Comscore Tracker

6 Makanan yang Harus Dihindari Para Penderita GERD, Perlu Tahu!

Hindari makan tomat dan kafein, ya

GERD atau gastroesophageal reflux disease merupakan penyakit asam lambung yang disebabkan oleh melemahnya katup pada kerongkongan bagian bawah. Penderitanya biasanya akan merasa terbakar di bagian kerongkongan atau dada, batuk kering, sulit menelan, mual, muntah, dan lain-lain. Agar sakit yang diderita tidak kambuh atau tidak bertambah parah, penderita GERD perlu menghindari makanan berikut ini!

1. Makanan gorengan dan fast food

6 Makanan yang Harus Dihindari Para Penderita GERD, Perlu Tahu!thrillist.com

Gorengan dan fast food bisa jadi enak di lidah, namun sayangnya kurang baik bagi kesehatan. Penderita GERD sebaiknya menghindari makanan ini karena bisa meningkatkan gejala.

Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui sebenarnya apa yang menyebabkan makanan ini menimbulkan gejala. Ada baiknya memilih makanan berserat dan makanan yang dimasak dengan cara lebih sehat seperti dikukus.

2. Daging berlemak

6 Makanan yang Harus Dihindari Para Penderita GERD, Perlu Tahu!which.co.uk

Makanan seperti bacon, sosis, dan daging olahan lainnya menjadi salah satu pemicu gejala GERD. Makanan yang kaya dengan lemak jenuh dikenal sebagai penyebab GERD. Ini dapat menurunkan ketegangan di bagian kerongkongan sehingga bisa gagal menutup, akibatnya asam dapat mengalir ke atas.

Makanan yang berlemak juga membutuhkan waktu lebih lama untuk keluar dari perut. Sebagai gantinya, ada baiknya memilih makanan dengan lemak tak jenuh atau ikan.

3. Makanan pedas

6 Makanan yang Harus Dihindari Para Penderita GERD, Perlu Tahu!menshealth.com

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan pedas dapat menyebabkan sakit perut dan gejala terbakar. Namun salah satu studi terpercaya juga menunjukkan bahwa paparan capsaicin secara teratur malah tidak menimbulkan ketidaknyamanan daripada paparan sesekali. Ada baiknya memperhatikan toleransi tubuh jika memakan makanan pedas apalagi jika menderita GERD.

Baca Juga: Sering Disamakan, Ini Beda Penyakit Asam Lambung GERD dan Maag

4. Buah dan sayuran tertentu

6 Makanan yang Harus Dihindari Para Penderita GERD, Perlu Tahu!healthline.com

Buah dan sayuran merupakan makanan yang cukup penting untuk menunjang kebutuhan tubuh. Namun, ada beberapa buah dan sayur yang ternyata kurang baik bagi penderita GERD.

Buah dan sayur yang perlu dihindari oleh penderita GERD antara lain nanas, jeruk, lemon, tomat, bawang putih, dan bawang bombay. Jika masih ragu, ada baiknya melakukan konsultasi pada dokter tentang buah dan sayur apa yang sebaiknya dimakan.

5. Kafein

6 Makanan yang Harus Dihindari Para Penderita GERD, Perlu Tahu!cnn.com

Kafein yang biasanya terdapat dalam kopi kurang baik bagi penderita penyakit GERD. Menurut American College of Gastroenterology, penderita penyakit ini direkomendasikan untuk membatasi konsumsi kopi, cokelat, dan teh berkafein.

Minuman yang dianjurkan adalah air putih biasa. Meminum air dalam jumlah yang cukup, bisa menurunkan gejala GERD dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

6. Alkohol

6 Makanan yang Harus Dihindari Para Penderita GERD, Perlu Tahu!unlockfood.ca

Minuman lain seperti alkohol juga bisa menjadi penyebab utama munculnya gejala GERD. Alkohol dapat merusak sfingter esofagus bagian bawah, meningkatkan asam dan mengganggu cara pengosongan perut. Selain alkohol, minuman berkarbonasi juga sebaiknya dihindari penderita GERD. 

 

Penderita GERD bisa meminimalkan gejala dengan menjaga pola makan. Makanan yang sebaiknya dihindari maka bisa diganti dengan jenis makanan lainnya. Menjaga pola makan yang sesuai dengan kondisi tubuh akan berdampak pada jangka lama sehingga bisa menghindari efek kesehatan yang tidak diinginkan.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Picu Penyakit GERD, Apa Saja?

Senja Nilasari Photo Verified Writer Senja Nilasari

freelance writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya