Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Kamu Ingat Saat Jatuh Sakit di Bulan Puasa

#RamadanMasaKini Jangan memaksakan diri untuk berpuasa!

Sakit merupakan ujian bagi setiap manusia dan hampir semua orang pasti pernah merasakannya. Sakit juga tidak bisa kita prediksi, kapan akan menyerang tubuh kita dan kapan tubuh kita akan terbebas dari penyakit. Kita hanya bisa mencegah datangnya penyakit, dengan cara pola hidup sehat.

Bulan puasa juga tidak jarang tubuh kita diserang oleh berbagai macam penyakit. Dari penyakit yang terbilang biasa saja, hingga penyakit yang sangat ganas. Rasa dilema saat sakit di bulan Ramadan pun, mulai kamu rasakan. Apakah kamu harus berpuasa atau malah tidak sama sekali?

Sebelum kamu akan memutuskan untuk berpuasa. Sebaiknya kamu simak dulu beberapa hal di bawah ini.

1. Jangan memaksakan diri, saatnya untuk istirahat dan mengembalikan kondisi tubuh kembali sehat

5 Hal yang Perlu Kamu Ingat Saat Jatuh Sakit di Bulan Puasaunsplash.com/@candidbcolette

Jika sakit kamu cukup parah dan akan berakibat buruk jika mengosongkan perut. Alangkah baiknya untuk tidak berpuasa terlebih dahulu. Ingat guys, tubuh kamu juga butuh istirahat dan membutuhkan waktu untuk bisa kembali sembuh.

Tidak berpuasa saat sedang sakit, bukan sebuah kesalahan kok. Justru itu merupakan pilihan yang terbaik yang bisa kamu ambil. Daripada tubuh kamu menjadi lebih lemah dan semakin sakit, kamu akan menyesal pada akhirnya nanti.

2. Meskipun sakit, kamu tetap bisa melakukan ibadah yang lainnya kok

5 Hal yang Perlu Kamu Ingat Saat Jatuh Sakit di Bulan Puasapexels.com/@mloky96

Sakit bukan berarti kamu tidak bisa melakukan amal baik pada bulan Ramadan. Masih banyak amalan yang bisa kamu lakukan agar kamu  bisa mendapatkan pahala dan tidak melewatkan bulan suci ini dengan begitu saja. Kamu bisa membaca Al-Qur'an, berdzikir dalam hati, bershalawat hingga kamu juga bisa bersedekah kepada sesama.

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Dehidrasi Saat Puasa Ramadan, Jangan Sampai Kurang Air

3. Puasa yang tertinggal di bulan ini, bisa kamu ganti di bulan biasa

5 Hal yang Perlu Kamu Ingat Saat Jatuh Sakit di Bulan Puasapexels.com/@ekrulila

Saat puasa kamu bolong-bolong karena sakit. Tenang, kamu bisa menggantinya di hari-hari biasa kok. Jadi kamu tetap akan mendapatkan pahala berpuasa pada bulan Ramadan. Intinya kalau kamu sudah benar-benar sehat, barulah kamu bisa membayar hutang puasa kamu selama bulan Ramadan kemarin. Ingat, Allah tidak pernah membuat susah umatnya kok.

4. Jangan lupa selalu konsultasi dengan dokter

5 Hal yang Perlu Kamu Ingat Saat Jatuh Sakit di Bulan Puasapexels.com/@rawpixel

Supaya sakit kamu tidak berlangsung lama dan agar cepat sembuh. Rajin-rajinlah untuk berkonsultasi dengan dokter. Tanyakan juga kepadanya, apakah kamu bisa berpuasa atau tidak. Jika kamu masih bisa menjalankan puasa, barulah kamu menjalankannya. Begitu juga sebaliknya guys.

Tanyakan juga kepadanya, makanan apa saja yang harus kamu konsumsi dan jangan kamu konsumsi selama bulan Ramadan ini. Intinya agar kamu bisa segera sembuh dan bisa segera beraktivitas seperti biasa lagi.

5. Berdoalah kepada Allah, supaya kamu bisa segera sembuh dan bisa segera berpuasa

5 Hal yang Perlu Kamu Ingat Saat Jatuh Sakit di Bulan Puasapexels.com/@rawpixel

Selain ikhtiar dengan berkonsultasi kepada dokter. Kamu juga tidak boleh melupakan berdoa kepada Allah SWT. tentunya dengan berdoa memohon kesembuhan, atas penyakit yang selama ini meyerang tubuh kamu. Berdoalah dengan khusyuk dan ikhlas guys.

Well, buat kalian yang sedang sakit dan merasa kurang sehat. Mudah-mudahan kalian semua segera sembuh dan segera bisa melaksanakan ibadah di bulan puasa ini.

Baca Juga: Ibu Hamil Tetap Boleh Berpuasa, Ini Tips Amannya

sandinugraha Photo Community Writer sandinugraha

Kepoin aja dulu, Siapa tahu jodoh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You