Comscore Tracker

Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Biji Semangka untuk Kesehatan Kita

Baik untuk mendukung sistem imun dan kesehatan jantung

Semangka dikenal sebagai buah yang dapat menghidrasi tubuh karena mengandung 92persen air. Buah yang satu ini juga kaya mineral dan vitamin, sehingga sehat untuk dikonsumsi.

Saat makan semangka, biasa kita memilih semangka yang bijinya sedikit dan kalaupun berbiji kita akan memisahkan biji dari daging buah dan membuangnya. Padahal, biji semangka juga menyehatkan, lo! Lain kali jangan buang bijinya, karena inilah manfaat yang akan kamu dapat bila mengolah dan mengonsumsi biji semangka.

1. Bagus untuk jantung dan imunitas

Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Biji Semangka untuk Kesehatan Kitailustrasi kesehatan jantung (freepik.com/pressfoto)

Dilansir Times of India, biji semangka ditemukan berhubungan dengan sistem imun tubuh yang lebih kuat dan kesehatan jantung. 

Mengandung magnesium yang diketahui baik untuk kesehatan jantung, seebanyak satu ons biji semangka bisa mencukupi 30 persen kebutuhan magnesium per hari. Magnesium itu sendiri bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, yang mana ini berhubungan langsung dengan kesehatan jantung

Jadi, konsumsi biji semangka dalam jumlah sedang setiap hari dapat membantu mendukung kesehatan jantung dan mengendalikan tekanan darah.

2. Membuat tulang lebih kuat

Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Biji Semangka untuk Kesehatan Kitailustrasi pria berlari (pixabay.com/Stocksnap)

Biji semangka memiliki kandungan mineral yang tinggi seperti tembaga, mangan, dan kalium.

Ketiga mineral tersebut bersama dengan mikronutrien lainnya dapat membantu tulang kita tetap sehat. Biji semangka ditemukan berhubungan dengan penguatan tulang serta meningkatkan kepadatan tulang.

Baca Juga: Jangan Dibuang, Ini 8 Manfaat Biji Salak Jika Kamu Mengonsumsinya

3. Meningkatkan metabolisme

Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Biji Semangka untuk Kesehatan Kitailustrasi makan semangka (pixabay.com/JillWellington)

Biji semangka merupakan sumber nutrisi yang mengandung folat, besi, seng, tembaga, magnesium, dan kalium. Biji semangka juga tergolong bergizi tinggi karena kaya akan asam amino, protein, dan vitamin B kompleks.

Semua nutrisi tersebut bersama-sama membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Biji semangka juga mengandung lemak sehat seperti asam oleat dan asam linoleum yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi organ tubuh.

4. Bikin kulit glowing

Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Biji Semangka untuk Kesehatan Kitailustrasi semangka (pexels.com/Karolina Grabowska)

Minyak biji semangka banyak digunakan sebagai bahan produk kecantikan yang bekerja dengan baik dalam mengobati jerawat dan tanda-tanda awal penuaan.

Biji semangka dikatakan mengandung antioksidan yang dapat membantu membalikkan penuaan dini. Mengonsumsinya bisa membantu kulit glowing alias tampak bercahaya.

Selain itu, karena adanya kandungan asam lemak, maka biji semangkan juga bisa membantu mencegah kekeringan dan memberikan hidrasi pada kulit yang rusak.

4. Biji semangka sebaiknya tidak dimakan mentah

Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Biji Semangka untuk Kesehatan Kitailustrasi buah semangka (myrecipes.com)

Biji semangka sangat aman untuk dimakan. Namun, bila dimakan mentah, maka masih ada kulit hitam yang ikut masuk. Kulit tersebut tidak dapat dicerna, tetapi melewati seluruh tubuh dan berakhir di toilet dalam satu atau dua hari.

Bila kamu memiliki pencernaan yang sensitif, maka ini bisa menyebabkan beberapa gangguan pencernaan seperti perut kembung atau konstipasi, tergantung jumlah yang dikonsumsi.

5. Menjaga dan meningkatkan kesehatan rambut

Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Biji Semangka untuk Kesehatan Kitailustrasi buah-buahan (freepik.com/freepik)

Biji semangka diperkaya protein dan zat besi yang diketahui dapat memperbaiki tekstur dan kualitas rambut. Keduanya dapat membantu menguatkan helai rambut dan meningkatkan pertumbuhan kembali rambut.

Karena kandungan magnesium yang tinggi pada biji semangka, maka ini akan membuat rambutmu sehat, yang pada gilirannya dapat mencegah rambut rontok dan kerusakan.

Biji semangka panggang sebagai camilan sehat

Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Biji Semangka untuk Kesehatan Kitabiji semangka panggang (treehugger.com)

Jika ingin mendapatkan manfaat biji semangka, kamu disarankan untuk memanggangnya terlebih dulu. Sebelum dimasukkan ke dalam oven, kamu bisa memberikan sedikit minyak zaitun dan garam.

Setelah dipanggang, biji bisa kamu makan dengan mengupas kulitnya terlebih dulu seperti makan kuaci. Ini bisa menjadi camilan sehat, lo! Kamu bisa mencampurkannya ke salad, yoghurt, oatmeal, dan sebagainya.

Jadi, karena sudah tahu berbagai manfaat kesehatan dari biji semangka, lain kali bijinya jangan dibuang, ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Biji Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Senja Nilasari Photo Verified Writer Senja Nilasari

freelance writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya