Comscore Tracker

Hati-hati, 8 Tanda di Tubuh Ini Membuktikan Kamu Sedang Tidak Sehat

Segera cek ke dokter ya!

Kesehatan bukanlah hal yang murah, oleh karena itu kita harus sering memperhatikan kesehatan tubuh kita sendiri. Kita bisa memulainya dari memeriksa tubuh di depan cermin, dan jika kamu melihat suatu perubahan yang aneh di tubuhmu, berarti ada sesuatu yang terjadi di dalam tubuhmu.

Perubahan dalam tubuh bisa menjadi indikasi bahwa ada sesuatu yang salah dengan kesehatanmu. Perubahan itu dapat bertindak sebagai tanda peringatan, jadi kamu harus mencari pengobatan medis sesegera mungkin. Berikut tujuh tanda di tubuh yang membuktikan kamu sedang tidak sehat.

1. Mata kuning

Hati-hati, 8 Tanda di Tubuh Ini Membuktikan Kamu Sedang Tidak Sehathealthhearty.com

Sklera (putih mata) harus selalu putih, jika berubah warna maka itu menjadi tanda dari beberapa masalah kesehatan yang mendasarinya. Mata merah dapat disebabkan oleh insomnia, pilek atau infeksi mata. Mata merah juga bisa menjadi tanda bahwa kamu menderita konjungtivitis.

Namun, jika putih matamu berwarna kuning, itu bisa menjadi pertanda penyakit kuning, hati, atau kandung empedu. Jika mata kamu mulai menguning dan kamu merasa tidak sehat, segeralah pergi ke dokter sebelum terlambat.

2. Tahi lalat yang muncul atau membesar

Hati-hati, 8 Tanda di Tubuh Ini Membuktikan Kamu Sedang Tidak Sehatweetnow.in

Tanda lahir, tahi lalat dan kutil di tubuh adalah normal, dan sebagian besar tidak berbahaya. Namun, jika kamu melihat tahi lalat atau kutil muncul atau membesar di daerah yang baru-baru ini terkena sinar matahari, itu mungkin merupakan gejala melanoma.

Juga, jika tanda lahir atau tahi lalat tiba-tiba berubah warna, hal itu bisa menjadi indikasi kanker lainnya. Keratosis aktinik juga dipicu oleh sinar matahari dan sinar UV, dan perubahan kulit yang terjadi dapat dianggap sebagai tanda prakanker.

3. Leher bengkak

Hati-hati, 8 Tanda di Tubuh Ini Membuktikan Kamu Sedang Tidak Sehateehealth.org

Jika lehermu tiba-tiba membengkak, pergilah ke dokter segera. Jika bagian depan lehermu bengkak, itu mungkin merupakan indikasi masalah tiroid. Jika kamu menderita demam tinggi dan pembengkakan kelenjar getah bening, kamu mungkin menderita mononukleosis. Leher yang bengkak juga bisa menjadi tanda kelenjar getah bening yang terinfeksi atau kanker.

Baca Juga: Gak Nyangka, 5 Perilaku Hidup Bersih Ini Malah Buruk Bagi Kesehatan

4. Kaki dingin

Hati-hati, 8 Tanda di Tubuh Ini Membuktikan Kamu Sedang Tidak Sehathealthline.com

Kaki memang terletak paling jauh dari jantung, namun kaki yang dingin dapat disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk. Kaki dingin bisa menjadi gejala sejumlah penyakit kardiovaskular. Juga, ada penyakit bernama reynolds syndrome, sebuah gangguan autoimun di mana pembuluh darah menyempit yang dapat membuat tangan dan kaki tampak pucat dan dingin.

5. Kerontokan rambut secara tiba-tiba

Hati-hati, 8 Tanda di Tubuh Ini Membuktikan Kamu Sedang Tidak Sehatmedium.com

Kerontokan rambut memang tidak perlu dikhawatirkan. Hal yang wajar jika 100 rambut rontok setiap harinya. Namun, jika kamu tiba-tiba mulai kehilangan banyak rambut tanpa alasan yang jelas, itu mungkin merupakan pertanda masalah kesehatan.

Jika kamu mulai kehilangan bulu mata dan rambut alismu, segeralah kunjungi dokter. Kerontokan rambut yang tiba-tiba dapat disebabkan oleh masalah tiroid, hipertiroidisme atau hipotiroidisme, karena masalah kesehatan ini sering kali disertai dengan kerontokan rambut.

6. Bibir pecah-pecah

Hati-hati, 8 Tanda di Tubuh Ini Membuktikan Kamu Sedang Tidak Sehatwomanandhome.com

Bibir pecah-pecah dan kering dapat disebabkan oleh dehidrasi dan kekurangan vitamin. Namun, jika bibirmu retak selama beberapa minggu tanpa perbaikan (regenerasi), kamu mungkin sedang mengalami infeksi jamur. Namun jika bibirmu pecah-pecah saat menderita flu, yang harus kamu lakukan adalah mencari perawatan dan menghindari stres.

7. Perubahan kuku

Hati-hati, 8 Tanda di Tubuh Ini Membuktikan Kamu Sedang Tidak Sehatbustle.com

Kuku bisa memberikan banyak informasi tentang kesehatan seseorang. Perubahan warna kuku, bentuk atau bahkan tekstur dapat mengindikasikan banyak masalah kesehatan yang berbeda. Kuku lemah dan rapuh adalah tanda malnutrisi. Perubahan lain dapat disebabkan oleh masalah kesehatan yang serius. Segeralah periksa ke dokter jika melihat perubahan kuku yang tidak wajar.

Nah itu tadi 7 tanda di tubuh yang membuktikan kamu sedang tidak sehat. Tanda-tanda di atas hanyalah peringatan awal saja, dan bukan diagnosis medis yang tepat. Segeralah pergi ke dokter untuk mengkonsultasikan tanda-tanda tersebut.

Baca Juga: Supaya Kamu Lebih Sehat, Stop 5 Kebiasaan Makan Ini Sekarang Juga!

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

"I don't care that they stole my idea. I care that they don't have any of their own." - Tesla // I am a 20% historian, 30% humanist and 50% absurdist // For further reading: linktr.ee/pradshy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya