume haedset kamu semakin tinggi, agar suara berisik di sekitar kamu tidak mengganggu. Ingat guys, mendengarkan sesuatu dengan volume yang sangat besar sangat tidak dianjurkan lho. Apalagi jika hal itu kamu lakukan dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga: 5 Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Telinga, Wajib Tahu!

4. Perhatikan kebersihan headset yang kamu miliki saat ini

5 Tips Saat Kamu Pakai Headset, Agar Kesehatan Telinga Terjagapexels.com/@13art

Setiap barang apa pun yang kamu miliki dan sering kamu gunakan, haruslah kamu perhatikan tingkat kebersihannya. Begitu juga dengan headset yang hampir setiap hari kamu gunakan, sebagai teman dalam menjalani kegiatan-kegiatan kamu. 

Pastikan kamu rutin mengganti spons atau karet penutup headset selama satu bulan sekali. Kalau pun headset kamu tidak mempunyai karet atau spons, kamu cukup selalu membersihkannya setiap hari. Tidak hanya itu, kamu juga dianjurkan untuk tidak meminjamkan headset kepada orang lain. Hal ini dilakukan, agar menghindari infeksi telinga.

5. Untuk mengurangi resiko kecelakaan, hindari menggunakan headset saat sedang berkendara

5 Tips Saat Kamu Pakai Headset, Agar Kesehatan Telinga Terjagapexels.com/@peterfazekas

Jika kamu merasa bosan saat mengendarai kendaraan, jangan sekali-kali memilih mendengarkan musik dengan headset. Karena hal ini justru akan menggnggu pendengaran kamu dari kendaraan yang ada di belakang atau akan membuat konsentrasimu menjadi terganggu. Ingat, berkendaralah dengan baik dan mentaati peraturan lalu lintas.

Sekali lagi, jangan terlalu lama dan terlalu keras saat mendengarkan sesuatu menggunakan haedset.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Penyebab Telinga Budek, Jangan Diremehkan karena Berbahaya

sandinugraha Photo Community Writer sandinugraha

Kepoin aja dulu, Siapa tahu jodoh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You