Comscore Tracker

5 Produk Makanan ‘Sehat’ yang Ternyata Gak Baik Buat Tubuh

Jangan mudah percaya dengan label makanan sehat

Kepedulian masyarakat tentang kesehatan terus mengalami peningkatan seiring mudahnya memperoleh informasi. Sayangnya, beberapa makanan yang sering disebut sebagai ‘makanan sehat’ sebenarnya kurang baik bagi tubuh. Hal ini terungkap berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli. Berikut ini 5 makanan yang sering disebut sehat namun sesungguhnya tidak.

1. Granola

5 Produk Makanan ‘Sehat’ yang Ternyata Gak Baik Buat Tubuhinsider.com

Granola telah lama dipasarkan sebagai makanan sehat. Jika dilihat komposisinya oleh orang awam maka tak ada yang salah dari makanan ini. Sayangnya penelitian menunjukkan bahwa oats yang ada dalam produk granola kemasan mengandung glyphosate dengan level yang tidak sehat. Kombinasi dari buah kering ditambah dengan sumber pemanis seperti madu, sirup maple, dan gula kelapa yang terdapat di granola menjadikannya 'bom gula'.

Namun sebenarnya bisa juga membuat granola yang benar-benar sehat. Caranya yaitu dengan menggunakan produk organik tanpa menambahkan gula.   

2. Salad (dengan Dressing)

5 Produk Makanan ‘Sehat’ yang Ternyata Gak Baik Buat Tubuhinsights.ibx.com

Salad sering disebut sebagai contoh makanan sehat yang cocok digunakan untuk diet penurunan berat badan. Secara umum, kebanyakan salad itu sehat karena terdiri dari sayur-sayuran. Masalahnya adalah pada dressing yang dituangkan ke salad yang ternyata bisa merusak kesehatannya. Produk salad dressing yang dijual di pasaran kebanyakan tidak sehat karena mengandung banyak gula, kalori, dan lemak.

Jika ingin membuat salad yang benar-benar sehat maka perlu menambahkan dressing yang sehat pula. Beberapa bahan yang bisa dipakai antara lain minyak zaitun, perasan lemon, serta sedikit garam dan merica.

3. Sparkling Water

5 Produk Makanan ‘Sehat’ yang Ternyata Gak Baik Buat Tubuhsodamakerclub.com

Sparkling water merupakan air berkarbonasi alami yang tidak memiliki warna. Produk minuman ini kemudian banyak yang ditambahkan perasa alami. Sayangnya perasa alami tersebut tidak bisa dipastikan apakah benar-benar alami atau ada tambahan rasa buatan. Menurut Enviromental Working Group, ditemukan bahwa perasa alami dalam produk kemasan dapat berupa campuran dengan bahan-bahan lainnya yang tak jelas kesehatannya

Bagi yang ingin membeli sparkling water yang sehat maka harus memperhatikan komposisinya. Produk yang berkualitas akan transparan tentang bahan-bahan yang digunakan, bukan hanya tulisan perasa alami saja. Tambahan rasa yang sehat misalnya dari sari buah-buahan.

Baca Juga: 12 Makanan Sehat dan yang Sebaiknya Dihindari Menurut Zodiak

4. Greek Yoghurt

5 Produk Makanan ‘Sehat’ yang Ternyata Gak Baik Buat Tubuheatthis.com

Greek yoghurt sering disebut sebagai salah satu jenis yoghurt paling sehat. Ini memang tinggi akan protein, dengan 19 gram protein setiap sajiannya. Greek yoghurt juga mengandung bakteri baik yang dapat bermanfaat bagi pencernaan. Tapi mengonsumsi yoghurt susu secara rutin akan berisiko mengalami gangguan hormon.

Penelitian menunjukkan bahwa adanya hormon pada produk susu berpotensi mengganggu sistem endokrin. Ini terjadi karena banyak peternak sapi yang menambahkan hormon pada hewan mereka.

Yoghurt yang lebih sehat dapat dicari dengan bahan yang tidak dicampur hormon. Bisa juga membeli yoghurt yang terbuat dari bahan tanaman.

5. Red Wine

5 Produk Makanan ‘Sehat’ yang Ternyata Gak Baik Buat Tubuhpsychologytoday.com

Banyak artikel yang mengklaim bahwa anggur merah merupakan minuman yang sehat karena mengandung antioksidan seperti resveratrol. Menurut Mayo Clinic, beberapa penelitian menunjukkan bahwa resveratrol dapat menurunkan risiko peradangan dan pembekuan darah. Sayangnya alkohol dalam anggur merah sama sekali tak baik bagi kesehatan. Ini dapat memicu risiko berbagai penyakit seperti kanker.

Mencari produk makanan yang benar-benar sehat kadang sulit sekali dilakukan. Tapi makanan sehat itu ada dan kuncinya yaitu memperhatikan kandungan di dalamnya. Jangan langsung percaya jika ada yang mempromosikan produknya sebagai makanan sehat.

Baca Juga: 5 Resep Makanan Sehat untuk Anak, Rasanya Enak dan Menyenangkan

Senja Nilasari Photo Verified Writer Senja Nilasari

freelance writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya