Comscore Tracker

Nonton Film di Bioskop Ternyata Sama dengan Olahraga Kardio Ringan!

Nonton bioskop bisa membakar lemak?

Bagi yang bosan berlari di treadmill, sebenarnya ada alternatif lain yang menyenangkan yaitu menonton bioskop. Studi terbaru menemukan bahwa menonton film di bioskop memiliki manfaat kesehatan jantung yang sama dengan olahraga kardio ringan. Tentu ini bisa jadi fakta yang menyenangkan bagi para pecinta film bioskop. Tapi, kok bisa ya?

1. Penelitian dengan film Aladdin

Nonton Film di Bioskop Ternyata Sama dengan Olahraga Kardio Ringan!disney-plus.net

Peneliti dari University College di London memantau detak jantung dan suhu tubuh 51 partisipan dengan sensor biometrik saat mereka menonton film Aladdin live-action. Peneliti juga meminta 26 partisipan dari kelompok lainnya membaca buku dalam jangka waktu yang sama.

Menariknya, peneliti menemukan peningkatan yang terlihat pada detak jantung penonton Aladdin. Mereka menghabiskan sekitar 45 menit dalam zona jantung yang sehat. Ini setara dengan olarhaga kardio ringan yang dapat membakar lemak serta meningkatkan kesehatan jantung.

2. Menonton di bioskop membuat seseorang fokus

Nonton Film di Bioskop Ternyata Sama dengan Olahraga Kardio Ringan!freepik.com

Dr. Joseph Devlin, profesor ilmu saraf kognitif di UCL mengungkapkan jika pergi ke bioskop memberikan kesempatan bagi otak untuk mencurahkan perhatian penuh pada periode waktu yang berkelanjutan. Di dalam bioskop secara khusus tak ada hal lain yang bisa dilakukan kecuali membenamkan diri dalam film yang ditonton.

Kemampuan untuk mempertahankan fokus dan perhatian memainkan peran penting dalam membangun ketahanan mental. Ini penting karena penyelesaian masalah biasanya memerlukan upaya untuk berkonsentrasi.

3. Jenis film berperan dalam detak jantung

Nonton Film di Bioskop Ternyata Sama dengan Olahraga Kardio Ringan!studiobinder.com

Jenis film yang ditonton tentu saja berperan dalam peningkatan detak jantung seseorang. Namun ini masih perlu ada penelitian lanjutan. Apakah menonton film horor sama dengan sesi olahraga berat seperti HITT atau tidak.

Baca Juga: Pecinta Film Action Wajib Nonton 5 Film The Rock Tahun 2000-an Ini

4. Disarankan tetap berolahraga

Nonton Film di Bioskop Ternyata Sama dengan Olahraga Kardio Ringan!verywellfit.com

Meskipun penelitian menunjukkan hasil yang positif bahwa menonton di bioskop bisa setara dengan olahraga ringan, namun disarankan olahraga sesungguhnya tetap harus dilakukan. Bisa juga membagi waktu dengan mengganti jadwal waktu olahraga sehari dengan pergi menonton bioskop, dan kembali berolahraga di hari berikutnya

5. Olahraga kardio ringan yang disarankan

Nonton Film di Bioskop Ternyata Sama dengan Olahraga Kardio Ringan!forbes.com

Jenis olahraga kardio ringan yang menghasilkan efek serupa dengan menonton di bioskop misalnya berjalan cepat atau berkebun. Selain itu bisa juga melakukan yoga yang menurut penelitian diklasifikasikan sebagai aktivitas intens yang ringan. Beberapa pose yoga dapat meningkatkan detak jantung dan bisa disebut sebagai “kardio”.

Melakukan olahraga secara rutin dan sesekali menonton bioskop bisa menyeimbangkan kesehatan tubuh baik itu fisik dan mental. Efek menonton di bioskop ini akan berbeda dibandingkan menonton film di rumah melalui gadget atau tv.

Baca Juga: Efektif, Cegah 9 Penyakit Ini dengan Olahraga

Senja Nilasari Photo Verified Writer Senja Nilasari

freelance writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya