Comscore Tracker

6 Alasan Anak Kost Sangat Berisiko untuk Terkena Obesitas

Hati-hati, banyak penyakit yang mengintai lho...

Gemuk di sini diartikan obesitas ya, bukan semok alias seksi montok. Sebenarnya bukan anak kost saja yang mudah gemuk. Siapapun kamu kalau pola makannya tidak teratur, berlebihan atau malas-malasan bisa saja dengan mudahnya menjadi gemuk.

Namun ada hal-hal yang meyebabkan anak kost khususnya yang berprofesi sebagai mahasiswa, jadi lebih mudah gemuk terutama jika dibandingkan dengan mereka yang tinggal di rumah. Apa saja sih? Yuk, simak di daftar berikut ini!

1. Kurang bergerak, karena semua yang dibutuhkan sudah tersedia di dalam kamar

6 Alasan Anak Kost Sangat Berisiko untuk Terkena ObesitasPixabay/tookapic

Mau makan? tinggal ambil piring, buka rice cooker, ambil lauk. Mau minum? tinggal tuang atau buka keran air galon, selesai. Mau ke kamar mandi? cukup beberapa langkah saja.

Begitu juga dengan kerjaan rumah tangga lainnya. Misalnya mencuci baju cukup 3 hari sekali atau bahkan pakai jasa laundry saja. Kerjaan lainnya seperti menyapu dan nge-pel lantai yang notabene bisa bakar kalori, tidak dilakukan lagi atau hanya seminggu sekali sesuai dengan daftar piket kost.

Karena hampir semuanya sudah tersedia di kamar, maka anak-anak kost jadi kurang bergerak aktif sehari-harinya kecuali kalau lagi di luar. Jadi gak heran deh, kalau pertumbuhan anak kost itu ke samping bukan ke atas.

2. Kasur yang begitu menggoda, bawaannya pengen tidur aja apalagi kalau lagi kekenyangan.

6 Alasan Anak Kost Sangat Berisiko untuk Terkena ObesitasPixabay.com/Pexels

Kalau di rumah, habis makan langsung ke dapur terus cuci piring, bersihkan meja dan menyapu remah-remah yang tumpah di lantai. Coba deh tidur-tiduran, bakal kena amuk ibunda tercinta.

Kalau di kost, habis makan, kenyang terus santai-santai di kasur lanjut ketiduran deh. Urusan cuci piring, nanti dulu. Istilahnya tunggu piringnya banyak dulu baru dicuci, biar hemat sabun.

Gak ada yang marahin, gak ada yang mengawasi. Jadi wajar deh, nge-kost baru berapa bulan, tapi jarum timbangan sudah loncat jauh ke kanan.

3. Godaan dari jajanan yang beraneka ragam sejauh mata memandang

6 Alasan Anak Kost Sangat Berisiko untuk Terkena ObesitasPixabay/chosang

Mulai dari gorengan, aneka macam es, dan lain-lain. Sebenarnya tidak masalah mau makan jajanan yang berlemak tinggi atau super manis, selama tidak berlebihan. Cukup satu atau dua, bukan 5 apalagi 10 sekali makan.

Segala hal yang berlebihan, pasti tidak pernah jadi sesuatu yang baik. Apalagi malah menggantikan nasi dengan jajanan yang bahkan belum tentu bersih dan sehat.

Ingat, makan nasi itu kenyangnya lama. Makan siang dengan 10 gorengan pun kenyangnya ga sampe malam.

Baca Juga: Terbukti 5 Fakta Bukan Makan Lemak yang Bikin Kamu Gemuk, tapi Gula! 

4. Bikin tugas sambil ngemil itu katanya memang paling nikmat

6 Alasan Anak Kost Sangat Berisiko untuk Terkena ObesitasPixabay/rawpixel

Saat lagi bikin tugas, bukan cuma otak sama tangan aja yang sibuk. Mulut juga ikutan sibuk ngunyah-ngunyah makanan buat menambah tenaga. Cuma seringnya keterusan hingga menghabiskan stock cemilan buat seminggu.

Apalagi kalau bikin tugasnya sampai bergadang. Cemilan jadi item yang wajib ada untuk mencegah kantuk. Walaupun gak sehat, tapi inilah adanya kehidupan anak kost.

5. Kurang makan sayur dan buah

6 Alasan Anak Kost Sangat Berisiko untuk Terkena ObesitasPixabay/Joenomias

Inilah salah satu penyebab kegemukan pada manusia. Tubuh dipaksa terus-terusan mengolah makanan yang kadang termasuk junk food, tapi tidak diiringi asupan serat dan nutrisi dari sayur-sayuran dan buah-buahan.

Bukan cuma anak kost sih, zaman sekarang masih ada anak-anak hingga dewasa yang memang gak suka makan sayur dan buah. Alasannya bermacam-macam, mulai dari rasanya yang aneh, tidak enak, asam, malas memasaknya atau bahkan gak suka bentuknya.

Perlu kita ingat dan pahami, bahwa makan itu tidak hanya mencari kenikmatan tapi juga harus memenuhi kebutuhan tubuh agar tidak menimbulkan kegemukan bahkan penyakit lainnya.

6. Mengidap penyakit tertentu yang dampaknya adalah kegemukan

6 Alasan Anak Kost Sangat Berisiko untuk Terkena ObesitasPixabay/RyanMcGuire

Ada banyak penyakit yang bisa menyebabkan kegemukan, seperti depresi, gangguan keseimbangan hormon hingga produksi hormon yang berlebihan seperti kortisol dan prolaktin.

Ada juga penyakit hipotiroidisme, yang salah satu indikator penyakit tersebut adalah badan menjadi gemuk tanpa sebab. Terkadang walaupun sudah rajin berolahraga bahkan mengurangi porsi makan, tetap saja penderitanya sulit mengurangi berat badan. Penggemar drama korea Oh My Venus (2015) pasti tahu tentang penyakit ini.

Jadi, tidak semua orang atau dalam hal ini anak kost, gemuk karena malas atau makan berlebihan. Bisa jadi ada penyakit yang mengendap di balik obesitas yang mereka alami. Terlepas dari hal ini, sangat penting menjaga kesehatan tubuh dan keseimbangan pola makan agar terhindar dari kegemukan dan berbagai penyakit lainnya.

Tentu saja kita tidak boleh menghina mereka yang tengah mengidap obesitas (fat shamming). Sepatutnya kita memberi semangat agar mereka kembali sehat. Ingatlah bahwa mens sana in corpore sano, di dalam tubuh yang sehat tersimpan jiwa yang kuat.

Baca Juga: Ketahui 7 Penyakit Serius yang Mengintai Orang-orang Bertubuh Gemuk

sely sely Photo Verified Writer sely sely

never too late to save and protect your environment

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Novaya

Berita Terkini Lainnya